Ingin Ikan Koi juara dalam sebuah kontes, banyak hal yang harus diperhatikan. Persiapan sebelum kontes adalah hal utama yang perlu diperhatikan. Persiapan tidak bisa pada saat mau kontes saja, tapi jauh sebelumnya. Bahkan sudah dimulai dari saat awal memilih atau mau membeli koi bakalan. Tidak semua bakalan koi bisa kita beli di pasaran kalau tujuannya nanti ikan koi kita menjadi bagus dan bisa bersaing dalam sebuah kontes.

Untuk itu pelajari, Cara memilih koi yang bagus

Pada umumnya koi yang sering menjadi banyak perhatian dalam kontes adalah jenis Kohaku, Taisho Sanke, Showa Sanshoko.

Untuk diketahui saja ikan tidak harus beli dari pedagang bisa saja di budidaya sendiri, setelah itu seleksi ikan mana yang akan dipelihara sampai besar dan nanti suatu saat bisa ikut kontes.

Setelah membeli ikan dari pedagang jangan lupa untuk karantina koi. Karantina bertujuan untuk penyesuaian ikan dengan tempat baru dan menjaga dari hal-hal buruk menimpa koi yang baru dibeli, bisa saja ikan stres, sakit bahkan bisa mati.

Jangan lupa baca juga, Cara karantina koi baru beli

Setelah itu masuk ke tahap perawatan sehari hari. Perawat ini akan berlangsung sangat panjang dan berkelanjutan. Disini kita bisa mengetahui koi kita bisa ikut kontes atau tidak.

Bagaimana cara mengetahui koi kita layak ikut kontes atau kira-kira apa saja yang di nilai dalam kontes nanti. Mungkin setiap kontes mempunyai kriteria sendiri-sendiri menentukan pemenang, mungkin tidak sama percis dengan yang disebutkan disini. Tapi ini adalah sebagai gambaran awal ikan koi dapat ikut kontes atau tidak.

Ikan Koi Juara

Mengetahui Koi bisa ikut kontes atau tidak

  1. Ukuran koi menjadi perhatian utama dalam sebuah kontes. Ukuran koi yang baik adalah ideal antara kepala, badan, ekor dan juga sirip. Diantara bagian tersebut juga harus simetris antara kiri dengan kanan begitu juga kalau dilihat dengan ukuran bagian lain. Ukuran besar lebih baik dari ukuran kecil. Walau dari beberapa kategori lomba juga dibedakan dengan ukuran besar kecil, tapi tetap lebih baik koi dengan ukuran besar dan seimbang.
  2. Pola warna juga sangat mempengaruhi penilaian dalam kontes. Pola warna unik lebih banyak mendapat perhatian dari pola warna umum. Pola warna cerah lebih baik dari warna gelap. Warna garis tepi tegas lebih baik dari samar. Tidak ada warna cacat pudar atau kotor pada area seluruh body baik itu kepala badan ekor.
  3. Kualitas warna juga menjadi perhatian. Warna tua dan murni jernih ini juga baik. Untuk warna terang putih krem seperti salju, lembut dan bersih ini juga bagus. Warna cemerlang, berkilau dan tegas itu juga warna bagus untuk kontes.
  4. Dari segi penampilan juga dinilai dalam kontes, yang kelihatan lebih menarik  perhatian dari peserta lain lebih baik dari yang tidak mendapat perhatian. Bisa juga dari gerakan, seperti saat berenang kelihatan lebih anggun dan lain lain.

Itu tadi sedikit gambaran bagaimana kriteria penilaian dalam sebuah kontes. Secara keseluruhan kalau ingin juara tentu membutuhkan pengalaman dan pengetahuan dalam memelihara koi dengan perawatan yang baik.

Tinggalkan Balasan

Close Menu