Manfaat dan tujuan membuat blog tentu saja beragam diantaranya:

1. Sebagai diary (buku harian)
2. Sarana belajar
3. Promosi jati diri
4. Ajang sosialisasi
5. Mengisi waktu luang & kesenangan
6. Sebagai informasi
7. Mencari uang

Pada umumnya orang membuat blog gratis atau blog berbayar di Blogger atau di WordPress self hosting.

Artinya berbayar adalah mengeluarkan uang untuk biaya domain atau hosting. Sebagian besar membuat blog gratis di Blogger, jika dirasa ingin lebih meningkatkan performa blog pindah ke WordPress. Walau pada kedua platform tersebut menyediakan layanan blog berbayar maupun yang gratis.

Haruskah seseorang membuat sebuah blog? Pertanyaan ini sangat menggugah bagi siapa saja yang sudah sering online di internet.

Bagi yang senang internet tentu sudah sering melihat blog para Blogger baik dalam negeri maupun luar negeri. Sedikit banyak tentu sudah mengetahui fungsi dari sebuah blog, maka dari situ timbul pertanyaan seperti diatas.

Terinspirasi dari kasus tersebut maka artikel ini saya buat mudah-mudahan membantu bagi yang ragu membuat sebuah blog.

Pengertian Blog

Sebelum menjawab pertanyaan diatas lebih baik mengetahui dulu pengertian blog itu sendiri. Blog adalah singkatan dari weblog.

Secara umum blog adalah aplikasi berupa tulisan maupun gambar dimuat dalam sebuah posting. Urutan tulisan posting secara terbalik dimana terbaru dulu baru diikuti artikel lama. Blog biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet, tapi ada juga hanya orang tertentu saja yang dapat mengakses.

Tujuan Membuat Blog

Tujuan membuat blog sama juga dengan manfaat atau kegunaan blog itu sendiri diantaranya sebagai berikut:

1. Tujuan Membuat blog sebagai diary

Pada awalnya blog memang merupakan sebuah buku harian pribadi si yang punya blog. Sampai sekarang blog juga masih digunakan sebagai diary pribadi yang lebih dikenal dengan blog personal. Diary dalam sebuah blog lebih praktis dari buku harian berupa buku zaman dahulu.

Dimana blog dapat diakses dari mana saja dan kapan saja tidak ada kata ketinggalan di rumah beda dengan buku harian. Kemungkinan rusak lebih kecil. Untuk mengakses hanya dibutuhkan sebuah kata kunci.

2. Tujuan membuat blog sebagai sarana belajar mengajar

Blog juga dapat dijadikan tempat sarana belajar mengajar, dimana dapat dimuat dengan catatan di sekolah maupun di kampus.

Dapat juga dijadikan catatan hasil googling berselancar di internet. Blog juga dapat jadi sarana belajar dunia internet lebih dalam dan masih banyak pelajaran yang dapat dipetik dari sebuah blog.

3. Tujuan membuat blog sebagai promosi diri

Lewat blog juga dapat menunjukan jati diri kepada dunia. Orang macam apa Anda! Disini Anda juga dapat membangun karakter dan menujukan kesemua orang. Dengan membangun karakter suatu saat Anda akan menjadi terkenal dengan karakter yang telah dibangun bersama blog.

Kalau boleh saya sarankan kalau membuat blog isilah dengan jati diri sendiri dan bersiaplah menjadi terkenal.

4. Tujuan membuat blog ajang sosialisasi

Ya betul. Blog juga dapat ajang mencari teman. Bayangkan dari berjuta blog atau pembaca yang ada tentu ada yang sepaham dengan Anda.

Dengan sering berkomentar maka terjadi komunikasi dan perkenalan maka dari sana mulai sosialisasi antar sesama. Bahkan bisa lebih jauh dan lebih mengenal dari situs sosial media seperti facebook, twitter, instagram dan sebagainya.

5. Membuat blog dengan tujuan mengisi waktu luang dan kesenangan

Blog juga dapat mengobati rasa sepi dimana, disaat Anda jenuh dan mempunyai banyak waktu luang dan bingung mau berbuat apa.

Kenapa tidak mencoba membuat sebuah blog disana Anda dapat menghabiskan waktu berjam-jam dengan sendiri, membuat Anda bisa konsentrasi dan melupakan pikiran yang mengganggu. Karena dengan membuat sebuah buah blog Anda bebas unjuk kreasi selama masih dapat bertanggung jawab. Dengan demikian blog juga menjadi sarana hiburan dan kesenangan.

6. Membuat blog dengan tujuan membantu orang dengan informasi Anda

Kalau seseorang senang berbagi dan ingin membantu banyak orang, dengan informasi atau keahlian Anda maka blog dapat dijadikan sarana. Karena blog dapat dibaca oleh semua orang dan menjangkau ke seluruh dunia.

Dengan demikian ilmu Anda akan dicatat dan tersebar luas dengan membuat blog. Amal Anda akan mengalir terus sekalipun Anda sedang tidur. Bukankah kita dianjurkan berbagi kepada sesama, sekecil apapun informasi akan sangat berguna bagi yang membutuhkan. Sampaikanlah informasi tersebut walau hanya satu ayat.

7. Membuat blog untuk mencari uang

Ya betul. Blog dapat juga dijadikan sebagai peluang usaha yang sering disebut internet marketing. Dari awalnya tujuan membuat blog sebagai diary atau personal blog seiring perkembangan internet yang semakin luas blog dapat dijadikan ajang mencari uang.

Sudah banyak Blogger yang berpenghasilan besar hanya dengan  blog. Mereka sudah membuktikan blog dapat dijadikan peluang usaha, ada yang sudah full time di internet marketing dengan menjalankan usaha ini secara profesional.

Dari segi penghasilan ada yang sudah mencapai ratusan dolar. Dengan penghasilan sebanyak itu tentu memerlukan perjuangan pengorbanan, kerja keras usaha keras. Bukan perkara mudah memang, yang pasti internet marketing itu ada, tinggal masing-masing individu seberapa besar keinginan untuk memperjuangkan.

Ini hanyalah beberapa contoh tujuan seseorang membuat blog dari saya. Kalau ada yang ingin menambahkan silakan dan terima kasih. Mungkin masih banyak tujuan orang membuat blog selain disebutkan diatas mengingat sekarang mudah sekali membuat sebuah blog gratis terutama di blogspot.

Tinggalkan Balasan

Close Menu