Usaha ternak sangat menjanjikan tidak bisa dipandang dengan sebelah mata. Ditambah lagi usaha ini bisa dimulai dari modal kecil. Usaha ternak jelas menguntungkan asal tekuni dengan baik dan benar. Maka dari itu sebelum memulai usaha sebaiknya belajar sebanyak mungkin, mencari informasi bagaimana cara usaha ternak yang baik.

Usaha Ternak Menjanjikan

Bisnis ternak pada umumnya berada di desa, dimana tanah kosong masih luas. Peternak membuka lahan usaha disamping rumah dan ada juga peternak memiliki lokasi usaha khusus. Jika baru mulai usaha bisa dari samping rumah dulu hanya dengan modal kecil, setelah usaha berkembang baru menempati lahan khusus ternak. Usaha sudah mulai besar tentu perlu lahan lebih luas. Jika terpaksa menyewa lahan kenapa tidak, karena usaha sudah menguntungkan sudah terlihat prospek bagus.

Jenis usaha ternak juga banyak macam-nya, kita juga harus pintar memilih ternak hewan apa yang cocok untuk kita. Untuk memilih jenis usaha ternak, kami sarankan sesuaikan dengan keahlian masing-masing dan daya beli daerah setempat. Tujuannya adalah agar mudah menjual setelah panen nanti.

Usaha Ternak Menjanjikan Modal Kecil?

1. Usaha Ternak Ayam Broiler

Usaha ternak ayam broiler sangat menjanjikan, punya prospek bagus. Bagaimana tidak, daging ayam sudah merupakan kebutuhan pokok sebagai salah satu sumber protein belakangan ini. Meskipun peternak ayam makin banyak tapi kebutuhan daging ayam juga meningkat. Dengan demikian kebutuhan daging juga terus meningkat, itu terlihat dari harga ayam broiler juga makin tinggi.

Hal perlu dicermati dalam ternak ayam broiler adalah konsisten mempertahankan kualitas. Hal ini penting demi kelanjutan usaha. Nah ini ada tips silakan dibaca mudah-mudahan bisa membantu.

baca: Tips sukses usaha budidaya ternak ayam broiler

2. Usaha Ternak Ayam Petelur

Usaha ternak ayam petelur termasuk usaha menguntungkan dan punya prospek bagus. Orang selain mengkonsumsi daging ayam juga mengkonsumsi telur ayam. Oleh karena itu kebutuhan telor juga  terus meningkat. Usaha ayam petelur bisa dimulai dari modal kecil bahkan bisa dari sepasang induk.

Banyak hal perlu diperhatikan dalam ternak ayam petelur mulai dari pemilihan induk, tata cara pemberian pakan sampai dengan mencegah dan mengatasi hama penyakit. Jika usaha sudah mulai besar perlu membuat kandang khusus untuk meningkatkan produksi telur. Ada beberapa pilihan bentuk kandang untuk budidaya ayam petelur. Saran kami dengan membuat kandang baterai, bisa dilihat link berikut ini.

baca: Pedoman membuat kandang baterai ayam petelur

3. Usaha Ternak Bebek Pedaging

Tidak saja ayam, usaha ternak bebek pedaging juga menjanjikan. Kadang sebagian orang tidak suka dengan daging bebek padahal rasanya sangat gurih sekali. Kalau menurut kami lebih gurih dari pada ayam. Belakang ini makin banyak restoran atau tempat makan menyediakan daging bebek. Tidak tanggung-tanggung harganya lebih tinggi dari pada ayam. Kebutuhan daging bebek atau itik ini semakin tinggi maka dari itu menjadi peluang usaha.

Ada beberapa alasan kenapa usaha bebek pedaging khususnya bebek peking mempunyai prospek bagus. Selain harga, pertumbuhannya lebih cepat artinya lebih cepat panen, perawatan lebih mudah dan lain-lain.

lebih jelas baca: Untung besar dari usaha bebek peking

4. Usaha Ternak Itik Petelur

Usaha ternak itik petelur sudah tidak asing lagi. Yaitu memelihara itik dengan tujuan mengambil telur saja. Banyak peternak dapat untung besar dari usaha ini terutama bagi mereka tinggal di desa. Telur bebek ukuran lebih besar dari telur ayam, dikonsumsi untuk berbagai keperluan diantaranya untuk bahan membuat kue.

Agar hasil maksimal kita harus paham cara budidaya itik petelur mulai dari pemilihan bibit sampai dengan cara perawatan. Ada beberapa jenis bebek produksi telur banyak, bebek jenis ini banyak dipelihara oleh peternak. Masing-masih daerah memiliki jenis bebek unggul. Calon peternak boleh pilih 3 jenis itik unggul dibawah ini.

baca juga: 3 Jenis itik petelur unggul terbaik untuk usaha budidaya

5. Usaha Ternak Ikan Mas

Salah satu ikan banyak dikonsumsi oleh masyarakat adalah ikan mas. Dagingnya empuk dan gurih membuat ikan ini mudah dimasak dan bisa disajikan ke berbagai menu. Dari waktu ke waktu ikan mas selalu disukai tidak kalah dengan ikan lain, dari ikan air tawar maupun ikan air asin. Maka dari itu peluang untuk ternak ikan mas selalu terbuka.

Memelihara ikan mas bisa dimulai dari membesarkan anak sampai siap panen. Artinya anakan ikan mas beli di peternak bibit, kita besarkan di di kolam pembesaran.

Bisa juga memelihara ikan mas mulai dari pembibitan atau pemijahan sendiri dari induk. Cara ini lebih ekonomis untuk jangka panjang. Hanya saja kita harus menyediakan kolam pemijahan. Cara pemijahan ikan mas bisa lihat berikut ini.

baca juga: Cara pembibitan pemijahan pada budidaya ikan mas

6. Usaha Ternak Ikan Lele

Banyaknya warung pecel lele mulai dari desa sampai ke kota membuat permintaan ikan lele tinggi. Mulai dari warung pinggir jalan sampai ke restoran menyediakan menu pecel lele. Tidak hanya itu konsumsi rumah tangga juga tidak putus untuk ikan ini. Emang sebagian ada yang tidak suka, tapi hanya sebagian kecil saja, tetap saja permintaan untuk pasokan lele sangat tinggi. Hal ini membuat usaha ternak lele menjanjikan, tidak pernah putus.

Ternak ikan lele juga tidak sulit gampang pemeliharaannya. Walaupun begitu untuk menghasilkan lele berkualitas baik perlu penanganan tepat. Dengan demikian usaha akan untung dan bertahan lama.

baca juga: Cara atau teknik budidaya ikan lele yang baik

7. Usaha Ternak Cacing Sutra

Cacing sutra merupakan pakan ikan dengan protein tinggi. Ikan diberi cacing sutra agar cepat besar cepat panen. Alternatif lain usaha ternak adalah budidaya cacing sutra. Ternak cacing sutra gampang banget dan modal sangat kecil.

baca juga: Cara usaha budidaya cacing sutra gampang banget

8. Usaha Ternak Jangkrik

Kebutuhan jangkrik makin hari makin meningkat seiring dengan kebutuhan pasar. Jangkrik sangat baik untuk makanan burung kicau. Memiliki kandungan protein tinggi sehingga burung lebih bergairah power full. Selain itu jangkrik juga banyak digunakan untuk pakan ikan hias, fungsi hampir sama untuk memenuhi nutrisi pada ikan.

Budidaya jangkrik walau kelihatan mudah tapi perlu ketelitian dan perencanaan matang. Mulai dari pemilihan lokasi, usahakan tidak bising. Begitu juga dengan pemilihan kandang sampai dengan tata cara penetasan telur.

baca juga: Cara budidaya ternak jangkrik

9. Usaha Ternak Burung Lovebird

Penggemar burung kicau makin hari makin bertambah, begitu juga dengan burung lovebird. Burung yang satu ini selain mudah perawatan kicau juga merdu sekali. Maka tidak salah lagi lovebird jadi favorit penggemar burung setiap daerah.

Mengambil peluang tersebut usaha ternak lovebird merupakan pilihan pintar. Biasanya mereka ternak lovebird sudah paham cara perawatan mulai dari cara memandikan sampai memberi pakan burung. Usaha ternak lovebird tidak bisa instan harus melalui dari tahapan memelihara.

baca juga: Cara jitu budidaya ternak burung lovebird

10. Usaha Ternak Burung Kenari

Usaha ternak burung kenari juga sangat menjanjikan. Penggemar burung ini juga banyak sekali, hampir setiap penggemar burung kicau pernah memelihara kenari. Apalagi bagi mereka penggemar pemula burung kicau, alasannya mudah perawatan dan nyanyiannya enak merdu.

Jika tertarik usaha ternak burung kenari coba belajar dulu mulai dari cara perawatan.

baca juga: Perawatan dan stelan harian burung kenari

Itulah 10 peluang usaha ternak menjanjikan prospek bagus dan menguntungkan di masa depan. Usaha ternak tersebut juga bisa dimulai dari modal kecil. Ada juga usaha yang bisa Anda bisa jadi miliader baca disini: Usaha Ternak Sapi Potong.

Tinggalkan Balasan

Close Menu