Sangkar branjangan yang baik adalah sangkar sesuai dengan sifat burung tersebut. Burung branjangan kalau di alam bebas mempunyai sifat atau kebiasaan suka pada tempat kering, semak kering maupun batuan dan pasir. Branjangn juga suka berjalan dari tumpukan batu ke tempat lain atau dari ranting yang satu ke ranting lain. Hal lain dari burung ini adalah suka terbang tinggi.

Dari mengenal sifat atau karakter branjangan seperti itu maka sangkar branjangan yang baik adalah sesuai dengan sifat burung tersebut. Setuju nggak gan?.

Berarti sangkar branjangan akan di buat seperti lantai sedikit berpasir, berbatu atau mempunyai tenggeran batu dan bentuk sangkar tinggi karena menyesuaikan sifatnya.

Sangkar Burung Branjangan

 

Berikut tips memilih bentuk sangkar burung branjangan

1. Buat alas sangkar burung branjangan dari papan yang kuat yang dapat menahan beban di atasnya. Alas yang yang kuat penting karena nanti akan dimuat pecahan bata, pasir maupun penahan tenggeran dll. Kalau tidak ada papan bisa juga menggunakan triplex yang tebal.

2. Perlu memperhatikan kawat atau logam pengait alas sangkar terpasang dengan kuat, jangan sampai kandang burung kesayangan Andari jebol akibatnya akan fatal.

3. Bentuk sangkar bermacam-macam boleh bulat segi empat, segi enam, dll. Hanya saja yang perlu diperhatikan pada saat burung terbang merentangkan sayap tidak menyentuh dinding jeruji. Lebih baik pilih yang berbentuk bulat atau persegi banyak, persegi enam atau lebih. Bentuk seperti ini lebih kecil kemungkinan sayap branjangan kena jeruji. Diameternya sangkar bisa 40 cm atau lebih besar.

4. Jeruji bisa dari bambu, dari kayu atau kawat. Kalau saran kami dari bambu saja karena lebih alami dan bahan ringan. Pilih bambu yang sudah tua yang telah dikeringkan kalau perlu beri anti rayap agar awet nantinya. Sebelum dipasang bambu di raut sampai halus agar tidak melukai branjangan Andari.

Buat jarak sangkar yang ideal yaitu tidak terlalu rapat dan tidak terlalu renggang. Sebagai contoh saja yaitu jarak antar jeruji tidak bisa kepala burung keluar. Kalau kepala burung tidak bisa keluar itu sudah cukup, jangan dirapatkan lagi.

Untuk membuat sangkar tinggi berarti jeruji harus dibuat lebih panjang. Panjang jeruji sesuaikan saja dengan besar kecil sangkar biar terlihat ideal.

5. Sediakan tenggeran untuk burung Andari. Tempatkan pada posisi tengah, cukup 1 tenggeran saja.. Tenggeran pilih dari batu apung ukuran 8 cm sampai 10 cm. Pemilihan tenggeran bahan batu agar burung merasa di alam bebas. Tenggeran tidak boleh ada yang tajam agar tidak melukai burung kesayangan.

6. Beri bubuk bata yang sudah disaring halus ke dalam dasar sangkar dengan tebal 1 cm sampai 2 cm atau bisa juga menggunakan tanah liat, pasir. Jangan lupa sudah kondisi kering karena branjangan suka suasana kering.

7. Tempatkan wadah pakan dan minum cepuk dan EF lebih rendah dari tempat tenggeran

8. Hal lain: Jangan lupa pada kawat gantung oleskan minyak atau oli agar semut atau binatang lain tidak mau masuk kedalam sangkar. Warna sesuaikan saja dengan kesukaan Andari. Satu hal lagi yaitu sediakan kerodong untuk malam hari.

Demikian semoga membantu membuat atau memilih sangkar burung branjangan yang baik. Dengan kandang yang baik tentu sangat menunjang dan membantu dalam perawatan branjangan sehari-hari, salam.

Tinggalkan Balasan

Close Menu