Memilih dan Merawat Burung Kenari jadi jagoan tidak sulit hanya butuh ketekunan dan kesabaran. Untuk memperoleh kenari yang baik dengan cara membeli bakalan kemudian melatih perlahan-lahan hingga menjadi jagoan.

Tips memilih dan merawat burung kenari

1. Pilih burung kicau kenari dari pejantan berkualitas, dimana ciri kenari jantan mempunyai grade bagus adalah bentuk kepala agak kotak, pada tempat pembuangan kotoran seperti condong keluar. Lebih jauh mengenai memilih burung kenari.

2. Beri makanan sesuai dengan jenis, bila kenari termasuk dari jenis lokal maka sebaiknya beri saja makanan lokal. Hal ini disebabkan lidah kenari lokal hanya cocok dengan makanan berasal dari daerah setempat. Kecuali bila kenari termasuk dalam jenis impor, maka makanan impor bisa dicoba.

3. Untuk mendapatkan burung kenari dengan nafas panjang, biasakan memberi sangkar yang luas pada burung kicau ini. Hal ini akan memudahkan kenari untuk bergerak leluasa, selain melatih gerak juga menjadikan kenari tidak gampang stress.

4. Bila perlu, makanan tambahan dapat beri pada kenari kesayangan. Seperti sawi, wortel, ketimun, selada. Sebagai contoh, misal ketimun, diberikan bila kenari terlalu gemuk. Sawi atau sosin diberikan untuk membuat bulu kenari terlihat bersih juga bersinar sesuai sesuai warna dasarnya.

5. Jemur burung kenari di bawah terik matahari pagi, sekitar 1 jam

6. Mandikan burung sekali dalam seminggu

7 Berikan kerodong penutup, khususnya bila malam telah tiba. Hal ini dimaksud untuk mencegah gigitan nyamuk.

Merawat Burung Kenari

 

Tips pakan kenari

Untuk mendapatkan kicau burung selalu prima, terkadang burung kenari butuh makanan tambahan yang bagus dan mantap. Anda pun dapat meracik sendiri makanan andalan yang bisa digunakan untuk memacu kicau burung kesayangan.

Parut 1 siung jahe dan kunyit hingga halus lalu di rebus dengan sedikit air jika sudah panas tiriskan ke dalam tempat semacam panci, setelah itu campur pakan kenari dengan perbandingan 1 siung jahe dan kunyit untuk 1 kg pakan kenari biarkan supaya menyerap lalu diaduk, kemudian jemur (dengan serat jahenya) setelah agak kering di garang diatas wajan (tanpa minyak) dengan menggunakan api kecil, setelah kering lalu angkat, (jangan terlalu lama) lalu berikan ke kenari anda.

Racikan pakan tersebut akan membuat kenari selalu berbunyi dalam segala medan musim, baik musim panas atau dingin. Selamat mencoba tips merawat burung kenari.

This Post Has 4 Comments

  1. saya sebenarnya pengin banget memelihara burung kenari, penginnya memelihara sejak kecil, belinya yang masih kecil, tapi masih bingung untuk membedakan antara kenari jantan dan kenari betina , salah pilih, bisagak ngeriwik ntar

  2. info mantap
    terima kasih

  3. saya setujuh saya ente bro, kalo mau buat kenari jadi jawara yah harus di latih dari masih piyik, selain perawatan sama pakan yang bener dibutuhkan juga mastering variasi suara

Tinggalkan Balasan

Close Menu