Kali ini tips perawatan dan stelan burung Kenari lagi mabung. Kenari mabung adalah masa rontok bulu dan dalam tahap tumbuh bulu baru. Masa mabung adalah masa burung kenari sedang rawan dan sangat perlu mendapat perawatan khusus.

Sebenarnya masa mabung pada burung Kenari hal biasa begitu juga terjadi dengan beberapa jenis burung lain. Pada masa mabung terjadi peningkatan metabolisme pada burung dibanding dengan kondisi normal. Dengan kondisi seperti itu maka perlu mendapat perhatian khusus baik dari segi perawatan maupun dari pakan yang diberikan selama masa mabung. Stelan lagi mabung juga berbeda dengan stelan kenari harian.

Dari segi pakan harus ada peningkatan gizi yang diberikan dari pakan kenari sehari hari. Peningkatan gizi sangat penting bagi kenari untuk membantu cepat tumbuh bulu baru dan kembali ke kondisi normal. Peningkatan gizi dengan penambahan protein seperti tambahan pemberian porsi kroto, jangkrik, atau ulat sutra. Dari segi perawatan sebagai contoh; kenari jangan dipertemukan dulu dengan burung sejenis dan buat burung nyaman, jauh dari gangguan.

Agar lebih jelas coba simak saja tips yang berikut ini

Perawatan Kenari Mabung

 

Pola Perawatan Kenari Mabung

  1. Usahakan burung di tempatkan pada daerah yang sepi jauh dari keramaian, jauh dari dari kebisingan kegiatan orang maupun binatang lain yang mungkin akan mengganggu Kenari pada masa mabung.
  2. Selama masa mabung sebaiknya burung di kerodong dulu, hal ini maksudnya agar kenari agar lebih nyaman.
  3. Kenari cukup mandi 1 kali dalam seminggu saja.
  4. Penjemuran jangan terlalu lama 30 menit sudah cukup.
  5. Hal yang penting lagi adalah memberi porsi pakan burung lebih dari biasa. Banyaknya masing masing burung berbeda yang penting lebih dari biasa. Bisa juga tambahan pemberian biji Niger seed dan pemberian sayuran atau buah. Pemberian pakan dan peningkatan gizi akan sangat membantu pembentukan sel-sel baru dan pemicu pertumbuhan bulu baru.
  6. Beri juga multi vitamin dicampur dalam air minum 2 kali seminggu.
  7. Terakhir lakukan masater. Seperti burung kicau lain kenari pada masa mabung juga lebih banyak diam, diam seperti ini tanda burung lebih pasif dan lebih banyak mendengar suara di sekeliling. Saat yang tepat untuk di master, lakukan pemasteran sesuai dengan keinginan Anda masing masing.

Demikian tips perawatan burung kenari sedang mabung. Tapi jangan salah kenari mabung sedikit berbeda dengan kenari lagi drop. Ok, semoga dapat membantu dan kondisi burung kembali seperti semula dan berkicau dengan merdu.

Tinggalkan Balasan

Close Menu