Cara ternak itik Mojosari Jawa Timur. Daerah Mojosari Mojokerto terkenal dengan penghasil bebek pedaging kemana mana. Bagaimana petani disana bisa sukses sebagai peternak bebek pedaging atau bebek potong. Bebek Mojosari menjadi pemasok berbagai rumah makan dan restoran di beberapa daerah. Bahkan disana sudah menjadi bisnis yang menguntung dari usaha ternak bebek mereka sendiri.

Bebek yang diternak di daerah Mojosari adalah jebis bebek peking. Bebek peking salah satu jenis bebek unggul untuk diternak sebagai bebek potong. Kelebihan bebek peking ini adalah mempunyai  daya tahan hidup kuat dan pertumbuhan sangat cepat. Bayangkan hanya dalam 2 bulan saja jenis bebek Mojosari sudah dapat di panen di jual ke pasar. Jadi sangat cocok untuk di budidaya. Maka tidak salah masyarakat Mojosari memilih jenis bebek peking ini menjadi pilihan sebagai peluang bisnis bebek potong.

Bebek Mojosari

 

Cara ternak itik Mojosari

Jenis bebek yang diternak adalah bebek peking, telah disinggung keunggulan jenis bebek ini diatas. Selain itu bebek peking juga dihargai tinggi di pasaran, jadi memang cocok untuk bisnis.

Syarat Kandang

  1. Kandang untuk pembesaran menampung 100 ekor bebek umur lebih dari 2 minggu cukup dengan ukuran 4 x 4 meter. Kalau lebih besar juga tidak apa-apa.
  2. Kandang untuk DOD (day old duck) umur kurang dari 2 minggu, dapat menggunakan kandang kawat ram ukuran 5 x 1 meter dan dilengkapi pemanas buatan.
  3. Perlu mendapat perhatian khusus perawatan ektra pada DOD usia kurang dari 1 bulan karena resiko kematian tinggi pada masa tersebut yaitu mencapai 10-20%. Setelah bebek usia lebih dari 1 bulan, resiko kematian berkurang jadi 1% saja. Jadi berhati hatilah pada usia dibawah 1 bulan.

Pakan

  1. Masyarakat Mojosari terbiasa membuat sendiri pakan bebek mereka. Kita boleh juga mencontoh cara pembuatan pakan bebek Mojosari kalau ingin membudidayakan jenis bebek peking. Bahan pakan yang dipakai adalah bekatul, tepung jagung, dedak, dan kupang (sejenis keong sawah terdapat di Mojosari). Bahan pakan tersebutlah yang digunakan oleh masyarakat disana.
  2. Cara membuat pakan yaitu dengan mencampur semua bahan hingga merata dan diberi tambahan konsentrat pabrik perbandingan 1 : 3. Dengan keterangan sebagai berikut 1 kg untuk konsentrat dan 3 kg bahan pakan campuran. Dari bahan tersebut dihasilkan sumber pakan bebek peking kadar protein mencapai 20%.
  3. Pemberian pakan rutin sehari 2 kali yaitu pada pagi dan sore hari.

Dengan cara perawatan dan pemberian pakan demikian,  bebek mendapat protein yang baik, pertumbuhan bebek bisa lebih cepat umur 40 hari berat bebek di Mojosari sudah mencapai 1,5 sampai 2 kg. Panen juga bisa lebih cepat umur 60 hari atau 2 bulan bebek di Mojosari sudah siap panen berat rata rata 3 kg per ekor.

Dengan masa pertumbuhan sangat cepat, bebek peking Mojosari menjadi primadona para pelaku bisnis restoran atau warung makan yang menyediakan menu utama dari bebek. Peluang inilah menjadi berkah oleh masyarakat Mojosari, sehingga mereka mendapat penghasilan lebih baik.

Demikian dari kami semoga dapat membantu dan bahan pertimbangan kalau hendak terjun ke bisnis peternakan bebek potong. Semoga bisa juga diterapkan di daerah Andari masing-masing sebagai bahan acuan cara ternak atau budidaya bebek Mojosari.

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan

Close Menu