Cara semai melon membuat benih dari biji sebelum menanam merupakan bagian tidak terpisahkan dari usaha budidaya. Bagian yang perlu diperhatikan adalah menentukan jenis dan memilih bibit itu sendiri. Tidak lupa juga menyesuaikan lokasi daerah setempat, baik itu jenis tanah termasuk komposisi tanah maupun cuaca pada saat penyemaian.

Pemilihan Bibit Tanaman Melon

Cari bibit yang baik di Balai Pertanian atau pada produsen yang dapat dipercaya dengan jaminan kualitas baik. Untuk memilih jenis atau varites dapat disesuaikan dengan lokasi dan iklim setempat. Agar lebih jelas bisa lihat artikel berikut,

baca: Syarat Lahan Tumbuh Melon Berdasarkan Kondisi Tanah

Cara Pembibitan Tanaman Melon

Sebelum ditanam biji melon semai terlebih dahulu. Hal ini bertujuan menghindari gagal tumbuh dan sebagai seleksi awal, mana pertumbuhan melon yang baik dan mana yang tidak. Dapat juga menghindari tanaman tumbuh kerdil.

Tempat penyemaian dapat menggunakan wadah plastik atau polybag. Kalau tidak bisa juga gunakan lahan tempat dimana melon akan ditanam, dengan kata lain tidak menggunakan wadah.

Kalau menggunakan polybag / kantong plastik dapat menggunakan polybag ukuran 8 x 10 cm. Masukan tanah kedalam polybag yang telah dicampur dengan pasir dan pupuk organik dengan perbandingan 1 : 1 : 1 pada masing wadah.

Biji melon rendam dengan air selama 1 – 2 jam agar steril dari hama penyakit.  Ingat air telah dicampur pestisida sebelumnya. Selanjutnya biji melon di-tiris sampai kering. Setelah itu tutup dengan kain dan biarkan selama satu malam pada suhu 25 °C.

Setelah satu malam biji melon masukan pada pada polybag dengan kedalaman 5 cm, benih yang ada dalam polybag harus disiram secara berkala, pagi jam 06.00 dan sore jam 16.00, disiram tidak terlalu becek.

Setelah 10 atau 14 hari maka tanaman akan mulai tumbuh daun, kalau sudah tumbuh daun semprot menggunakan pupuk daun agar terhindar dari serangan hama penyakit.

Buah Melon

Bibit melon siap di-pindah setelah berumur 2 minggu. Itulah tadi cara pembibitan buah melon, selanjutnya cara menanam dan perawatan. Agar lebih jelas baca juga artikel lain lebih ringkas di, Cara Budidaya Melon Agar Panen Berlimpah, lihat juga artikel ini, Cara Menanam Melon di Polybag.

Tinggalkan Balasan

Close Menu