Usahakeras – Cara persemaian tomat sekaligus cara pembibitan tomat. Pekerjaan ini harus dikuasai jika ingin menanam tomat agar tanaman tumbuh dengan baik. Ada juga info tambahan yaitu membuat sendiri benih dari tomat yang sudah masak sempurna. Sedangkan cara menanam tomat dengan lengkap kami buat terpisah agar tidak terlalu panjang artikelnya.

Tomat merupakan tanaman sayuran berupa buah banyak digunakan untuk bumbu masak. Selain sebagai sayuran tomat juga bisa dibuat minuman jus, dipakai juga sebagai bahan dasar membuat saus, tomat bisa juga dimakan langsung ibarat buah segar.

Karena beragam kebutuhan konsumsi tomat permintaan tomat di pasar makin hari juga makin meningkat. Oleh karena itu tomat memiliki nilai ekonomis tinggi bisa menjadi salah satu peluang usaha. Budidaya tomat tidak sulit bisa pada dataran rendah maupun dataran tinggi.

Tomat bisa tumbuh dengan daerah ketinggian tanah mulai dari 0 sampai 1.500 m dpl, tergantung jenis. Paling baik tumbuh pada daerah 200 sampai 1.500 m dpl. Tomat juga tumbuh subur pada tanah gembur dengan kaya akan unsur hara yaitu pH tanah 5 sampai 6. Daerah dengan suhu udara 17 sampai 28 derajat dengan kelembaban diatas 60%. Kebutuhan sinar matahari antar 200 sampai 400 footcandle.

Pembibitan Tomat

Darimana benih tomat didapat?

Langkah awal menanam tomat mulai dari menyediakan benih. Sangat mudah mendapatkan benih tomat bisa beli di toko pertanian daerah masing-masing. Bisa juga jaman sekarang membeli benih tomat secara online tersedia di Online shop seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada dan lain-lain. Harga juga sangat terjangkau bisa dibeli mulai dari Rp2.000,-

Jika tidak bisa juga mendapatkan benih tomat dari toko setempat atau dengan online shop di akhir artikel ini kami kasih bonus cara membuat sendiri benih tomat dari buah yang sudah matang.

Cara Persemaian Tomat

1. Membuat Bedeng
Buat bedeng kecil saja ukuran 1 m x 2 m. Gemburkan tanah dengan cara mencangkul, halus-kan dan diratakan.

2. Memberi Pupuk
Campur tanah bedeng tempat semai dengan pupuk kandang yang sudah matang sebanyak 4 kg.

3. Membuat Naungan
Buat juga naungan diatas bedeng persemaian berupa para-para dengan atap jerami atau daunan pengganti lain. Buat naungan sesuai ukuran bedengan 1 m x 2 m.

4. Diamkan Lahan Selama Satu Minggu

5. Persemaian
Taburkan benih tomat secara merata diatas tanah bedeng. Jika ingin lebih tertata rapi bisa juga ditabur berderet rata berbentuk kotak-kotak. Setelah benih tomat ditabur tutup dengan tanah tipis dengan cara menyiram dengan tanah persemaian.

6. Penyiraman
Lakukan perawatan dengan menyiram persemaian setiap hari pagi dan sore. Jangan lupa menggunakan sprayer halus biar tanah dan biji tomat tidak tergerus air.

Demikian cara persemaian tomat sangat mudah bukan?. Tunggu bibit tomat tumbuh dengan sempurna sambil bersiap untuk memindahkan ke polybag untuk pembibitan.

Cara Pembibitan Tomat

1. Siapkan Media Tanam
Pada umumnya tomat setelah semai umur dua minggu sudah bisa dipindahkan ke polybag. Pada umur sekian bibit tomat sudah kuat sudah bisa untuk  langkah selanjutnya. Siapkan polybag ukuran 10 cm. Siapkan juga media campuran tanah, pasir dan pupuk kandang yang telah matang dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Isi polybag dengan media tanam sampai 5 cm dari ujung atas polybag.

2. Pindah Bibit Tomat
Ambil bibit tomat dari persemaian dan masukan bibit tomat kedalam polybag. Isi bibit tomat satu persatu dalam polybag.

3. Perawatan bibit Tomat
Bibit tomat yang sudah masuk ke polybag perlu mendapat perawatan yaitu dengan menyiram setiap hari pagi dan sore menggunakan sprayer halus. Jika ada rumput atau gulma mengganggu perlu di singkirkan.

Pembibitan tomat sudah selesai sampai bibit siap dipindahkan ke area tanam. Bibit tomat umur 25 sampai 30 hari bibit tomat siap di tanam ke area tanam atau ke lokasi kebun.

Kadang tomat pada saat persemaian atau sedang pembibitan terserang hama penyakit. Biasanya tomat yang masih muda terserang hama Rhizoctonia solani. Gejala tanaman terserang hama, akar mengecil menjadi busuk kering. Penyakit ini disebut juga busuk kering atau cekik. Untuk mengatasi penyakit tomat muda semprot dengan pestisida dosis 2 g/liter air.

Hama penyakit tomat banyak sekali yang lebih lengkap disini,

baca: Cara Mengatasi Hama Penyakit Tomat Menurut Jenis Penyakit

Seperti janji kami diatas jika tidak dapat benih yang bagus untuk ditanam, kita bisa membuat benih sendiri dari tomat yang sudah matang. Langkah ini ekonomis dilakukan apabila sudah beberapa kali menanam tomat.

Membuat Benih Tomat

Pilih buah tomat yang sudah masak sempurna bebas dari penyakit. Jika dari kebun sendiri pilih dari pohon tomat yang tumbuh subur, tumbuh bongsor berbuah lebat. Pilih buah yang benar benar masak di pohon dan mempunyai kualitas bagus. Perhatikan juga bentuk buah normal tidak lonjong dan sebagainya.

Cara membuat benih tomat pertama biji tomat dikeluarkan dari buah setelah itu di cuci bersih. Setelah itu biji tomat dijemur dibawah sinar matahari selama 3-4 hari. Jika diukur sampai kadar air 6%. Tomat yang sudah kering siap untuk disemai.

Selengkapnya cara menanam tomat baca yang berikut

baca: Cara Menanam Tomat Agar Berbuah Banyak di Kebun

Demikianlah cara persemaian dan pembibitan tomat untuk skala rumah tangga atau untuk di budidaya. Bisa untuk tomat yang tumbuh di dataran tinggi atau di dataran rendah. Selamat mencoba semoga sukses.

Tinggalkan Balasan

Close Menu