Kali ini info perawatan ikan Koi baru beli dari pedagang ikan atau dari tempat budidaya. Perawatan ini disebut juga oleh para penggemar karantina koi. Karantina ikan koi sangat perlu dilakukan sebelum melepas ke kolam yang telah disediakan.

Tapi sebelum karantina hal utama yang perlu diperhatikan adalah saat membeli ikan koi, pilih ikan yang sehat ukuran badan pola warna dan lain-lain.

baca: Tips memilih ikan koi yang baik.

Perawatan Koi sebelum dilepas ke kolam bertujuan untuk menjaga kelangsungan hidup ikan, sering kali koi yang  langsung dilepas ke kolam beberapa hari kemudian ikan tersebut mati. Untuk mengantisipasi hal demikian maka karantina perlu dilakukan.

Banyak sekali penyebab ikan tersebut mati, tapi pada intinya adalah terlalu cepat perubahan kondisi dari tempat budidaya atau kantong plastik saat pengiriman dengan kondisi lingkungan kolam di rumah Andari. Perbedaannya seperti kondisi air, suhu, selain itu bisa juga akibat ikan lemah stress selama dalam perjalanan dan ikan sudah terkena penyakit sebelumnya.

Maka dari itu sangat perlu Koi yang baru dibeli mendapat perawatan khusus atau karantina untuk memulihkan kondisi ikan dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar secara perlahan.

Karantina Koi

Peralatan yang dibutuhkan untuk karantina

Sediakan kolam khusus untuk karantina yang bersih dan steril jauh dari gangguan apapun. Kalau tidak ada kolam khusus bisa gunakan tangki untuk tempat ikan selama dalam masa karantina, kalau tidak ada juga Aquarium juga bisa atau apa saja tempat yang cukup untuk menampung Koi, yang penting tidak terlalu kecil terutama panjang saat ikan mau berbelok. Kalau ikan banyak tentu tempat juga yang lebih besar.

Sediakan juga heater untuk mengatur suhu air.

Proses perawatan atau karantina

  1. Isi wadah tempat karantina dengan dengan air yang bersih campur dengan garam ikan sesuai takaran 1 kg/ton,  biasanya 2 kantong atau 3 kantong sesuai banyak air. Campur juga obat obatan untuk ikan yang biasa digunakan, kalau tidak juga tidak apa-apa.
  2. Atur heater suhu air 27 – 30” C. Kalau tidak punya ya sesuaikan saja.
  3. Pertama kantong plastik berisi Koi diapung dulu dalam wadah yang telah disediakan selama kurang lebih 1 jam. Ini bertujuan menyesuaikan suhu air dengan suhu dalam kantong.
  4. Setelah itu buka kantong plastic dan masukan ikan ke dalam wadah karantina, yang dimasukkan ikan saja, air jangan dimasukkan. Karena air yang dibawa dari tempat budidaya koi mengandung obat-obatan dan mungkin juga membawa penyakit.
  5. Ikan jangan diberi makan dulu kurang lebih selama 2 minggu.
  6. Beri tutup wadah untuk menjaga ikan melompat dan tempatkan pada daerah yang tenang jauh dari gangguan apapun.
  7. Setelah 1 minggu suhu air boleh diturunkan perlahan menuju suhu kolam yang sebenarnya.
  8. Setelah kurang lebih 2 minggu lihat kondisi Koi, kalau kondisi ikan sehat sudah boleh dilepas ke dalam kolam.

Kira kira demikian proses karantina setelah itu lanjutkan perawatan ikan koi seperti biasa.

baca juga: Tips perawatan ikan koi yang baik

Banyak orang yang memelihara ikan koi karena sebagian percaya dapat membawa keberuntungan kalau dipelihara dalam jumlah tertentu, ada juga yang percaya keberuntungan dan keselamatan dari corak warna

baca juga: Ikan Koi Membawa Keberuntungan

Demikian tips perawatan koi baru beli atau proses karantina koi, semoga membantu.

This Post Has One Comment

  1. Terima kasih info nya gan sangat banyak membantu dan menambah wawasan saya

Tinggalkan Balasan

Close Menu