Cara perawatan harian burung branjangan hampir sama dengan burung kicau lain, sebut saja kacer kenari lovebird dll. Secara singkat perawatan brajangan yaitu menyediakan kandang beserta perlengkapannya, memberi makan dan minum sesuai kebutuhan, memandikan, menjemur dan menjaga waktu istirahat mereka.

Sebelum merawat branjangan tidak kala penting adalah memilih bakalan yang baik dan juga harus tahu branjangan Andari jantan atau betina

Merawat Brajangan

Agar lebih jelas simak saja yang berikut ini

Pola perawatan harian burung branjangan ( stelan harian )

1. Seperti burung lain branjangan juga senang dengan udara pagi jadi jam 07.00 angin-angin di teras.

2. Kemudian bersiap mandi jam 7.30. Sebelum burung mandi bersihkan kandang terutama kotoran yang telah tercampur dengan bubuk batu bata pada alas kandang. Setelah itu mandikan branjangan dengan sprayer halus semprot sampai basah.

3. Selanjutnya ganti atau tambah pakan burung branjangan dengan biji-bijian seperti millet, canary seed, jewawut, dan gabah.

4. Setelah itu bersihkan tempat air minum dan di tambah air matang yang sudah dingin sebagai air minum.

5. Tambah nutrisi jangkrik kecil sebanyak 2-3 ekor pada cepuk setiap 3 hari sekali, bisa juga  tambah kroto sebanyak satu sendok teh sebagai EF.

6. Burung branjangan dijemur mulai jam 8.00 kira-kira sampai jam 11.00. Waktu penjemuran dalam sehari dapat dilakukan kira-kira 2 sampai 3 jam.

7. Setelah branjangan dijemur, angin-angin kembali di teras atau tempat teduh selama 10 menit agar burung dapat rileks.

8. Kalau sudah siang kira kira jam 12.00, burung boleh didengarkan suara masteran kaset atau bisa juga dengan burung master lain. Terserah bebas.

9. Waktu sore Jam 15.30 branjangan angin-angin kembali di teras atau tempat lain dan beri pakan nutrisi jangkrik 2 pada pada cepuk.

10. Jam 18.00 burung branjangan masukkan ke dalam rumah. Burung boleh di kerodong atau tidak. Tapi lebih baik tidak karena burung branjangan juga suka berkicau pada malam hari, kalau lagi galau kan enak dengan suara tit cek cit.

Wah emang repot perawatan burung kicau ya, dari pagi sampai sore sampai malam tak terlepas dari burung, tapi kalau sudah hobi tidak masalah apa lagi burung sudah jadi rasa capek akan lenyap seketika. Bukankah begitu kawan?. Kalau ingin kenal branjangan Andari dari daerah mana coba yang ini.

Demikian tips perawatan harian burung branjangan dari kami semoga bermanfaat, salam.

Tinggalkan Balasan

Close Menu