Cara usaha ternak kambing potong bagi pemula maupun bagi peternak yang sudah berpengalaman. Usaha ternak yang sukses yaitu usaha menguntungkan. Tidak sulit berternak kambing walau bagi mereka yang belum pernah sama sekali, karena kambing merupakan binatang ternak mudah dipelihara.

Kambing merupakan hewan ruminasia kecil hidup dengan pakan dari hijauan seperti rumput dan daun-daun sisa pertanian atau tumbuhan liar lain yang ada disekitar kebun, hutan atau pekarangan.

Kambing mudah diternak karena mudah beradaptasi dengan lingkungan. Selain itu kambing juga mudah berkembang biak hampir di seluruh Wilayah Indonesia. Walaupun begitu ada juga petani belum mendapat hasil keuntungan maksimal dari hasil ternak mereka. Karena kurang tepat cara berternak dan perawatan.

Ada beberapa hal penting yang perlu menjadi perhatian dalam usaha ternak kambing potong. Apa saja hal pokok yang tidak boleh dilewatkan itu, diantaranya pemilihan bibit, pemberian pakan, pencegahan penyakit dan kandang yang tepat. Agar lebih jelas mengenai cara ternak kambing potong untuk pemula coba lihat tips berikut ini.

Ternak Kambing

Cara Usaha Ternak Kambing Potong

Jenis Kambing

Banyak jenis kambing yang bisa jadi pilihan. Jenis kambing yang tersebar luas di Indonesia diantaranya kambing kacang dan kambing peranakan etawa. Kedua jenis kambing tersebut sangat cocok dipelihara di wilayah lahan kering dan sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Ada juga jenis kambing lain yaitu kambing Boer yang merupakan jenis kambing pedaging. Jenis ini juga cocok untuk di ternak sebagai kambing pedaging.

Cara Memilih Bibit Kambing Potong

Apapun jenis kambing yang dipilih untuk usaha ternak perlu memenuhi beberapa kriteria. Kambing jantan atau kambing betina yang akan jadi bibit perhatikan beberapa hal berikut ini:
• Dari keturunan yang mempunyai kemampuan pertambahan berat badan yang cepat dan konversi pakan makanan yang baik
• Memiliki sifat genetic yang baik untuk menghasilkan keturunan kembar dalam satu kali melahirkan

Dari segi fisik kambing yang baik untuk di ternak adalah:
• Mata bersinar cerah, tajam
• Tidak cacat tubuh
• Bulu halus dan mengkilat

Ciri kambing betina yang baik untuk diternak adalah:
• Mempunyai sifat sifat keibuan
• Umur kurang dari 3 tahun
• Puting susu berjumlah dua dan sama besar

Ciri kambing jantan baik untuk diternak adalah:
• Mempunyai birahi sifat mengawinkan besar
• Buah zakar berjumlah dua dan sama besar
• Umur kurang dari 3 tahun

Pakan kambing yang baik

Pakan kambing untuk ternak yaitu hijau-hijauan seperti rumput disekitar kebun, bungkil kedelai, daun-daunan, sisa produksi pertanian, dedak, dan lain-lain.

Banyaknya porsi pakan kambing dapat dibedakan menurut kebutuhan, misalnya kambing dewasa dengan kambing anak. Bedakan juga pakan kambing menyusui dengan kambing pejantan. Untuk lebih jelas komposisi pakan kambing ternak sebagai berikut:

1. Kambing dewasa kebutuhan makanan 10% dari berat badannya, dimana kebutuhannya yaitu ¾ bagian berupa rumput dan hijauan segar, ¼ bagian terdiri dari daun-daunan.
2. Kambing pejantan kebutuhan pakan sama dengan kambing dewasa dan ditambah dedak padi halus sebanyak 200-250 gram.
3. Kambing bunting menjelang melahirkan komposisi makanan untuk hijauan lebih banyak 3/5 bagian, 2/5 bagian daun-daunan, hijauan harus seimbang dan perlu ditambahkan dedak halus padi sebanyak 200-250 gram.

Cara Perkawinan Kambing

Kambing betina dewasa sudah siap kawin yaitu usia antara 6-8 bulan. Tanda birahi pada kambing antara lain :
1. Gelisah, suka ricuh/ribut
2. Nafsu makan menurun
3. Mencoba untuk menaiki kambing lain
4. Menggerak-gerakkan ekornya
5. Bagian vulva memerah, bila diraba terasa hangat
6. Keluar sedikit lendir bening.

Kambing betina dewasa dikawinkan paling bagus umur 10 bulan, dan jantan sebagai pemacek umur 1 tahun. Waktu yang tepat untuk mengawinkan kambing pada pertengahan birahi yaitu 12-18 jam sejak birahi pertama muncul.

Usaha ternak kambing potong dalam perkawinan selain menggunakan pejantan dapat juga kambing betina dikawinkan dengan menggunakan metode kawin suntik (Inseminasi Buatan).

Tujuannya kawin suntik adalah untuk menghasilkan keturunan/keuntungan yang lebih besar. Untuk saat ini kawin suntik (IB) kambing dapat menggunakan jenis kambing peranakan Etawa (PE).

Kandang Kambing

Dalam usaha ternak, kandang kambing yang baik adalah jenis kandang panggung. Kandang panggung mendapat keuntungan lebih karena akan memberikan kenyamanan pada ternak dan mudah menjaga kebersihan.

Pada saat pembuatan kandang kandang apapun yang dipilih usahakan memiliki sirkulasi udara yang baik, udara tidak lembab selalu kering menjaga kesehatan kambing.

Cara Pengolahan Usaha Ternak Kambing

Apapun jenis pengolahan baik itu secara tradisional maupun secara intensif harus memperbaiki management usaha, untuk menghindari kerugian dalam usaha.

Langkah awal yang harus dilakukan adalah selalu melakukan mencatat setiap kejadian mengenai ternak. Baik kejadian tentang ternak yang dipelihara maupun setiap pengeluaran keuangan.

Selalu melihat memantau pangsa pasar kapan saat yang tepat menjual kambing ternak. Biasanya kambing akan naik harganya menjelang Hari Raya Haji. Untuk diketahui, usia yang tepat menjual kambing yaitu sekitar usia 12 -18. Setelah melalui tahapan pantauan berat badan kambing ternak tidak bertambah lagi. Nah itulah waktu yang tepat menjual kambing.

Penyakit Kambing

Dalam usaha ternak kambing yang perlu diperhatikan adalah kesehatan ternak. Untuk mendapatkan kesehatan kambing yang baik adalah dengan pencegahan.

Membuat sanitasi air kandang kambing dan lingkungan sekitar tetap kering, merupakan cara mudah untuk mencegah terjadinya kejadian penyakit.

Penyakit kambing yang paling sering adalah kembung (tympani), kudis (scabies), diare dan sebagainya. Untuk pertolongan pertama dapat menggunakan obat-obatan tradisional, selanjutnya dapat menghubungi petugas kesehatan terdekat.

baca juga: Obat Tradisional Penyakit Kambing

Demikian beberapa hal dalam usaha ternak kambing potong untuk pemula. Kambing merupakan hewan ternak mempunyai nilai ekonomis tinggi sangat cocok untuk usaha sama seperti ternak sapi. Ternak sapi dan ternak kambing sama-sama diambil dagingnya untuk konsumsi. Malahan sapi jauh lebih menguntungkan karena besar dan dagingnya lebih banyak. Ternak sapi potong juga tidak sulit asal tau caranya.

baca juga: Cara Ternak Sapi Potong Menguntungkan

Kesimpulan Cara Usaha Ternak Kambing

Ternak kambing itu mudah walau bagi pemula sakalipun. Walau mudah tapi perlu mengetahui cara yang tepat dalam berternak, seperti disebutkan diatas harus memperhatikan jenis kambing yang diternak, pemilihan kondisi kandang, pemberian pakan yang tepat dan menjaga kesehatan kambing.

Tinggalkan Balasan

Close Menu