Tata cara persiapan benih dan pembibitan bawang daun sangat penting untuk diketahui jika ingin menanam sayuran ini. Persiapan benih dan pembibitan tidak dapat dipisahkan sebagai langkah awal menanam tanaman. Menanam bawang bisa dilakukan di lahan sempit di pekarangan rumah atau lahan pertanian yang luas berskala budidaya.

Bawang daun adalah tanaman sayur digunakan sebagai campuran masakan. Banyak masakan yang menggunakan campuran tanaman ini seperti berbagai sayur bening dicampur bayam, wortel, tomat, bisa juga campuran telur dadar dan lainnya.

Bawang daun merupakan tanaman se-musim, tidak bercabang, berwarna hijau. Mempunyai daun tunggal berupa roset mempunyai bunga putih atau hijau. Bawang daun mempunyai akar serabut, memiliki buah warna hijau dengan biji kecil-kecil putih. Jenis yang banyak ditanam adalah bawang pre dan bawang semprong.

Langkah awal budidaya bawang daun yaitu persiapan benih, pembibitan, penanaman, pemeliharaan dan terakhir panen. Info kali ini persiapan benih dan pembibitan

Persiapan Benih Bawang Daun

Dari mana benih bawang daun didapat?

Benih bawang daun bisa dari biji dan bisa juga dari tunas anakan. Benih bisa didapat dari toko pertanian yang sudah bagus kualitasnya dan bersertifikat. Pilih saja salah satu, informasi saja pada umumnya petani lebih banyak menggunakan tunas anakan disebut juga setek tunas.

Jika memilih setek tunas bisa didapat dengan cara memisahkan anakan dengan bawang yang sudah besar. Anakan untuk ditanam kembali yang besar untuk dikonsumsi. Syarat memilih benih yaitu tumbuh subur, sehat tidak ada hama penyakit. Bawang daun yang baik akan terlihat tumbuh lebih besar dari lainnya.

Untuk kebutuhan benih luas area tanam 100 m2 membutuhkan 2000 setek tunas sekitar 20 kg benih.

Jika memilih benih dengan setek tunas, bawang bisa langsung ditanam pada lahan tanam, tapi jika menggunakan benih harus disemai dulu di lahan semai seperti berikut ini.

Benih Bawang Daun

Cara Pembibitan Bawang Daun

Jika bawang dari benih langkah tahapan pembibitan seperti berikut:

  1. Buat bedeng persemaian terlebih dahulu ukuran 1 m x 2 m.
  2. Cangkul lahan agar tanah menjadi gembur
  3. Campur tanah persemaian dengan dengan 5 kg pupuk kandang, setelah itu cangkul kembali untuk mencampur dan ratakan dibagian atas
  4. Taburkan benih bawang daun diatas tanah semai setelah itu tutup dengan tanah tipis-tipis saja
  5. Siram lahan persemaian setiap pagi dan sore hari dengan spray halus secukupnya. Mudah-mudahan bibit akan tumbuh seminggu kemudian
  6. Pindahkan bibit bawang ke lawan tanam setelah tumbuh 2 sampai 3 helai daun.

Selanjutnya untuk budidaya, menanam bibit di lahan tanam bawang daun.

Demikian cara pembibitan bawang daun. Emang lebih praktis mulai dari setek anakan tanpa melalui pembibitan, tapi hal itu hanya bisa dilakukan jika sudah panen pertama.

Tinggalkan Balasan

Close Menu