Kebutuhan gizi pemberian pakan ayam petelur sangat penting untuk diketahui sebelum memulai usaha budidaya. Pemberian pakan ayam tidak bisa disamakan mulai dari kecil sampai ayam besar atau setelah produksi. Sebelumnya kita perlu memastikan kandang ayam sudah dalam kondisi layak, seperti sirkulasi udara, pencahayaan, suhu ideal dan lain-lain.

Tata cara pemberian pakan ayam petelur

Pemberian pakan ayam petelur secara garis besar dibedakan 3 (tiga) fase, yaitu starter (umur 0-4 minggu), grower (umur 4-16 minggu) dan layer (umur 16 – Akhir)

Dari masing-masing fase tersebut dapat dilihat kebutuhan gizi ayam petelur seperti tabel berikut

Tabel Kebutuhan Gizi Ayam Petelur

1. Fase starter adalah pakan ayam masih anak disebut juga DOC. Masa pakan ayam petelur disesuaikan dengan umurnya karena pada masa ini anak ayam masih rentan terhadap gangguan luar.

2. Fase grower adalah dimana ayam sedang masa pertumbuhan. Pakan yang diberikan juga menyesuaikan dengan umur, baik dari segi gizi atau tata cara pemberian. Pada masa ini penting mengingat kalau salah dalam perawatan termasuk pemberian pakan dapat menyebabkan saluran reproduksi terlambat berkembang, sehingga ayam juga terlambat bertelur.

3. Fase layer yaitu masa produksi. Masa produksi telur juga harus disesuaikan dengan kebutuhan gizi ayam. Gunanya biar produksi ayam bisa maksimal dengan biaya yang rendah tapi tetap dengan kualitas telur yang baik.

Khusus untuk periode layer lebih lanjut baca pakan ayam petelur masa produksi.

Demikian tabel kebutuhan gizi pada pemberian pakan ayam petelur pada usaha budidaya.

Tinggalkan Balasan

Close Menu