Perawatan harian Cucak Rowo berbeda dengan perawatan Cucak Rowo untuk lomba. Hal utama yang perlu dipahami adalah karakter burung kicau itu sendiri. Itulah sebabnya perlakuan harian tidak sama dengan perlakuan lomba.

Burung Cucak Rowo termasuk sulit beradaptasi dengan lingkungan baru. Dia juga mudah kaget atau stres jika ada yang mengganggu kenyamanan mereka. Bahkan Cucak Rowo pada saat tertentu memiliki tingkat stres tinggi jika Dia merasa terancam.

Burung Cucak Rowo termasuk burung semi fighter, tidak petarung murni. Sifat petarung mereka muncul jika merasa terganggu untuk menjaga daerah mereka dengan tingkat birahi tinggi.

Perawatan Cucak Rowo

Tapi Cucak Rowo juga mudah jinak jika perlakuan dan perawatan baik pada mereka, terutama pada pemilik. Maka dari itu butuh ketekunan dan konsisten merawat Cucak Rowo.

Perawatan Harian Cucak Rowo

Pemilihan Sangkar
Cucak Rowo termasuk burung gesit jadi sebaiknya tempatkan pada sangkar besar. Dalam sangkar besar Cucak Rowo lebih leluasa bergerak, dia akan merasa lebih nyaman. Usahakan menggunakan sangkar segi empat ukuran 50 x 50 x 70 cm.

Pakan Cucak Rowo
Perawatan Cucak Rowo yang baik tidak harus memberi pakan banyak tapi beri pakan secukupnya. Usahakan pakan habis dalam satu hari. Artinya setiap hari pakan harus diganti.

Pakan buah-buahan, sebaiknya diberi buah apel, sebagai selingan bisa diberi pakan pisang gepok. Ingat porsi pakan habis dalam sehari. Jika cuaca panas, buah-buahan bisa diganti dengan pepaya yang memiliki kandungan air lebih tinggi.

Pakan Extra Food, Cucak Rowo bisa diberi jangkrik, ulat bambu, ulat hongkong, kroto, tergantung mana yang mudah didapat. Jika mau lebih bagus yaitu ulat pisang. Kenapa demikian, ulang pisang merupakan makanan kesukaan Cucak Rowo di habitat aslinya di alam bebas.

Pemberian ulat hongkong lebih berhati-hati, jangan terlalu banyak cukup 3 ekor saja. Jika kebanyakan ulat hongkong dapat mengakibatkan pengerasan tembolok burung dan menyebabkan berkurang nafsu makan serta berak encer warna putih.

Memandikan Cucak Rowo
Cucak Rowo termasuk burung suka mandi maka dari itu usahakan mandi dua kali dalam 1 hari. Mandikan Cucak Rowo pagi sebelum jam 8 dan sore antara jam 2 – 3 sore.

Penjemuran Cucak Rowo
Lakukan penjemuran setelah mandi, sambil memberi pakan extra food serangga

Kerodong
Pengerodongan dilakukan setelah penjemuran dan pada malam hari.

Cara Memaster Cucak Rowo
Memaster atau mengisi suara Cucak Rowo bisa dilakukan setiap hari yaitu pada saat penjemuran dan saat istirahat di malam hari. Dua waktu tersebut saat yang tepat mengisi suara Cucak Rowo.

Saat memaster Cucak Rowo usahakan suasana tenang jauh dari kebisingan dan suara-suara lain. Usahakan Cucak Rowo saat pemasteran dikerodong. Ini sebenarnya berfungsi agar burung tenang, kalau di tempat sepi bisa juga tidak dikerodong seperti di alam yang tenang.

Memaster Cocak Rowo bisa menggunakan burung yang sudah jadi atau menggunakan suara elektronic. Jauhkan burung master atau kecilkan suara elektronic agar Cucak Rowo lebih konsen. Seperti orang berguru saja menghapal ajian, mereka butuh konsentrasi.

Itulah beberapa tahapan cara perawatan harian burung Cucak Rowo. Sekali lagi perawatan burung butuh pengetahuan dan konsisten.

Perawatan Cucak Rowo Untuk Lomba

Perlakuan Cucak Rowo untuk lomba berbeda dengan perawatan harian terutama dalam pemberian EF dan kerodongan.

Perawatan Cucak Rowo untuk lomba ini saya kutip dari seorang teman yang sering mengikuti lomba dan mudah-mudahan bisa membantu Agan-agan sekalian disini.

Menurut mereka perawatan untuk lomba hal utama adalah memahami karakter dan kesenangan Cucak Rowo masing-masing.

Masing-masing burung mempunyai karakter dan kesenangan berbeda walau perbedaan tidak terlalu jauh. Kesenangannya dan karakter masing-masing burung ini yang harus di pacu agar saat lomba power full.

Nah ini salah satu contoh rawatan Cucak Rowo untuk lomba.

Perawatan Sebelum Lomba
Berikan EF cukup 3 ekor jangkrik setiap sore. Mandi cukup dua hari sekali yaitu sore sekitar jam 2.30. Setelah itu langsung jemur pada tiang kerekan sampai sore jam 4 atau sampai jam 5. Berikan 10 kroto besar calon ratu seminggu sekali atau setiap hari Sabtu

Perawatan Cucak Rowo Mendekati Hari H
Tiga hari sebelum lomba burung full kerodong, dibuka hanya ketika hendak memberi makan.

Parawatan Cucak Rowo Hari H
Sore, sehari sebelum lomba burung dimandikan sedikit, hanya terlihat basah saja. Setelah itu burung diberi makan jangkrik sebanyak-banyaknya, sampai dia tidak mau makan. Berikan juga 10 kroto besar setelah diangin-angin burung dikerodong kembali.

Pagi hari sebelum lomba berikan 3 ekor jangkrik. Ingat burung jangan dimandikan sampai selesai lomba.

Hal Lain Karakter Burung
Usahakan Cucak Rowo tidak bertemu dengan dengan Cucak Rowo lain selama persiapan kecuali saat lomba.

Usahakan juga burung tidak terlalu jinak, ini menghindari Cucak Rowo turun ke lantai melihat pemilik minta makan.

Lebih baik burung untuk lomba Cucak Rowo tangkapan dari hutan dari pada Cucak Rowo Ring atau Cucak Rowo hasil ternak. Mental Cucak Rowo tangkapan lebih kuat dari Cucak Rowo ternak. Tapi asumsi ini tidak semua benar artinya Cucak Rowo Ring juga bisa dipakai buat lomba.

Kesimpulan perawatan Cucak Rowo bisa saja berbeda burung satu dengan burung lain, tergantung kebiasaan. Maka dari itu jangan terlalu sering mengganti kebiasaan burung. Intinya dalam perawatan burung Cucak Rowo adalah konsisten dan ketekunan.

Tinggalkan Balasan

Close Menu