Pencahayaan ayam petelur yang baik merupakan salah satu bagian yang perlu diperhatikan, bersama dengan pekerjaan beternak lain. Pekerjaan lain yang kami maksud adalah memberi pakan dan minum berkualitas sesuai kebutuhan pada ayam, mengontrol suhu kandang,  menjaga berat badan ayam layer dan lain-lain.

Penjelasan dua item tersebut bisa dibaca disini:
• Tata Cara Pemberian Pakan Ayam petelur Layer
Suhu Ideal Kandang Ayam Petelur

Ayam petelur sangat sensitif terhadap cahaya, oleh karena itu sangat penting menyesuaikan program pencahayaan sesuai dengan perkembangan pertumbuhan pullet dan sesuaikan juga program stimulasi cahaya sesuai seleksi genetik ayam.

Selain itu pengaturan cahaya pada ayam petelur berguna juga untuk menyesuaikan dengan permintaan pasar, berapa berat telur yang diminta.

Lampu Ayam Petelur

Menurut Pak Sopyan Haris yang sudah sangat berpengalaman dalam bidang usaha ternak ayam petelur. Ada dua faktor yang harus diperhatikan pada program pencahayaan. Dua hal tersebut adalah faktor intensitas (light intensity) dan faktor durasi (light duration).

Apa itu intensitas pencahayaan dan durasi pencahayaan ayam petelur? Intensitas pencahayaan ayam petelur yaitu banyak cahaya yang diberikan dalam hitungan Lux. Sedangkan durasi pencahayaan ayam petelur yaitu lamanya waktu pencahayaan berdasarkan umur masing-masing ayam.  Lebih jelasnya seperti dibawah ini

Pencahayaan Ayam Petelur

Intensitas Pencahayaan
1. Umur 1 minggu –> 40 – 50 Lux
2. Umur 2 – 17 –> 15 – 20 Lux

Durasi Pencahayaan
1. Umur 1 minggu –> 22 – 23 jam
2. Umur 2 minggu –> 21 jam
3. Selanjutnya kurangi durasi pencahayaan menjadi 10 sampai 12 jam pada umur 9 atau 10 minggu tergantung dari target berat telur yang dikehendaki.

Warna cahaya juga akan memberi pengaruh pada aktifitas pullet. Pada umur awal pullet sebaiknya diberi cahaya warna putih, ini bertujuan agar memberi kesempatan pada pullet beradaptasi dengan tempat pakan dan minum.

Langkah selanjutnya cahaya boleh diganti dengan warna hijau atau biru agar memberi kesan suasana tenang pada kandang pullet. Warna hijau bisa diberikan sampai umur ayam pra-layer.

Agar pencahayaan tertata dengan baik bisa direncanakan dari awal yaitu dari pembuatan kandang ayam petelur. Berapa banyak lampu pencahayaan yang ingin diberikan. Ingin tahu cara membuat kandang ayam petelur lebih jelas disini.

baca: Tata Cara Membuat Kandang Baterai Ayam petelur

Demikian cara pemberian pencahayaan ayam petelur  yang baik agar usaha ternak mencapai hasil maksimal. Semoga dapat membantu dan salam sukses. Jika artikel ini bermanfaat tolong bagikan ke teman.

Tinggalkan Balasan

Close Menu