Inilah beberapa jenis Merpati bagus lagi populer saat ini. Merpati banyak jenis dan ragamnya, mulai dari Merpati Pos, Merpati Homer dan lain-lain. Merpati juga dapat dibedakan berdasarkan bulu dan berat badan.

Info kali ini adalah jenis Merpati yang sangat disukai saat ini. Ini berguna bagi penggemar agar lebih paham Merpati sedang populer saat ini. Apalagi bagi hobiis yang ingin budidaya Merpati untuk bisnis, agar cepat terjual dan dapat harga tinggi.

baca juga: Cara Ternak Merpati

Jenis Merpati Populer

 

Jenis Burung Merpati Bagus

1. Jenis Merpati Tumbler

Merpati ini dikenal Tumbler oleh orang orang Belanda. Merpati Tumbler mempunyai kelebihan terbang tinggi dan turun dengan melakukan salto di udara beberapa kali atau jungkir balik, seperti sedang melakukan aktraksi. Maka dari itu merpati ini juga dikenal dengan merpati olah raga. Belakangan ini sering kali di jadikan Merpati pameran.

Ciri Merpati Tumbler adalah badan kecil, padat, mempunyai leher jenjang kecil, mempunyai dada kokoh.  Bagian muka dari kepala menonjol agak jauh ke depan dari paruh yang pendek.  Saat posisi berdiri biasa, ujung sayap akan menggantung lebih rendah dari kedudukan ekor, Hal inilah yang paling mudah untuk membedakan jenis Merpati Tumbler dengan Merpati jenis lain.

Berhubungan dengan sering dibuat pameran, maka kemampuan terbang tinggi dan kemampuan salto burung ini jadi hilang, tapi justru diternak dengan banyak variasi warna.

Beberapa Jenis Merpati Tumbler

A. Jenis Birmingham Roller.
Dikembangkan di Inggris sebagai burung merpati memiliki kemampuan terbang seperti berikut. Tujuan pengembangan jenis merpati ini adalah kemampuan terbang jungkir balik dan berputar putar di udara.

Merpati ini mampu salto dan salto ke belakang dan berputar putar dengan kecepatan tinggi. Hal itu dilakukan dari udara sangat tinggi, karena burung ini emang mampu terbang tinggi dan salto terakhir pada ketinggian rendah.

Kemampuan terbang seperti ini dijadikan perlombaan sesama pencinta burung merpati di Birmingham. Acara juga sudah tertata dan penilaian sudah baku.

B. Jenis Flying Tipller.
Lain lagi dengan flying tipller, yaitu dikembangkan dengan tujuan dengan kemampuan terbang lama.

Merpati ini merupakan burung yang di kembangkan dari Flying Tumbler. Merpati ini dipelihara karena kemampuan terbang lama. Kalau jenis merpati Flying Tipller yang baik, mampu terbang terus menerus selama 20 jam.

C. Jenis Parlour Tumbler
Jenis ini merpati ini juga disebut Ground Tumbler atau House Tumbler. Burung ini dikembangkan karena kemampuan lompat ke udara, melakukan salto sekali atau dua kali ke belakang, dan kedua kaki hinggap kembali ke tempat semula.

baca juga: Cara Merawat Merpati Tinggian Juara

2. Jenis Merpati Homer

Merpati Homer berasal dari burung liar dikenal dengan nama Columbian livia. Setelah di jinak burung merpati tersebut dikenal dengan Racing Homer atau juga Merpati Pos, Merpati Aduan. Dari jenis Racing Homer dikembangkan kemudian muncul beberapa jenis merpati lain seperti:

A. Homer pameran / Exhibition Homer dikembangkan sejak 1990 sebagai burung pameran.

B. German Beauty Homer dikembangkan di Jerman sejak 1907 sebagai burung pameran. Burung ini mirip dengan Racing Homer tetapi lebih ramping.

C. Giant Homer dikembangkan di Amerika Serikat untuk keperluan konsumsi. Dikembangkan untuk mendapatkan burung badan besar dan mempunyai kemampuan produksi anak banyak.

D. Racing Homer dikembangkan di Belgia dan Inggris. Burung merpati dilatih digunakan sebagai pengirim berita dan kini dikembangkan dengan kawin silang dengan burung kecepatan tinggi karena tujuan utama adalah kecepatan. Tentu saja mengabaikan bentuk badan dan warna bulu.

baca juga: Cara Melatih Pos dari Awal Sampai Antar Surat

3. Jenis Merpati Cumulet

Burung Merpati jenis tumbler dari Perancis mampu terbang tinggi dan juga merupakan salah satu nenek moyang dari jenis Racing Homer. Burung ini berbadan sedang bentuk badan serasi, dengan dada bidang, sayap panjang dan kokoh, kaki agak pendek, warna bulu putih, dan ada pula mempunyai bintik merah di kepala dan leher.

4. Jenis Merpati Flight

A. Domestic Flight
Merpati ini dikembangkan di Amerika merupakan ras berbeda. Dari Jenis ini muncul merpati dikenal dengan nama Domestic Flight. Merpati jenis ini mampu terbang tinggi. Ciri merpati Flight ukuran badan sedang, paruh memanjang, kepala ramping ada jambul, tetapi ada juga tidak ada jambul, mata putih dengan lingkaran tengah. Mempunyai warna hitam, kuning, merah, abu abu dan coklat. Hal ini yang menunjang kemampuan melihat jauh dari merpati ini saat terbang tinggi.

B. Show Flight
Ciri Show Flight adalah mempunyai badan lebih gemuk dengan kepala lebih besar dari Domestic Flight. Merpati ini di-ternak karena mempunyai kemampuan terbang tinggi dan mempunyai keindahan sangat pantas untuk untuk dipamerkan. Warna hitam, kuning, merah, abu abu dan coklat.

Demikian jenis merpati yang lagi populer dan sangat digemari saat ini semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Close Menu