Info kali ini yaitu pakan burung Lovebird yang baik pada masa perawatan atau stelan harian. Selain pakan Lovebird sehari-hari masih ada pakan Lovebird pada masa perkawinan dan pakan anak burung Lovebird yang masih piyik. Untuk kali informasi kali ini khusus pada pakan sehari-hari karena ini penting dalam memelihara burung Lovebird terutama dalam perawatan. Pakan burung Lovebird ini sebenarnya sudah pernah di singgung pada artikel tips perawatan Lovebird

baca : Tips perawatan Lovebird yang baik

Makanan burung Lovebird ini kami dapat dari mengumpul informasi dari berbagai sumber, tapi jangan kuatir tetap dari sumber yang terpercaya.

Lovebird Afrika

 

Pakan Lovebird yang baik

Meninjau sejenak pakan Lovebird waktu masih di alam. Lovebird makan biji-bijian, buah-buahan dan sayuran. Mereka makan tanpa ada kontrol, kalau ketemu sayur ya makan sayur, kalau ketemu buah ya makan buah, tapi walau demikian mereka terlihat sehat-sehat saja tanpa ada masalah.

Bagaimana dengan Lovebird yang dipelihara dalam sangkar? Menurut para pakar peternak sebaiknya Lovebird yang dipelihara di kandang kurangi makanan banyak mengandung lemak seperti kacang-kacangan dan lain-lain. Dengan alasan burung yang dipelihara dikandang kurang banyak bergerak dari pada burung yang ada di alam. Jadi kalau terlalu banyak lemak dapat memicu burung kegemukan. Kalau sudah kegemukan Lovebird macet berkicau dan malas bergerak.

Lalu apa pakan Lovebird terbaik? Lihat berikut ini

  • Lovebird diberi pakan setiap hari sayuran segar seperti brokoli, toge, bayam, sawi, kangkung, jagung secara bergantian
  • Berikan buah seperti apel, pisang, pepaya dengan tenggang waktu 2 atau 3 kali seminggu. Sebagai catatan pada saat memberi buah apel, pastikan bijinya sudah terbuang semua. Berbahaya bagi Lovebird kalau sampai termakan biji apel, jadi berhati-hatilah.
  • Bij-bijian diberikan sedikit saja.
  • Tambahkan susu cair seminggu cukup sekali saja.
  • Jangan diberi pakan alpukat, cokelat atau kopi karena tidak baik bagi burung ini.

Sebagai tambahan saya juga dapat info begini:
Sediakan pasir grit atau totok cumi didalam kandang, ini berguna untuk membantu pencernaan burung.

Sekian untuk pakan Lovebird sehari-hari. Kalau akan diternak lain lagi terutama pada masa kawin mereka. Untuk pakan masa kawin dilanjut setelah ini. Sebelum pakan Loverbird masa kawin yang ini juga bagus yaitu bagaimana cara ternak burung ini. Banyak hobiis yang ingin berternak Lovebird karena memang banyak penggemarnya dan harga burung lovebird ini juga masih bagus.

baca : Cara ternak burung Lovebird

Semoga tulisan ini dapat membantu, salam.

Tinggalkan Balasan

Close Menu