Anda hobi Merpati ini ada tips bagaimana cara memilih Merpati Balap yang baik. Tips ini didapat dari seorang teman sangat senang menggelepak Merpati beberapa tahun belakang ini. Memilih merpati balap tentu sedikit berbeda dengan memilih Merpati Tinggian maupun Merpati Pos.

Bedanya dimana? bisa di cek pada artikel terdahulu disini

baca: Tips Memilih Merpati Tinggian yang Bagus

Cara paling mudah memilih Merpati Balap yaitu membeli Merpati keturunan Juara di Arena Lomba, tapi Merpati seperti itu mendapatkannya tidak mudah dan tentu saja harga mahal. Tapi kalau Anda sudah lama menggelepak Merpati hal demikian tentu tidak jadi masalah.

Selain itu yang paling penting adalah mengerti cara perawatan Merpati baru hasilnya maksimal. Kalau tidak percuma juga Merpati dari trah juara, hasilnya tidak akan maksimal yang ada rugi.

Nah, bagaimana dengan yang baru mulai merawat merpati atau yang kantong pas-pasan ini ada sedikit tips memilih Merpati Balap.

Merpati Balap

Memilih Merpati Balap Yang Baik

  1. Badan terasa ringan kalau di pegang tidak berat dan tidak empuk. Bentuk badan kira-kira seperti jantung pisang, bentuk bulat memanjang semakin ke belakang semakin kecil.
  2. Bagian pangkal sayap tebal dan kekar.
  3. Mata tidak terlihat bercak, dibagian dalam lingkaran hitam tidak melebar tapi bulat. Mata adalah mendapat perhatian dalam memilih Merpati tidak saja Merpati Balap tapi juga untuk jenis lain.
  4. Kaki kering tidak pecah-pecah dan saat di pegang jari-jari nya seperti mengepal.
  5. Paruh kecil panjang dan tidak terdapat garis hitam.
  6. Tulang dada lebar, keras, lurus dan agak pendek.
  7. Dahi jenong, jika dilihat dari depan bentuk kepalanya pipih.
  8. Bulu sayap lebar hampir bentuk kotak dengan ujung runcing, kering dan kalau dibuka sayapnya tidak ada celah diantara bulu bulu. Ujung saya runcimg atau megerucut.
  9. Japit udang keras dan renggang sedikit kira kira 1/2 Cm.
  10. Bulu ekor menekan kebawah saat burung dipegang dengan posisi seperti akan ditegakkan.

Satu hal yang tidak boleh lupa cari Merpati yang sehat. Mengetahui Merpati sehat bisa lihat disini

baca: Ciri-Ciri Merpati Sehat

Demikian Andari yang dapat di sharing kali ini semoga dapat membantu memilih Merpati Balap yang baik.

Tinggalkan Balasan

Close Menu