Syarat lahan tumbuh buah melon yang baik untuk budidaya agar mendapat hasil maksimal di perlukan beberapa kriteria. Jenis melon dapat juga mengikuti dengan lokasi dan lahan yang akan dijadikan pertanian. Berarti ini dapat dijadikan pemilihan lokasi untuk tanaman melon.

Budidaya melon memiliki beberapa tahapan, mulai dari pemilihan lokasi, pengolahan lahan, penyemaian, cara menanam, pemeliharaan termasuk pemberian pupuk dan pengendalian hama dan penyakit. Jika ingin mengetahui ringkasan tahapan menanam melon lebih banyak,

baca: Cara Budidaya Melon Agar Panen Berlimpah

Syarat Geografis Budidaya Melon

Lokasi lahan budidaya melon dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 200 hingga 2000 m dpl dengan suhu yang dibutuhkan 12-27 °C. Melon menghendaki sinar matahari yang lama, yaitu berkisar antara 10 – 12 jam per hari. Sedangkan untuk tanah melon menghendaki tanah kaya akan bahan organik dengan pH 6,0 – 6,8. Kelembaban udara diperlukan untuk pertumbuhan adalah sekitar 70 -80 %.

Lahan untuk budidaya sebaiknya dengan struktur miring dan tidak berangin kencang. Ini bertujuan untuk mempermudah pengaturan irigasi, diperlukan melon saat tumbuh. Karena tanah air cukup tapi tidak dalam keadaan kondisi becek atau ada genangan air.

Tanaman melon memiliki keunikan dalam budidaya biar hasil maksimal. Oleh karena itu sesuaikan dengan varietas tertentu untuk budidaya dengan ketinggian setempat.

Jenis Buah Melon Berdasarkan Ketinggian :

1. Ketinggian lokasi < 200 m dpl, dengan suhu 27-25 °C, cocok dengan varietas : Musk Melon dan Oriental Sweet Melon

2. Ketinggian lokasi 200-650 m dpl, dengan suhu 25-23,5°C dan 26-24 °C, cocok dengan varietas : Jade, Golden Light, Silver Light, Cantaloupe (Halest Best)

3. Ketinggian lokasi 650-1.000 m dpl, dengan suhu 23,5-18°C dan 72.,4-19°C, cocok dengan varietas : Casaba Melon, Melon (Jade Dew, Honey Dew)

4. Ketinggian lokasi 1.000-2.000 m dpl, dengan suhu 18,7-12 °C, cocok dengan : Cantaloupe, dan Casaba Melon.

Kondisi Khusus Budidaya Melon

Tanaman melon sebenarnya dapat di-budidaya pada lahan suhu tinggi antara 30°C hingga 35°C, tapi perlu memperhatikan pengairan yang baik karena tanaman melon memerlukan banyak air pada saat tumbuh.

Kondisi Cuaca Jadi Perhatian Khusus

Pada saat penyemaian benih, temperatur lahan yang sesuai sekitar 26 °C. apabila kondisi temperatur lebih tinggi maka berpengaruh terhadap pertumbuhan tunas pada benih tersebut.

Pada saat tanaman masa pertumbuhan akan memerlukan temperatur antara 35 °C hingga 37 °C, sedangkan saat tanaman berbuah maka proses pembentukan buah hingga matang buah akan memerlukan temperatur antara 26 °C pada siang hari, sedangkan malam hari 16 °C.

Kelembaban udara dibutuhkan tanaman melon masa pertumbuhan antara 70 hingga 80%. Sedangkan  pada saat tanaman melon muda tumbuh hingga dewasa memerlukan kelembaban udara maksimal 80% serta minimal 60%.

Dengan kelembaban terlalu tinggi dapat mengundang organisme penyebab penyakit seperti cendawan atau jamur dan akan berakibat pada kesehatan tanaman.

Sinar matahari langsung sangat baik bagi tanaman melon karena dapat membantu proses fotosintesis, tanaman melon akan menghasilkan buah manis apabila pada fase pembentukan buah sinar matahari yang diterima intensitas tinggi. Hal ini karena pada fase pembentukan buah tanaman memproduksi vitamin C akan tersimpan dalam buah, sehingga kadar gula dalam buah juga meningkat.

Curah hujan yang cocok untuk pertumbuhan tanaman melon ialah berkisar 2.000 hingga 3.000 mm/tahun atau sekitar 166.66 hingga 250 mm/bulan.

Tanaman melon lebih baik ditanam dengan jarak lebih lebar apabila waktu tanam bibit pada musim hujan. Bedeng dibuat untuk lahan tanaman sekitar ± 120 cm dengan tinggi tanah bedeng 50 hingga 60 cm. Mengatur jarak tanam berguna untuk memberi kelembaban yang sesuai untuk tanaman melon saat tumbuh.

Akar tanaman melon hanya mampu menembus tanah sedalam 15 sampai 20 cm, menyebar dengan radius 30 hingga 40 cm. Dengan kondisi seperti itu maka pengairan yang cukup harus dilakukan. Sekian

baca juga: Cara Menanam Melon di Polybag

Setelah memperhatikan kondisi geografis syarat tumbuh melon, selanjutnya langkah budidaya melon adalah pengolahan lahan, penyemaian, cara menanam melon.

Kebun Melonrefrensi:http://bestbudidayatanaman.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Close Menu