Pedoman Kandang baterai ayam petelur adalah kandang bentuk sangkar empat persegi panjang disusun berderet memanjang bertingkat dua atau lebih, setiap sangkar dapat menampung 1 atau 2 ayam dewasa.

Lantai kandang terbuat dari bambu atau kawat disusun tidak rapat agar kotoran ayam dapat langsung jatuh ke tanah.

Model kandang baterai ini cocok dan efektif pada lahan sempit dan daerah panas seperti di Indonesia.

Pedoman Kandang Baterai Ayam Petelur

1. Bahan Kandang Baterai ( battery )
Bahan kandang baterai ayam petelur bisa terbuat dari bambu atau kawat. Kandang bambu bisa dibuat sendiri  dengan mengikuti ukuran dibawah ini atau kalau punya modal lebih bisa langsung beli yang sudah jadi dari bahan kawat di toko peralatan peternakan pada daerah masing masing. Biasanya sudah tersedia dan tanyakan juga untuk ukuran berapa ayam.

Kandang Baterai Dari Bambu dan Kawat
Contoh : Kandang baterai bahan bambu atau bahan kawat

2. Ukuran Kandang baterai ayam petelur
Ukuran dibawah ini banyak digunakan oleh peternak ayam, jadi tinggal ikuti saja. Ukuran kandang juga akan mempengaruhi kesehatan dan produktif ayam itu sendiri. Selain berpengaruh pada perkembangan ayam kita juga melihat dari segi biaya, jangan lupa membangun usaha tidak akan terlepas dari investasi yang dikeluarkan.

Bentuk kandang dibuat memanjang dan di sekat sekat kecil, panjangnya samakan saja dengan kebutuhan. Untuk sekat-sekat ukuran dibawah ini

Panjang : 40 cm Lebar : 40 cm
Tinggi : Depan 37 cm dan Belakang 30 cm

Kandang baterai ventilasi sangat terbuka dari bagian belakang atas, depan. Kandang bagian alas harus miring untuk agar telur dapat bergulir ke depan.

Dalam 1 sekat ditempati oleh 1 atau 2 ayam dewasa yang sudah siap produksi

3. Tempat Pakan dan Minum kandang baterai
Tempat pakan, tempat minum dibuat bertingkat. Tempat pakan di bawah, tempat minum diatas

Tempat pakan menggunakan kayu atau dari pipa. Lebih mudah terbuat dari pipa karena sudah  lengkung dan mudah didapat di toko bangunan.

Tempat minum boleh menggunakan pipa asal tidak bocor.

Tempat pakan minum kandang baterai
contoh : Tempat pakan dan minum

4. Posisi Penempatan pada bangunan pelindung
Kandang di buat berupa panggung dimana kotoran ayam bisa langsung jatuh ke lantai. Ini akan memudahkan dalam membersihkan kotoran dan sirkulasi udara menjadi lebih baik.

Penempatan kandang baterai dibuat tersusun bertingkat, tapi tidak boleh percis diatas banget harus geser ke samping. Ini dibuat untuk ventilasi udara dan kotoran tidak menimpa ayam dibawah. Dibuat 2 atau sampai 3 tingkat saja. Jika terlalu tinggi sulit di kontrol

Tinggi kandang dari tanah 1,25 sampai 1,5 m. Ini bertujuan untuk mengurangi amunia dari kotoran

Jarak ideal antar kandang adalah 1 x lebar kandang

Posisi kandang dibuat  memanjang ke arah barat-timur, ini agar pencahayaan lebih baik.

Kandang baterai ayam petelur
contoh : Penempatan kandang ayam petelur

 

Kelebihan dan Kekurangan Kandang Baterai

Kelebihan atau keuntungan dari kandang baterai adalah ventilasi alamiah lancar sehingga ayam akan merasa nyaman, kemungkinan terjadi kanibal dapat dihindari, pengawasan ayam sakit lebih mudah diketahui, kontrol pakan dan produksi lebih mudah dilakukan, ayam tidak kehilangan energi, produksi telur selalu dalam kondisi bersih.

Kekurangan adalah investasi awal pembuatan kandang mahal, jika terlambat dalam membersihkan kotoran akan ada lalat dan bau, jika pakan kurang baik ayam akan mudah defisiensi nutrisi, mudah terjadi kelumpuhan, jika ayam dimasukkan sebelum waktunya karena otot-otot ayam masih terlalu lemah. Sebelum kandang battery terlebih dahulu harus dibangun bangunan utama berupa atas tiang dan atap berfungsi sebagai pelindung.

Demikian Andari pedoman membuat kandang baterai ayam petelur beserta kelebihan dan kekurangannya. Tidak itu saja pada usaha budidaya ayam petelur, perlu mengetahui penyakit ayam dan cara pencegahan, bagi yang ingin tahu lihat aja disana.

This Post Has 5 Comments

  1. kenapa dinamakan kandang baterai ?

  2. pengen mencoba jadi penasaran.kira" harga per ekor ayam siap telor berapa harga nya bos????

  3. Maaf Abah, Saya juga tidak hapal harga terbaru ayam petelur. mungkin sekitar Rp. 50.000 atau Rp. 60.000 per ekor

  4. Kirain sangkar pakai baterai eh ternayta cuma namanya doang, hehehe tapi keren juga sih …

Tinggalkan Balasan

Close Menu