Perawatan Jalak Suren relatif mudah, ini juga alasan kenapa banyak hobiis burung memelihara burung ini, seperti burung peliharaan lainnya, Jalak Suren tak perlu perawatan exstra, adapun yang harus diperhatikan dalam memelihara jalak suren adalah kebersihan, kandang, penjemuran yang tepat, pakan dan tentu saja dilatih mental beserta diberi master.

Jalak Suren terbiasa di sawah. Burung ini juga mempunyai kecerdasan yang baik karena jalak suren oleh karena itu Jalak Suren dapat menirukan berbagai jenis suara burung lainn, seperti burung lovebird, burung kacer, burung cucak ijo, murai batu, burung kenari, burung cucak jenggot, burung cimblek dan lain lain. Bahkan beberapa jalak suren dapat meniru suara manusia seperti layaknya burung beo.

Jalak suren merupakan jenis burung sangat cerewet dan rajin berkicau seperti ketika ada orang lewat, maka dari itu banyak orang  yang memelihara Jalak Suren sebagai penjaga rumah, disebut juga burung penjaga rumah. Karena jalak suren yang sangat cerewet selain banyak digunakan sebagai penjaga rumah, tak jarang para hobiis kicau mania memelihara Jalak Suren  sebagai burung master karena dapat memancing burung lain untuk berkicau.

Perawatan Jalak Suren

 

Berikut Tips Merawat Jalak Suren

1. Kebersihan kandang harus selalu terjaga, bersih dari kotoran baik di pagi hari maupun sore hari. Disiplin mengganti makanan voer dalam cepuk tiap 3 hari sekali. Untuk minuman diganti setiap hari.

2. Sebelum penjemuran, burung Jalak Suren kesayangan hobiis diangin-anginkan terlebih dulu di teras rumah, ini dilakukan 1/2 jam sampai 2 jam. Setelah di angin-angin lakukan penjemuran, waktu penjemuran sebaik antara jam 8 sampai jam 11 siang.

3. Pemberian pakan Jalak Suren. Pakan utama berupa voer dan pakan tambahan diberi berupa buah-buahan seperti pisang sobo, pepaya, sawo, dll. Untuk asupan gizi Jalak Suren jangkrik, ulat kandang, ulat hongkong, kroto.

4. Kebersihan, Burung Jalak Suren termasuk burung suka mandi. Wadah pemandian Jalak Suren dapat menggunakan bak mandi atau dengan cara disemprot menggunakan spay halus keseluruh badan burung kesangan hobiis. Mandi menggunakan bak atau dengan spreyer tergantung dari kebiasaan Jalak Suren itu sendiri. Waktu mandi Jalak Suren sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum proses penjemuran.

5. Untuk melatih kekuatan stamina. Jalak suren perlu diumbar pada kandang umbaran

6. Jangan lupa Jalak Suren perlu diberikan burung master seperti burung kenari, lovebird, cucak jenggot atau burung lain agar Jalak Suren dapat meniru berbagai macam suara burung lain.

7 Untuk melatih mental. Jalak Suren perlu digandeng dengan burung Jalak Suren lain. Perlu diperhatikan sebelum digandeng sebaiknya porsi makan burung ditambah agar stamina tidak cepat ngedrop, layaknya seperti burung mau diadu.

Semoga berguna Tips Perawatan Jalak Suren

This Post Has One Comment

  1. Tidak masalah, jalak suren emang suka mandi, ganti aja tempat minumnya yang agak besar.

Tinggalkan Balasan

Close Menu