Kandang dan peralatan ayam broiler yang baik untuk usaha budidaya mesti menjadi perhatian utama bagi peternak. Karena hal ini termasuk hal pokok dalam keberhasilan usaha ternak terutama ternak unggas.

Jika tidak memperhatikan kandang dan peralatan ayam akan mudah terkena penyakit dan hasil usaha tentu saja tidak maksimal.

baca juga: Hama penyakit ayam broiler

Lalu bagaimana menyiapkan kandang ayam supaya hasil maksimal dan memenuhi standar ternak. Mudah-mudahan info berikut bisa membantu.

Kandang Ayam Broiler

Kandang yang broiler yang baik untuk usaha ternak adalah temperatur berkisar antara 32,2-35 derajat C, kelembaban berkisar antara 60-70%, penerangan dan pemanas sesuai dengan aturan, tata letak kandang usahakan dapat sinar matahari pagi dan tidak melawan arah mata angin kencang.

Bentuk kandang sesuaikan dengan umur ayam, untuk anak ayam sampai umur 2 minggu atau 1 bulan pakai kandang box, untuk ayam remaja ± 1 bulan sampai 2 atau 3 bulan pakai kandang box besar dan untuk ayam dewasa kandang postal atau kandang baterai.

Untuk konstruksi kandang harus kuat, bersih dan tahan lama, tidak harus menggunakan bahan mahal.

Kandang Ayam Broiler

 

Peralatan Ayam Broiler

Peralatan kandang  harus tersedia dalam jumlah cukup seperti: seperti tempat pakan , tempat minuman, pemanas, seng pelindung anak, layar penutup kandang, alat semprot sprayer.

Kalau alat kurang memadai kualitas ayam akan berkurang dan akan timbul masalah seperti berat standar ayam sulit dicapai, jumlah ayam kerdil banyak, penyakit ayam akan lebih sering dan sulit diatasi, bahkan  kematian jumlah banyak.

1.  Litter (alas lantai)
Alas lantai harus dalam kondisi kering, seharusnya atap kandang ayam tidak ada bocor dan air hujan tidak masuk pada saat angin kencang. Tebal litter 10 cm, bahan litter pakai campuran dari kulit padi / sekam dengan sedikit kapur dan pasir atau hasil serutan kayu panjang antara 3–5 cm.

2. Indukan atau broiler
Alat ini berbentuk bundar atau persegi empat dengan jangkauan 1-3 m dengan alat pemanas di tengah. Fungsi ini seperti induk ayam menghangatkan anak ayam ketika baru menetas.

3. Tempat bertengger ayam
Tempat bertengger untuk tempat istirahat atau tidur, dibuat dekat dinding dan diusahakan kotoran jatuh ke lantai agar mudah dibersihkan dari luar. Dibuat tertutup supaya terhindar dari angin dan usahakan letaknya rendah dari tempat bertelur.

4. Tempat makan dan minum dan tempat grit
Tempat makan dan minum harus tersedia cukup jangan kurang, bahan dari bambu, alumunium atau apa saja yang kuat dan tidak bocor juga tidak berkarat. Untuk tempat grit pakai kotak khusus

5. Alat-alat rutin
Alat-alat rutin termasuk alat kesehatan ayam seperti: suntikan, gunting operasi, pisau potong operasi kecil, dan lain-lain. Ini juga tersedia agar menjaga kesehatan ayam atau dapat di gunakan pada ayam dapat serangan penyakit.

Agar usaha berjalan dengan baik dan hasil memuaskan tentu perlu kerja keras dan pengetahuan yang banyak.

baca juga: Tips sukses usaha ternak broiler

Itulah tadi Syarat kandang dan alat yang baik untuk usaha budidaya ayam broiler. Tips diatas dapat berjalan dengan baik bila manajemen dan tata laksana pemeliharaan diperhatikan dengan benar.

Tinggalkan Balasan

Close Menu