Sampailah pada Teknik Menanam Bunga Melati Budidaya sukses. Cara menanam bunga melati baru bisa dikerjakan setelah kita melakukan persiapkan pengolahan lahan pertanian dan menyediakan bibit.

Bunga melati sudah lama dimanfaatkan oleh orang sebagai wangi-wangian. Aroma wangi melati sejak jaman dahulu kala digunakan untuk acara adat pewangi ruangan, pakaian, makanan. Dengan banyaknya kebutuhan bunga melati dicari orang sehingga mendapat nilai jual tinggi. Oleh karena itu melati ditanam dengan skala besar untuk dijual bunga.

Bagaimana cara menanam bunga melati yang baik agar dapat hasil maksimal? Ada beberapa tahapan yang mesti dilalui seperti mempersiapkan lahan, menyiapkan bibit, cara menanam, pemberian pupuk dan pengendalian hama penyakit.

Sebelumnya bisa dilihat ini:

1. Cara Pengolahan Lahan Bunga Melati
2. Cara Pembibitan Stek Bunga Melati

Kalau pengolahan lahan sudah dilakukan dan bibit sudah tersedia bersiap untuk menanam ke lahan tanam.

Cara Menanam Bunga Melati

Pupuk Lahan Tanam Bunga Melati

Sebelum menanam bunga melati, satu bulan sebelum tanam bibit aptasikan di sekitar kebun. Lahan kebun siap tanam beri pupuk dasar terdiri dari 3 gram TSP ditambah 2 gram KCI per tanaman.

Bila tiap hektar lahan terdapat sekitar 60.000 lubang tanam dengan jarak tanam 1,0 m x 1,5 m, maka kebutuhan pupuk dasar terdiri dari 180 kg TSP dan 120 kg KCI.

Bersamaan pemberian pupuk dasar dapat ditambahkan pembenah dan pemantap tanah, misal Agrovit, stratos / asam humus Gro-Mate.

Menanam Bunga Melati

Buat lubang tanam sesuaikan dengan kondisi. Jarak tanam dapat bervariasi, tergantung bentuk kultur budidaya, kesuburan tanah atau jenis melati yang ditanam.

Jarak tanam dengan kultur perkebunan umum yaitu 1 m x 1,5 m, sedang variasi lain 40 x 40 cm, 40 x 25 cm dan 100 x 40 cm.

Masukan bibit melati ke dalam lubang tanam. Tiap lubang tanam satu

bibit melati. Tanah dekat pangkal batang bibit melati dipadatkan pelan-pelan agar akarnya kontak langsung dengan air tanah. Setelah itu siram tanaman dengan sprey.

Menyulam Bunga Melati

Setelah selesai menanam bunga melati selanjutnya penyulam yaitu menggan

ti tanaman mati atau tumbuh tidak normal dengan bibit baru.

Teknik penyulaman caranya sama dengan cara menanam. Hanya saja dilakukan apabila bibit perlu diganti. Periode penyulaman tidak lebih dari satu bulan setelah tanam. Usahakan penyulaman lebih awal, hal ini  bertujuan agar tidak menyulitkan pemeliharaan selanjutnya dan berharap pertumbuhan seragam.

Waktu penyulaman pagi atau sore, saat sinar matahari tidak terlalu terik dan suhu udara tidak terlalu panas.

Menyiang Bunga Melati

Umur satu bulan setelah tanam, kebun melati tumbuh rumput liar. Rumput liar ini menjadi pesaing tanaman melati dalam kebutuhan sinar matahari, air dan unsur hara. Untuk itu rumput liar perlu di buang dan bersihkan area sekitar.

Pupuk Bunga Melati

Pupuk untuk meningkatkan produksi melati, terutama jenis pupuk kaya unsur fosfor P, seperti Gandasil B 6-20-30 / Hyponex biru 10-40-15

Pemupukan lakukan tiap tiga bulan sekali. Jenis dan dosis pupuk terdiri dari Urea 300-700 kg, STP 300-500 kg dan KCI 100-300 kg  /ha / tahun.

Pemberian dilakukan dengan cara disebar merata dalam parit di antara barisan tanaman sedalam 10-15 cm, kemudian ditutup dengan tanah. Bisa juga dengan cara memasukkan pupuk ke dalam lubang tunggal di sekeliling tajuk tanaman melati

Waktu memupuk sebelum di pangkas, saat berbunga, sesuai panen bunga dan pada saat pertumbuhan kurang prima. Penyemprotan pupuk daun lakukan pagi hari jam 09.00 atau sore jam 15.30-16.30, atau ketika matahari tidak terik menyengat.

Penyiraman Bunga Melati

Fase awal pertumbuhan, tanaman melati butuh ketersediaan air cukup. Penyiraman perlu terus menerus tiap hari sampai tanaman berumur kurang lebih 1 bulan. Penyiraman dilakukan 1-2 kali sehari yakni pada pagi dan sore hari. Yaitu menyiram air bersih pada tiap tanam hingga tanah di sekitar akar basah.

Pestisida pada Bunga Melati

Zat perangsang / zat pengatur Tumbuh ZPT dapat digunakan untuk mempertahankan dan meningkatkan produksi bunga, zat perangsang bunga berpengaruh baik terhadap pembua

ngan melati adalah Cycocel (Chloromiguat) dan Etherel.

Tanaman melati disemprot dengan Cycocel berkonsentrasi 5.000 ppm memberikan hasil bunga paling tinggi, yakni 1,45 kg/ tanaman.

Cara pemberian  zat perangsang bunga disemprot pada seluruh bagian tanaman, terutama bagian ujung dan tunas-tunas pembuangan. Konsentrasi yang dianjurkan 3.000 ppm–5.000 ppm untuk Cycocel atau 500-1.500 ppm bila digunakan Ethrel.

baca juga: Cara Pengendalian Hama Penyakit Bunga Melati

Memangkas Bunga Melati

Tanaman melati tumbuh menjalar, kecuali pada beberapa jenis melati, seperti varietas Grand Duke of tuscany yang tumbuh tegak. Tinggi pangkas sangat tergantung pada jenis melati.

Jenis melati putih J.sambac dapat di pangkas pada ketinggian 75 cm dari permukaan tanah, sedangkan jenis melati Spnish Jasmine (J. officinale var. grandiflorum) setinggi 90 cm dari permukaan tanah. disunting dari berbagai sumber

Demikian cara menanam bunga melati di sawah yang luas. Bunga melati juga bisa ditanam dalam sebagai hiasan dan wangian ruangan baca disini: Cara menanam bunga melati dalam pot.

 

This Post Has 4 Comments

  1. Terimakasih, sangat bermanfaat infonya.
    Salam Hormat.

  2. GOOD

Tinggalkan Balasan

Close Menu