Menanam melon di polybag di halaman rumah secara praktis bisa dilakukan. Bercocok tanam seperti ini lebih dikenal dengan menanam di lahan sempit. Menanam melon dalam polybag dilakukan karena terbatas lahan tersedia, biasanya di kota-kota besar, dalam pekarangan rumah. Tapi bisa juga dilakukan di perkebunan skala besar dengan alasan untuk mempermudah perawatan.

Melon merupakan tanaman buah warna putih kehijauan. Memiliki daging warna putih kehijauan atau kuning dengan tekstur halus dan lunak, mengandung banyak air. Mempunyai citra rasa manis segar sangat cocok di-konsumsi di waktu panas pelepas dahaga dan menambah energi.

Melon dengan tumbuhan merambat berdaun hijau dengan tekstur kasar. Buahnya manis sangat disukai orang sebagai mencukupi kebutuhan serat. Banyak dijual di pasar tradisional maupun supermarket.

Permintaan melon selalu tinggi, maka dari itu melon salah satu tanaman buah mempunyai prospek bagus untuk di budidaya. Mempunyai nilai ekonomis tinggi cocok sekali sebagai peluang usaha.

Melon biasanya ditanam pada lahan terbuka untuk skala budidaya oleh petani. Jika ingin mengetahui lebih jauh budidaya melon di sawah atau di kebun disini.

baca: Cara Budidaya Melon Supaya Panen Berlimpah

Menanam Melon di Polybag
image: indonesiabertanam

Menanam melon tidak saja di sawah atau di perkebunan luas tapi bisa juga di tanam di pekarangan rumah, bisa menggunakan polybag atau tidak. Kali ini info kami menanam melon dalam polybag seperti berikut.

Cara Menanam Melon di Polybag

1. Alat dan Bahan

Untuk menanam melon dalam polybag sediakan alat dan bahan tanam yang diperlukan. Alat yang diperlukan meliputi area terbuka, wadah, bahan, alat kerja dan lain-lain.

• Polybag ukuran 37 x 40 cm atau bisa juga menggunakan polybag ukuran 40 x 50 cm jika lahan mencukupi agar pertumbuhan akar lebih baik
• Lanjaran/anjir dari bambu, reng kayu ukuran 2 x 4 cm panjang kurang lebih 1,5 – 2 m
• Paku ukuran, tali rapia, slang plastik ½ inch 10 m
• Gunting dan pisau pemotong
• Benih melon, pupuk kandang, pupuk NPK, urea, kapur, insektisida, fungsisida, herbisida

2. Bibit Melon

Langkah awal menanam melon yaitu menyediakan bibit. Dari mana bibit melon didapat? Bibit melon bisa didapat dari Balai Pertanian atau Toko Pertanian yang memiliki kualitas bagus. Jaman sekarang bisa juga lewat online, banyak online shop menyediakan bibit melon. Jika membeli di Toko online yang perlu dilihat adalah penjual yang dipercaya.

3. Cara Pembibitan Melon

Sebelum menanam melon dalam polybag perlu melakukan pembibitan benih. Walau menanam melon dalam polybag pembibitan sebelum tanam harus dilakukan. Sediakan polybag ukuran kecil sebagai wadah pembibitan.

Langkah awal yaitu benih melon rendam dalam air selama kurang lebih 2 jam. Ingat air sudah diberi larutan fungisida bertujuan menghilangkan hama. Setelah itu tiriskan sampai kering, tutup dengan kain selama 1 malam.

Setelah satu malam biji melon masukan ke polybag, setelah itu benih disiram secara berkala pagi dan sore menggunakan sprayer halus. Setelah 10 sampai 14 hari tanaman akan mulai tumbuh daun. Lebih lengkap mengenai semai dan pembibitan melon disini

baca: Cara Semai dan Pembibitan Melon

4. Pengolahan Lahan

Siapkan media tanam dalam polybag. Media tanam tanah pasir, pupuk kandang, arang sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1, aduk sampai rata. Masukan media yang telah dicampur ke polybag ukuran 40 x 50 cm. Tambahkan pupuk dasar, pupuk Mutiara 15 gram/polybag

Media tanam bisa menggunakan berbagai komposisi artinya boleh berbeda sesuai dengan ketersediaan pada lokasi.

5. Penanaman Melon

Penanaman melon yaitu memindahkan bibit dari wadah pembibitan ke media tanam. Bibit melon bisa pindah setelah umur 2 sampai 3 minggu, kurang lebih bibit melon mempunyai 4 helai daun. Masukan bibit melon ke media sekitar 5 cm dan rapat dengan tanah media.

Sebaiknya penanaman melon dilakukan saat matahari sudah mulai redup atau pada sore hari. Setelah penanaman siram tanaman dengan sprayer halus.

6. Pemeliharaan Melon

Pemeliharaan melon terdiri dari:
• Pemasangan Anjir
• Penyiangan
• Pemangkasan
• Pemupukan
• Pengendalian hama dan penyakit
• Seleksi buah

Pemasangan Anjir
Pemasangan anjir atau lanjaran sebagai tempat merambat tanaman. Bisa menggunakan bambu, kayu atau dari plastik. Pemasangan anjir dilakukan setelah melon mulai merambat yaitu sekitar 5 sampai 8 hari setelah tanam.

Penyiangan
Penyiangan yaitu membuang tanaman atau gulma lain yang mengganggu tanaman melon. Penyiangan dilakukan setiap dua minggu sekali atau melihat kondisi. Paling baik jika ada tumbuh gulma mengganggu langsung dibuang.

Pemangkasan Melon
Seperti banyak dianjurkan oleh para ahli, pemangkasan sangat penting dilakukan. Pemangkasan bertujuan untuk pengendalian buah, hama dan produktifitas produksi. Pemangkasan dilakukan setiap hari agar nutrisi tidak terbuang percuma.

Cara pemangkasan melon yaitu cabang yang tumbuh dari ketiak daun pertama sampai daun kedelapan dipotong, dari daun kesembilan sampai daun ketigabelas cabang yang tumbuh dipelihara untuk pembuahan. Setelah daun ketigabelas tidak perlu lagi ada cabang dipelihara hingga daun ketujuh belas batang dipotong.

Pemupukan Melon
Pupuk dasar melon gunakan pupuk Mutiara 15 gram/polybag diberikan pada saat mengisi polybag. Pupuk susulan masing-masing 10 gr/polybag setiap setengah bulan sekali.

Pengendalian Hama dan Penyakit
Cara pengendalian hama penyakit melon yaitu dengan pemberian fungisida Bion M atau bisa juga dengan merek lain. Selain itu lakukan membuang hama secara manual dan pembersihan lingkungan.

Hama yang menyerang kunang-kunang, ulat daun dan penyakit atau karat daun.

Seleksi Buah
Seleksi buah pada tanaman melon mulai dilakukan saat pemangkasan yaitu cabang ke delapan sampai ke tigabelas. Calon buah yang dipelihara maksimal dua biji buah setiap pohon, lebih dianjurkan satu buah saja agar hasil lebih maksimal.

7. Panen Melon

Melon mulai berbuah sejak umur 20 hari setelah tanam, buah yang sudah di-seleksi dipelihara sampai umur sekitar 60 hari.

Buah yang sudah siap panen mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
• Melon varieta Slyroket ciri buah siap panen adalah net pada kulit buah terlihat sudah rapat
• Warna kulit buah mulai putih ke-kuningan
• Tangkai buah terbentuk cincin/lingkaran retak retak
• Tercium aroma khas aroma melon

Panen melon dari menanam di polybag di halaman rumah sendiri terasa lebih puas dan manis setelah 2 bulan menunggu. Selain pekarangan jadi hijau juga bisa memenuhi kebutuhan buah keluarga.

Tambahan Lain Syarat Tumbuh Melon
Syarat lahan tanaman melon yang baik pada lokasi daerah ketinggian 200 hingga 2000 m dpl suhu 12-27 °C. Melon tumbuh baik dengan sinar matahari penuh antara 10–12 jam per hari. Media tanam melon kaya akan bahan organik pH 6,0 – 6,8, kelembaban udara antara 70 -80 %. Lebih lengkap syarat tumbuh melon disini.

baca: Syarat Tumbuh Melon Untuk Budidaya

Demikian cara menanam melon di polybag di halaman rumah disampaikan secara praktis dan mudah dimengerti. Semoga sukses dan panen berlimpah.

Tinggalkan Balasan

Close Menu