Mengganti Kategori menjadi Tag di WordPress secara masal dengan bantuan plugin bisa dilakukan. Misalkan kita telah membuat banyak Kategori atau banyak Tag suatu saat kita ingin convert dengan berbagai alasan. Bagaimana caranya?

Tentu saja bisa dilakukan dengan bantuan plugin. Pengguna WordPress sangat di permudah dengan ribuan plugin tersedia  begitu juga banyaknya forum diskusi WordPress.

Kalau secara manual satu-persatu tentu bisa juga dilakukan dengan edit post atau di edit kategori atau edit tags di Dasbor WP. Dengan cara menghapus kategori lama yang mau pindah dan buat kembali di tags baru atau sebaliknya.

Bagaimana kalau tags sudah banyak mencapai puluhan bahkan ratusan, tentu akan memerlukan waktu lama, sangat disayangkan seharusnya bisa menambah artikel malah waktu dipakai mengerjakan yang sia-sia. Tentu akan semakin lama tercapai tujuan membuat blog.

Sebagaimana disebutkan untuk meringankan pekerjaan Blogging kita bisa menggunakan Plugin Categories to Tags Converter agar pekerjaan lebih mudah.

Apakah plugin ini bekerja?
Sampai kami menggunakan masih bekerja dengan baik, walau plugin ini sudah lama dan terlihat juga sudah lama tidak di update tapi masih berfungsi

Aman atau tidak plugin ini?
Sejauh ini masih aman dan kami juga pernah memakainya tidak ada masalah.

Apakah setelah menggunakan plugin ini harus dibiarkan atau di Uninstall?

Boleh dibiarkan saja dengan asumsi suatu saat bisa digunakan kembali, atau Anda ingin Uninstall juga tidak masalah.

Bagaimana dengan kategori atau tag yang sudah diganti balik lagi atau tidak? Tidak.

Kalau kami setelah memakainya di Uninstall kembali dengan tujuan agar tidak memberatkan blog.

Bagaimana masih ingin mengganti tag atau kategori?

Mengganti Kategori Menjadi Tags

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan menggunakan plugin ini antara lain, mencari plugin di category WordPress, install, mengaktifkan, dan menjalankan. Jika tidak menemukan plugin ini di Dasbor WP Anda download dulu dan ikuti cara berikut:

1. Kunjungi halaman Plugin Categories to Tags Converter di WordPress dan Download file-nya

Plugin Categories to Tags Converter

2. Unggah file dan Install di Dasbor Blog WordPress Anda

3. Aktifkan Plugin Plugin Categories to Tags Converter

4. Klik Tool atau Perkakas > klik Konverter Kategori dan Tag

Step2 Kategori Jad Tag
Sampai disini seharusnya sudah terlihat semua kategori yang ada di blog Anda

5. Pilih kategori apa saja yang ingin dijadikan Tags

Step-Akhir-Kategor Jadi Tag

6. Klik Konversi ke Tag

Sekarang kategori yang dipilih sudah berubah menjadi Tag.

Cara yang sama bisa juga dilakukan untuk mengganti Tag menjadi Kategori secara masal.

Sebagai pertimbangan sebelum convert kategori ke tag lihat perbedaannya dulu secara ringkas dibawah ini

Perbedaan Kategori dengan Tags

Kategori atau Tags sama-sama untuk menandai artikel berdasarkan kelompok. Secara sederhana begini, Kategori harus ada setidaknya satu digunakan dalam artikel, sedangkan Tags penggunaannya opsional saja tidak harus.

Kategori dapat mengatur dalam hirarki, sedangkan Tags adalah berdiri sendiri dan tidak memiliki hubungan ketetapan untuk apa pun. Kategori bisa ada turunan (berjenjang) sedang Tags tidak.

Namun Kategori dan Tags, keduanya tetap baik untuk digunakan.

Dengan adanya Plugin Categories to Tags Converter  ini tentu sangat membantu kita. biasanya teman-teman yang baru migrasi dari Blogger ke WordPress plugin berguna sekali untuk memperbaiki struktur web atau Blog.

Ada satu lagi masalah jika baru saja pindah ke WordPress yaitu gambar masih disimpan di Blogger. Nah menurut senior lebih baik pindahkan ke domain yang sama. Jika ingin memindahkan dengan mudah pakai cara berikut

baca: Cara import gambar dari Blogspot ke WordPress atau dari domain lain

Demikian sekiranya mudah mudahan dapat membantu anda dalam membuat web atau blog. Mohon beri tahu kami kalau ada link mati atau jika plugin ini tidak bekerja dengan baik. Jika ada kendala atau kesulitan dengan senang hati kami bantu.

Tinggalkan Balasan

Close Menu