Ini dia Tips Sukses Budidaya Ternak Ayam Broiler agar terus bertahan dan apa saja faktor penentu keberhasilan dari usaha tersebut.

Dari tahun ke tahun kebutuhan ayam broiler terus meningkat seiring dengan minat masyarakat mengkonsumsi daging ayam, begitu juga peningkatan terhadap minat usaha peternak ayam broiler. Tetapi kadang tidak disertai dengan kestabilan keuntungan bagi peternak, sehingga seringkali banyak peternak terhenti usahanya.

Budidaya Ayam Broiler

Tips Budidaya Ternak Ayam Broiler

1. Kandang Ayam Broiler
Kandang harus memenuhi syarat teknis untuk kesehatan ternak, antara lain : Tidak bocor, ventilasi cukup dan sinar matahari tidak dapat masuk langsung ke dalam kandang. Jarak antar kandang tidak terlalu rapat, minimal antar kandang selebar satu kandang. Saluran air atau pembuangan di sekitar kandang harus lancar. Lantai kandang harus miring ke satu atau dua arah untuk mempercepat proses pembersihan dan mencegah genangan air dalam kandang. Kandang harus kuat dan tahan lama sehingga tidak cepat rusak.  Tidak sekedar itu masih banyak lagi yang harus diperhatikan untuk menciptakan Kandang Ayam Broiler yang Baik.

2. Peralatan kandang
Peralatan kandang keberadaannya sangat penting seperti tempat pakan (feeder), tempat minuman (drinker), pemanas, seng pelindung anak ayam (chick guard), layar / tirai penutup kandang dan alat semprot (sprayer) harus tersedia dalam jumlah cukup. Jika peralatan kurang dari kebutuhan berdasarkan jumlah ayam, maka dapat menimbulkan masalah seperti, berat standar ayam sulit dicapai, jumlah ayam kerdil akan banyak, mudah datang penyakit, gampang mati dan kualitas ayam secara keseluruhan tidak baik.

3. Anak ayam DOC
Anak ayam umur sehari DOC yang baik mempunyai ciri-ciri : bulu kering dan bersih, berat tidak dibawah standar (minimal ± 39 gr/ekor), lincah, tidak mempunyai cacat tubuh dan tidak menunjukkan adanya penyakit tertentu seperti ompalitis, ngorok ataupun pullorum, hal ini dapat dilihat dari kotoran berwarna putih  melekat pada dubur.

4. Pakan Broiler
Pakan yang baik adalah mengandung zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh ayam (protein, lemak, abu, serat kasar, energi, vitamin dan asam-asam amino).

Hal ini dapat dilihat dari standar kebutuhan zat-zat makanan pada masing-masing periode pemeliharaan, yang sering terlupakan adalah pakan tersebut harus tidak menyebabkan diare, sebab diare dapat menyebabkan litter menjadi basah sehingga konsentrasi amoniak dalam kandang meningkat, akhirnya menimbulkan penyakit dan problem berat badan.

5. Obat Ayam Broiler
Meliputi antibiotik, vaksin dan vitamin dibutuhkan untuk membantu mempertahankan kesehatan ayam, atau  mengobati ayam bila terserang penyakit.

Pemilihan dan pemakaian obat-obatan harus tepat sesuai kasus yang dihadapi. Oleh sebab itu, diagnosa penyakit tidak boleh salah untuk efektif terapi pengobatan. Obat-obatan ini hanya sebagai pendukung, bukan faktor utama ayam menjadi sehat. Karena, faktor utama untuk menghasilkan ayam sehat adalah sanitasi dan tata laksana pemeliharaan yang benar. Obat bagus dan mahal tidak akan bermanfaat bila sanitasi dan manajemen pemeliharaan buruk. Malah dapat menimbulkan kerugian, karena problem penyakit pada Broiler akan sering muncul dan sulit diatasi dan berujung pada biaya produksi tinggi.

6. Manajemen pemeliharaan
Faktor-faktor diatas dapat berfungsi dengan baik bila manajemen atau tata laksana pemeliharaan dijalankan dengan benar. Manajemen yang baik akan meningkatkan efisiensi produksi, sehingga memperkecil beban pengeluaran.

7. Pemasaran Hasil Usaha Ayam Broiler
Pemasaran tidak dapat diabaikan dari keberhasilan suatu usaha. Akan sia-sia kerja baik apabila pemasaran broiler dilakukan kurang rapi dan rencana yang baik. Pemasaran yang baik adalah tepat waktu, memakan waktu singkat dan harga jual tinggi, tentu saja mengikuti harga pasar.

Faktor ketepatan waktu dan lama proses pengangkatan ayam dari kandang sangat penting. Pemasaran terlambat walau hanya satu atau hari saja, akan memperbesar biaya produksi terutama untuk pakan. Sedangkan proses transportasi ayam dari kandang berlarut-larut akan menimbulkan stres pada ayam sehingga resiko kematian ayam.

Demikian sekedar info Tips Sukses Usaha Ayam Broiler semoga bermanfaat.

This Post Has 2 Comments

  1. maaf mau nanya,.. litter yang serbuk gergaji biasa didapat dimana ya ?? tq

  2. di toko bunga yang menyediakan media untuk bunga biasanya ada disana pak, kalau tidak beli langsung aja ke tukang kusen dan tempat 2 lain, terima kasih

Tinggalkan Balasan

Close Menu