Ada beberapa pilihan peluang usaha Ibu Rumah Tangga tahun 2019. Beberapa usaha sudah kami pilih dibawah ini tergolong gampang dan mudah dijalankan oleh Ibu-ibu. Kami sudah seleksi juga usaha sampingan bisa dijalankan sambil menjaga anak-anak mereka. Jadi tidak mengganggu tugas utama mereka sebagai Ibu.

Hal paling penting lagi usaha dijalankan dengan modal kecil dan bahkan ada usaha bisa dijalankan tanpa modal. Maksudnya tanpa modal adalah menggunakan fasilitas sudah ada sebelumnya tanpa harus membeli lagi khusus untuk usaha. Tapi memang sedikit sekali usaha tanpa modal seperti itu, contohnya jemput antar anak ke sekolah, les privat dan lain-lain.

Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga

Banyak usaha bisa dijalankan oleh Ibu Rumah Tangga, asal punya kemauan dan memiliki sedikit waktu luang. Hal paling mudah melihat peluang usaha adalah mulai dari sekitar kita terlebih dahulu. Mulai dari hobi, dari kegiatan sehari-hari. Dari sanalah terlihat apakah bisa menjadi suatu peluang usaha atau tidak.

Kenapa demikian, karena kalau dimulai dari hobi atau kegiatan sehari-hari, kita sudah terbiasa melakukannya. Tidak banyak kendala akan dihadapi, walaupun ada kendala lebih mudah mengatasi ketimbang memilih usaha baru yang belum dikenal sebelumnya. Dengan demikian usaha akan berjalan dan bertahan lama.

Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga

1. Menjual masakan lauk pauk

Masakan lauk pauk merupakan peluang usaha bisa dijalankan oleh Ibu Rumah Tangga karena sudah menjadi pekerjaan sehari-hari. Tinggal menambah jumlah masakan. Ingat usaha ini, hanya menjual lauk pauk dan sayuran sudah masak saja. Anda bisa menyediakan estalase di depan rumah untuk memajang masakan telah dibungkus dalam porsi sebelumnya.

Ini menjadi suatu peluang usaha jika ditempat tinggal Anda banyak Ibu-ibu lain sibuk kerja formal, mereka tidak sempat memasak untuk keluarga mereka, entah itu karena kerja formal atau alasan lain, berangkat pagi pulang sore. Biasanya mereka tinggal di Komplek Perumahan dimana Ayah dan Ibu kerja di luar rumah.

2. Usaha kue basah

Masih soal masak-memasak usaha berikut adalah membuat kue basah atau goreng pisang . Usaha ini sangat mudah dijalankan hanya perlu sedikit keahlian membuat kue seperti risol, dadar gulung, goreng pisang, bakwan dan lain sebagainya.

Usaha ini kalau dijalankan bisa menambah penghasilan keluarga. Bisa dijual sendiri didepan rumah atau titip ke pasar atau toko terdekat. Pagi hari diantar, siang atau sore dicek kembali sambil mengambil hasil jualan. Jika ingin mendatangkan penghasilan lebih Anda harus jual sendiri di pasar dengan jenis ragam kue lebih banyak.

3. Laundry

Usaha Laundry juga bisa dijalankan oleh Ibu Rumah Tangga. Mencuci pakaian sudah biasa dikerjakan sehari-hari, jadi tidak akan banyak kesulitan. Usaha Laundry bisa di jalankan dari rumah tidak harus menyewa tempat usaha. Dengan membuat spanduk atau tulisan di depan rumah bahwasanya ” Kami Menerima Laundry”.

Modal utama harus sedia mesin cuci dan alat setrika. Sebagian rumah tangga sudah punya mesin cuci tentu bisa dimanfaatkan. Tapi kalau pelanggan sudah mulai banyak tentu perlu membeli mesin cuci yang memadai. Soal tenaga bisa dikerjakan sendiri atau memanfaatkan pembantu rumah tangga. Lain hal jika usaha sudah mulai berkembang tentu perlu menambah pegawai.

4. Jemput antar sekolah

Melihat transportasi umum di beberapa kota di Indonesia belum begitu baik maka hal ini bisa jadi suatu peluang usaha. Sekarang banyak Ibu-ibu mengantar anak mereka ke sekolah mengunakan mobil atau sepeda motor. Sementara ada juga anak tidak sempat diantar oleh orang tua mereka, jika naik angkutan umum khawatir dengan keamanan, tidak tepat waktu dan berbagai alasan lain.

Jika kondisi demikian dekat rumah Anda, bisa menjadi peluang usaha. Dimulai dengan menawarkan bersedia mengantar jemput ke sekolah. Dari teman sekolah anak kita dulu, sekalian mengantar anak kita sendiri. Biasanya jika sudah terlihat tetangga atau teman lain mulai banyak yang mau menerima jasa jemput antar sekolah.

5. Usaha jahit

Usaha jahit merupakan salah satu jenis pekerjaan telah berlangsung lama dari zaman dahulu. Sampai sekarang masih bisa eksis walau sedikit berkurang karena zaman sekarang mudah mendapatkan pakaian jadi. Pakaian sudah banyak dijual di mall atau bisa juga lewat online shop. Masalahnya pakaian jadi punya kekurangan dari segi ukuran dan belum tentu enak dipakai bagi semua orang.

Kondisi demikian bisa dimanfaatkan oleh Ibu Rumah Tangga punya keahlian dalam tata busana. Usaha bisa dimulai dari rumah dikerjakan pada saat waktu senggang. Pelanggan berawal dari dari kenalan dan tetangga terlebih dahulu baru kemudian berkembang dari mulut ke mulut. Jika hasilnya bagus pelanggan puas tidak tertutup kemungkinan menjadi peluang usaha baru menjanjikan.

6. Catering sekolah

Catering sekolah termasuk usaha makanan modal kecil. Usaha ini memang sudah tidak asing lagi tapi masih memiliki prospek bagus. Bahkan kalau digeluti dengan sungguh-sungguh dapat menjadi pekerjaan utama.

Banyak sekolah akhir-akhir ini waktu belajar-mengajar sampai siang bahkan sampai sore hari, kondisi demikian anak perlu mendapatkan asupan energi baru setelah lama belajar. Peluang tersebut paling banyak di sekolah swasta. Kita bisa menyediakan nasi beserta lauk dalam rantang dengan cara bekerja sama dengan kantin sekolah. Anda perlu sedikit keahlian mengajukan proposal ke sekolah sekitar tempat tinggal.

7. Jualan online

Bagi Ibu Rumah Tangga yang selalu pegang gadget bisa dimanfaatkan untuk jualan online. Dengan demikian hobi tidak terganggu malahan dapat penghasilan tambahan. Barang yang dijual bisa apa saja, tergantung produk apa yang ada ditempat Anda. Bisa menjual pakaian, aksesoris, kebutuhan sehari hari atau makanan.

Tempat jual online bisa dimulai dari grup media sosial dulu seperti whatsapp, facebook, twitter dan lain-lain. Bisa juga dengan membuka online shop di situs yang sudah banyak kita kenal seperti tokopedia.com, lazada.co.id, bukalapak.com, shopee.co.id dan masih banyak lainnya yang bisa dijadikan mitra usaha.

Membuat online shop sangat mudah Anda hanya perlu email, pendaftaran gratis. Hanya saja Anda harus sedikit punya keahlian dalam mengelolah layaknya sebuah toko agar bisa bersaing dengan toko lain agar cepat maju.

8. Les privat

Menjadi guru les privat bisa juga sebagai usaha sampingan Ibu Rumah Tangga. Kalau Anda sedikit memiliki ilmu formal lulusan Universitas tapi tidak bekerja di luar rumah les privat bisa jadi pilihan. Tidak harus dari lulusan sekolah guru untuk menjalankan usaha ini tapi hanya perlu belajar komunikasi cara penyampaian ke anak didik.

Caranya juga hampir sama, mulai dari mengajar anak sendiri dan anak tetangga. Mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dengan mata pelajaran umum. Mungkin saja dimulai dari tanpa biaya nanti setelah Anda memiliki percaya diri baru dibuatkan tarif. Menjadi guru les privat bisa juga dengan mendaftar ke lembaga penyedia layanan les privat. Cari lembaga les privat sekitar lokasi tempat tinggal Anda dan coba daftar disana.

9. Penitipan anak

Jasa penitipan anak sudah ada dari dulu. Ada orang tua tidak ada waktu untuk mengasuh anak mereka karena bekerja di luar rumah, mereka pergi pagi pulang sore. Tentu saja anak mereka perlu pengasuh, kondisi demikian tentu jadi peluang bagi orang tua yang tidak bekerja secara formal.

Kalau zaman dahulu anak yang masih kecil titip ke saudara atau ke pengasuh dengan imbalan bulanan. Kondisi sekarang bisa juga dibuat demikian dengan membuat jasa penitipan anak. Jumlah anak tidak hanya satu orang tapi beberapa anak. Tempatnya dibuat seperti taman bermain dengan beberapa pengasuh sudah berpengalaman.

10. Jus buah

Usaha jus buah banyak kita jumpai di pinggir jalan. Mereka membuka kios khusus menyediakan berbagai rasa jus buah. Selain membuat kios jus buah juga bisa dijual dengan cup plastik. Cup plastik berupa gelas lengkap dengan tutup. Sekarang sudah sangat mudah kita beli di tempat aksesoris kue. Hal ini bisa kita manfaat jadi peluang satu usaha.

Jus buah dengan berbagai rasa di kemas dalam cup plastik titip di toko atau di kantin sekolah. Pagi diantar, sore diambil kembali hasil dagangan. Besar kemasan jus buah juga bervariasi ada yang besar, sedang dan kecil. Sesuaikan saja dengan kondisi setempat atau dengan daya beli konsumen. Dengan demikian jus buah bisa menjadi usaha sampingan.

baca juga: 10 Usaha ternak menjanjikan dengan modal kecil

Demikian beberapa usaha Ibu Rumah Tangga 2019 dengan modal kecil yang bisa dijalankan tanpa mengganggu tugas utama mereka sebagai Ibu.

Tinggalkan Balasan

Close Menu