Memelihara hamster menyenangkan,  tentu Anda ingin tahu cara merawat hamster yang baik berikut beberapa tips.

Kandang Hamster
Hamster merupakan hewan lincah, agar leluasa bergerak, sebaiknya kandang disediakan ukuran besar. Di Petshop tersedia pilihan kandang untuk hamster, seperti aquarium dan berbagai jenis lain.

Pasir atau serbuk kayu peru disediakan dalam kandang ini berguna menyerap kencing. Sebuk pasir usahakan diganti seminggu sekali.

Makanan Hamster
Makanan hamster terbaik adalah makanan impor buatan pabrik. Walaupun begitu harus tetap waspada dan lebih cermat memilih mana makanan impor yang baik.

Memandikan Hamster
Memandikan hamster jangan sampai terlalu basah, karena hamster sangat sensitive. Hamster  sebenernya punya cara sendiri untuk mandi.

Pisahkan Kandang Jantan dengan Betina
Jangan satukan hamter jantan dan betina di dalam satu kandang. Sudah bisa ditebak pasti mereka selalu berkelahi.

Jangan Jemur Dibawah Sinar Matahari
Hamster adalah binatang nocturnal. Mereka adalah binatang malam. Di alam liar mereka tidur sepanjang siang hari dalam lubang mereka yang bisa mencapai kedalaman 10 – 20 meter dibawah permukaan tanah dan baru keluar pada malam hari untuk mencari makan. Jadi mereka tidak terlalu membutuhkan sinar matahari. Sedikit saja cukup… Tidak perlu sampai ‘dijemur’.

Jangan Pisah Induknya
Percayalah banyak orang yang tidak sengaja memisahkan karena ketakutan mereka dengan gosip yang beredar tentang ‘hamster pemakan anak’. Ibu hamster yang sehat dan cukup akrab dengan manusia tidak akan memakan anaknya tanpa alasan yang jelas! Jadi jangan memisahkan ibu dan bayi-bayinya karena bayi-bayi itu akan meninggal dengan segera karena kedinginan dan tidak mendapatkan air susu.

Cara Memegang hamster
Hamster takut jatuh dari ketinggian. Jika hamster masih baru, cobalah untuk memegang  pada  posisi duduk, jadi jika hamster Anda jatuh tidak terlalu tinggi. Ini kesalahan paling sering terjadi. Hamster yang baru datang biasanya masih merasa asing dengan Anda dan  lingkungan, juga cenderung melompat secara tiba-tiba. Jadi warus waspada masalah ini.

Merawat Hamster

Tinggalkan Balasan

Close Menu