Meningkatkan homing burung merpati adalah salah satu pekerjaan sekaligus hobi para penggemar merpati, terutama merpati pos. Setiap penggemar merpati tugas ini tidak bisa dielakkan, karena keberhasilan menciptakan merpati berkualitas sangat diukur dengan homing burung itu sendiri.

Itu juga yang dilakukan orang bagaimana agar Merpati cepat pulang ke Kandang. Dengan demikian bisa juara di arena lomba bisa menjadi Merpati termahal di Dunia.

baca juga: Merpati Termahal di Dunia terjual Rp20 Miliar

Tapi menciptakan homing merpati yang baik tidak mudah, perlu kerja keras dan latihan yang panjang. Selain itu juga harus mengerti apa yang di lakukan. Oleh karena itu kami mencoba memberi tips untuk meningkatkan homing merpati bagi pemula dan mencoba menjelaskan pengertian dari homing itu sendiri.Homing Merpati

Homing

Homing adalah kemampuan burung merpati untuk pulang kembali ke kandang mereka meski di lepas dari jarak yang jauh sekalipun.

Pendapat Umum

Kemampuan pulang ini yang menjadi daya tarik burung merpati. Banyak pertanyaan yang belum terjawab sebenarnya, apa yang menyebabkan burung ini mampu pulang ke kandang meski dilepas dari jarak puluhan Km.

Ada yang mengatakan burung merpati mempunyai navigasi untuk pulang, ada juga yang bilang mempunyai medan magnet untuk menemukan jalan pulang. Dan yang lain mengatakan mempunyai daya penciuman yang tajam sehingga dapat mencium bau kandangnya, ada juga yang bilang ada sensor pada bagian paruhnya untuk mencari arah pulang.

Ada juga tulisan yang saya baca yaitu dari wikipedia, merpati dapat kembali pulang walau dilepas dari ratusan km yaitu karena 2 hal :

  1. Merpati mempunyai informasi yang disebut dengan “peta akal’ ini adalah dapat membaca lokasi geografis mereka.
  2. Selanjutnya merpati mempunyai “rasa akal”, yaitu kemampuan mereka untuk terbang dari lokasi baru ke kandang mereka.

baca juga: Jenis jenis Merpati Bagus Lagi Naik Daun

Pendekatan Pendapat

Walau pendapat diatas sulit untuk di buktikan, saya tertarik dengan salah satu tulisan kira kira seperti dibawah ini.

Burung merpati mempunyai kemampuan kuat dalam mengingat benda di sekeliling dan dapat memetakan apa yang sudah dilihat juga dibantu dengan mata tajam yang mampu melihat jarak jauh dan kemampuan terbang.

Hal tersebut membuat mereka mampu pulang kembali ke kandang walau dilepas dari jarak yang sangat jauh.

Itu karena merpati dengan homing baik telah melihat berkali kali benda-benda yang ada sekeliling  kandang mereka. Semakin sering mereka dilepas semakin kuat kemampuan mereka untuk mengingat lokasi kandang.

Semakin jauh tempat pelepasan mereka semakin banyak benda yang menjadi tanda-tanda mereka dapat kembali ke rumah.

Pendapat ini dapat dibuktikan seperti contoh berikut. Melepas 2 ekor merpati tapi dengan pengalaman terbang yang berbeda.  Pertama merpati yang sudah dilatih ( sering terbang ) dari kecil dengan merpati yang hanya terbang setelah dewasa dilepas dari jarak jauh contoh 5 Km akan berbeda hasilnya.

Merpati yang sudah dilatih dari kecil akan pulang ke kandangnya sedangkan merpati baru sekali terbang besar kemungkinan tidak kembali.

baca juga: Cara Ternak Merpati

Meningkatkan Homing Merpati

Melihat dari dua contoh merpati diatas, berarti kemampuan merpati untuk pulang berbeda beda ada yang dapat pulang, ada juga yang tidak pulang, tentu ada juga merpati pulang tapi memerlukan waktu yang lama dan sebagainya.

Kemampuan pulang merpati dapat diartikan dari bakat dan latihan terbang berulang kali. Kemampuan bakat merpati tidak bisa di ukur karena emang sudah bawaan lahir. Kemampuan dari latihan terbang dapat direncanakan sebaik mungkin.

Walau semua merpati mempunyai bakat untuk pulang ke kandang, tapi dari berbagai jenis merpati kemampuan pulang merpati pos adalah yang paling baik.

Jadi bagaimana meningkatkan homing merpati?

  1. Paling baik merpati di ternak sendiri dengan demikian mereka sangat mengenal kandangnya dan benda benda di sekelilingnya.
  2. Melatih merpati terbang mulai dari merpati masih kecil. Melatih terbang secara bertahap dari jarak dekat, semakin hari makin jauh.
  3. Buat merpati nyaman di kandang dan area sekitar. Seperti kebersihan kandang, kebutuhan kandang termasuk pakan dan minum. Perjodohan merpati juga salah satu cara agar merpati nyaman dan giring kandang dan giring jodoh.

baca juga: Cara Melatih Merpati Pos Sampai Bisa Antar Surat

Demikian sedikit info dari saya mengenai homing merpati serta tips meningkatkan semoga dapat membantu, salam.

This Post Has 2 Comments

  1. Senang dg artikel ini,sangat bermanfaat buat saya.

Tinggalkan Balasan

Close Menu