Mengenal ciri / beda burung Cucak Ijo jantan atau betina merupakan suatu keharusan para hobi burung.  Para kicau mania lebih hati-hati dalam memilih bakalan burung agar tidak keliru jenis kelamin jantan atau betina. Pada saat membeli ini sangat menentukan hasil kemudian hari.

Perlu diketahui juga burung Cucak Ijo yang mempunyai kicau yang baik adalah Cucak Ijo jantan. Kalau sudah tahu dapat Cucak IJo yang dicari yaitu jantan selanjutnya memelihara dengan sebaik-baiknya.

baca juga: Cara Perawatan Cucak Ijo Juara

Ciri Beda Cucak Ijo Jantan Betina

Ciri Beda Cucak Ijo Jantan atau Betina

Cucak Ijo jantan : Dagu dan tenggorokan berwarna hitam, sedangkan Cucak Ijo betina dagu dan tenggorokan berwarna hijau.

Kalau Cucak Hijau masih muda trotolan sekitar umur 2-4 bulan, bentuk fisik jantan dan betina hampir sama, belum juga berwarna sama hijau muda dan warna kuning pada bawah paruh sampai leher. Seperti tidak ada ciri khusus antara jantan dan betina.

Namun bagi yang sudah pengalaman menekuni Cucak Hijau akan terlihat perbedaan mulai dari bakalan.

Beberapa cara jitu melihat beda jantan dan betina ketika hendak membeli bakalan cucak hijau di pasar burung atau dimana saja:

1. Bakalan jantan, jika masih berumur di bawah 4 bulan, alis melingkar di kedua mata berwarna kuning. Kalau warna putih, berarti itu Cucak Ijo betina.

2. Paruh bagian bawah Cucak Ijo jantan warna coklat tua, sedangkan betina warna putih.

3. Bakalan berumur di atas 4-6 bulan, Betina di bagian leher berwarna kuning dan  akan berubah putih kehijauan. Sedangkan jantan, warna kuning akan dipenuhi trotol-trotol hitam dan dua bulan berikut warna hitam semakin jelas.

baca juga: Mengenali lebih dalam burung Cucak Ijo, mengetahui lebih banyak mengenai Burung Cucak Ijo

Demikian cara mengenali Burung Cucak Ijo jantan atau betina, semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Close Menu