Cara memelihara atau perawatan burung pleci kacamata yang baik tidak-lah sulit. Burung ini termasuk burung kicau mudah perawatan diantara burung kicau lain. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah pakan, perlakuan sehari-hari dan kebersihan kandang.

baca juga: 7 Burung kicau yang mudah perawatannya

Pleci Kaca Mata - Perawatan

Tiga hal itu harus diperhatikan setiap hari agar burung pleci kesayangan rajin berkicau, agar lebih jelas coba kita dilihat satu persatu dibawah ini.

Perawatan Burung Pleci

1. Pakan burung pleci yang baik

Makanan kesukaan pleci adalah pisang kepok, pepaya, apel, pir, tomat, dan buah-buahan lainnya.

Pakan untuk setiap hari cukup diberi pisang kepok, karena pisang kepok tidak gampang busuk dibanding buah lain. Satu pisang kepok biasa habis setelah 2 hari.  Karena burung pleci ini mungil, makannya juga sedikit. Apalagi kalau disediakan juga voer dalam kandang, tambah mantap deh.

Untuk minum usahakan ganti setiap hari dan beri tempat minum agak besar karena burung ini paling suka mandi di cepuk minum. Jadi pasti banyak air minum terbuang karena dipakai untuk mandi.

Burung pleci paling suka sama buah pepaya. Tapi untuk pakan harian pisang kepok aja, karena lebih praktis dan kotoran tidak bau, akan menggumpal, jadi mudah dibersihkan. Kalau pakan pepaya kotorannya encer berantakan mengotori kandang.

Supaya sehat seminggu sekali beri buah lain bisa pepaya, apel, pir dan lainnya.

2. Perawatan harian burung pleci

Setiap pagi pleci mandikan dengan semprot semprotan halus sekedar basah tidak sampai kuyup, karena pleci akan mandi sendiri di cepuk minum. Jadi ingat beri cepuk minum agak besar supaya dia bisa mandi, kalau cepuk ukuran kecil seringkali burung terjepit tidak bisa keluar, bisa berakibat burung mati.

Periksa makanan dan ganti minum, sekali-sekali beri pakan kroto sedikit saja atau ulat kandang juga boleh sedikit saja, karena di alam liar burung ini juga suka serangga kecil.

3. Kandang burung pleci

Setelah diangin-angin pleci di jemur sampai jam 10 atau jam 11 siang, tergantung cuaca. Usahakan tidak melihat pleci lain, kalau memang terpaksa tempat terbatas, jemur dengan jarak berjauhan semaksimal mungkin. Pasti akan berkicau saling balas. Kalau terlalu dekat di jemur kicau burung tidak power full, berkicau seadanya, beda atau di jemur berjauhan mereka akan saling ngotot.

Selesai dijemur angin-angin pada tempat teduh dulu dan terus krodong masuk ke rumah atau tempat teduh. Kalau banyak burung gacor lain di rumah pasti semua bakal ditiru. Kalau tidak ada burung lain setel saja suara masteran burung. Dijamin sebentar saja sudah bisa meniru suara master.

Sore jam 3 keluarkan burung lalu semprot halus. Anginkan lalu jemur lagi sampai jam 4-5 sore.
Selesai jemur anginkan sebentar tambah air minum terus kerodong lagi.

Kalau burung pleci kacamata dipelihara dengan tujuan untuk dinikmati suara. Setelah mandi jemur dan masukan dalam rumah tidak perlu dikerodong. Malam biasanya suka mandi lagi di cepuk minuman, setelah itu pleci suka ngoceh lagi semaunya

Demikian cara perawatan burung pleci yang baik, semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Close Menu