Ada 2 peluang usaha ikan Koi hanya dengan modal kecil. Dari hasil telusuran kami yang tadinya kawan-kawan hanya sekedar hobi memiliki beberapa ekor ikan Koi mulai berfikir dijadikan usaha kecil kecilan. Dengan berjalannya waktu seiring dengan semakin memahami perawatan dan seluk-beluk ikan Koi, usaha makin berkembang dan menguntungkan.

Usaha Ikan Koi

Bisnis ikan hias ternyata cukup memberi keuntungan bagi banyak orang, aneka ragam ikan hias baik air tawar dan air laut dapat menjadi usaha. Pebisnis pedagang dan penggemar dapat meraup keuntungan, salah satu ceruk pasar yang bisa diisi adalah budidaya ikan Koi. Bahkan kalau di Jepang usaha Koi sudah menjadi industri dikelolah dengan baik.

baca juga: 17 Jenis Ikan Koi Menurut Warna

Kenapa ikan Koi memiliki peluang usaha bagus?

Ikan Koi sebenarnya masih merupakan keluarga ikan Karper atau ikan Mas yang telah mengalami serangkaian kawin silang sehingga menghasilkan ikan berwarna-warni nan indah dipandang. Sehingga pola pemeliharaan menyerupai dengan pola pemeliharaan ikan mas. Sangat mudah tentunya.

Ikan Koi merupakan Ikan Hias air tawar memiliki harga yang relatif stabil, tidak mengalami musiman seperti ikan Louhan dan beberapa ikan hias lain. Harga Ikan Koi benar-benar ditentukan oleh kualitas bukan permainan pedagang.

Harga ikan Koi sangat bervariasi mulai dari harga murah sampai harga mahal. Ikan Koi berkualitas baik dan telah meraih juara dalam sebuah kontes koi akan dilelang dengan harga puluhan juta, tergantung level event lomba tersebut.

Harga ikan Koi secara tidak baku akan diklasifikasikan berdasarkan kualitasnya. Kualitas paling rendah akan dihargai setara dengan Ikan Mas konsumsi.

Setelah itu naik diatas kualitas Konsumsi di klasifikasi dalam Grade A, B,C dan seterusnya. Kualitas show tentu memiliki harga yang paling tinggi. Koi dengan Kualitas show harus memenuhi standard-standard dalam penjurian seperti ketajaman warna, kebersihan kulit, bentuk tubuh, pola warna dan lain sebagainya.

Dalam satu peranakan Ikan Koi akan menghasilkan beraneka ragam kualitas dari mulai konsumsi atau biasa dengan Koi Kropyok sampai grade yang lebih tinggi. Jika beruntung akan mendapatkan Koi dengan Kualitas show.

Kunci utamanya adalah pada indukan yang baik dan perawatan. Indukan Koi yang baik dan dalam kelas Koi show akan menurunkan anakan berkualitas show. Dengan Indukan yang baik mendapatkan Koi dengan Kualitas show 5% saja sudah cukup baik.

baca juga: Ingin Koi Juara, Perhatikan Hal Ini

Meski demikian bisnis budi daya ikan Koi tetap saja menawarkan keuntungan, jika tidak dapat Koi dengan kualitas kontes kita masih bisa mendapatkan Koi yang dihargai lebih tinggi dari ikan Konsumsi.

Peluang Usaha Ikan Koi

1. Budidaya Usaha Ikan Koi

Bisnis Budi daya Ikan Koi merupakan hal mudah dari rangkaian bisnis lainnya. Berbekal indukan Koi dan lahan cukup sudah bisa usaha ini dijalankan. Indukan yang baik biasanya didatangkan dari Jepang harganya tentu cukup mahal.

Jika terlalu sulit atau mahal, Indukan Koi Lokal juga cukup sebagai modal untuk memulai usaha ini. Dengan membeli indukan Koi, kita sudah bisa menghasilkan anakan Koi dari beragam kualitas, dengan cara mensortir dalam setiap periode budidaya.

baca juga: Cara Budidaya Ikan Koi

2. Pembesaran Usaha Ikan Koi

Bisnis pembesaran ikan Koi juga banyak dilakukan oleh pebisnis atau petani. Dengan cara membeli benih berukuran kecil kemudian dibesarkan sampai ukuran tertentu kemudian dijual. Dengan demikian mengurangi kerumitan dalam memijah Koi.

Sebagai pemula akan terasa rumit memijah sendiri ikan Koi, dengan membeli benih akan lebih mudah usaha dimulai. Membeli benih dari penghobi mempunyai kesulitan mencari Indukan Koi Kualitas bagus. Sulit karena biasanya  koi yang bagus dibesarkan sendiri oleh pemilik.

Mereka telah disortir sendiri ikan-ikan yang berkualitas bagus untuk mereka besarkan. Tapi tidak masalah nanti setelah beberapa periode dari hasil kawin silang kita juga dapat indukan yang bagus

baca juga: Cara Memilih Ikan Koi Yang Baik

Pembesaran Ikan Koi idealnya dilakukan pada kolam lumpur atau sawah, kadang dikombinasi dengan model menanam padi atau tanaman lain. Anakan Koi lokal berukuran 3-4 cm ( kurang lebih usia 40 hari) akan dihargai lebih tinggi. Ikan yang tidak masuk sortir akan dihitung secara kiloan, harga sedikit lebih tinggi dari ikan mas konsumsi.

Belum lagi jika dari anakan tersebut ada Koi yang berpotensi bagus, akan menjadi keuntungan tersendiri bagi petani.

baca juga: Cara Memelihara Ikan Koi Yang Baik

Itulah dua peluang usaha dari ternak ikan Koi dari budidaya dan usaha pembesaran. Kira kira minat usaha ini ayo buruan dan semoga sukses.

Tinggalkan Balasan

Close Menu