Cara perawatan burung lovebird yang baik untuk menjaga kesehatan burung Andari. Tips perawatan burung lovebird disini meliputi, persiapan kandang yang layak, makanan dan minuman yang baik untuk burung lovebird beserta kapan waktu memberi makan, makanan yang tidak boleh diberikan pada lovebird. Terakhir pejunjuk memandikan dan penjemuran lovebird.

Lovebird termasuk burung yang stabil dalam harga di kalangan pencinta burung. Karena pencinta burung ini masih banyak peminatnya. Membudikan burung ini masih mempunyai prospek cerah, belum tahu cara budidaya, baca cara jitu budidaya burung lovebird.

Sebelum budidaya mari belajar dulu cara perawatan burung lovebird yang baik di bawah ini.

Kandang Lovebird

Kandang lovebird harus menjadi perhatian baik itu ukuran, bahan yang digunakan dan perlengkapan kandang. Ukuran dan bentuk kandang banyak pilihan kalau kita pergi ke toko burung. Ukuran juga begitu ada yang segi empat atau segi enam. Usahakan pilih kandang yang ukuran besar supaya lovebird bebas bergerak, kal;au kecil tentu kurang memadai. Tiang penyangga kandang pastikan kuat sebgai contoh dari besi.  Sediakan tempat minum dan tempat mandi didalam kandang.
Memandikan Lovebird.

Ada lagi,  jangan lupa sediakan pasir grit atau totok cumi didalam kandang. Grit ini berfungsi untuk membantu pencernaan lovebird dan sebagai sarana dalam proses pembentukan cangkang telur.

Perawatan Burung Lovebird

Makanan dan Minum Lovebird

Pertama mari kita lihat dulu apa makanan burung lovebird ini di alam. Sebaiknya makanan lovebird juga menyesuikan dengan keadaan di alam agar tidak salah merawat lovebird. Jenis makanan yang di konsumsi oleh lovebird terdiri dari biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran. Di alam burung ini tanpa batas memakan makanan tersebut karena tidak ada yang mengontrol jadi bebas memakan sebanyak mungkin jika ketemu makanan. Karena di alam bebas burung ini bebas bergerak kemana mana oleh karena itu mereka memerlukan energi yang banyak pula. Hal seperti itu tidak ada masalah bagi kesehatan mereka.

Bagaimana kalau kita pelihara di kandang? Tentu agak sedikit berbeda dengan lovebird berada di alam bebas. Makanan yang diberikan harus dikurangi banyak mengandung zat lemak, seperti kacang-kacangan dan lain-lain. Dengan alasan burung berada di kandang kurang banyak bergerak sehinga tidak memelukan tenaga besar dibanding burung hidup di alam bebas. Jika makanan berlemak diberikan terlalu banyak membuat lovebird kegemukan. Kalau kegemukan lovebird jadi malas berkicau dan malas bergerak.

 Ini tips menu makanan lovebird

  • Berikan setiap hari bergantian sayuran segar seerti brokoli, toge, sawi, bayam, kangkung, jagung.
  • Berikan 2 sampai 3 kali seminggu buah buahan seperti apel, pepaya, pisang. Jika memberi buah apel pastikan bijinya sudah dibuang karena biji apel ini berbahaya bagi lovebird.
  • Minuman susu dapat diberikan sekali seminggu.
  • Kalau biji-bijian harus diberikan dengan jumlah terbatas.
  • Jangan beri makanan lovebird seperti alpukat, cokelat dan kopi karena makan ini berbahaya untuk lovebird.

Minum harus selalu tersedia dalam kandang. Air minum ini juga diganti setiap hari ini berguna untuk menjaga kesehatan burung Andari.

Memandikan Lovebird

Mandikan burung Lovebird kesangan Andari seminggu sekali dengan cairan anti septik untuk menjaga kesehatan burung terutama mematikan kutu-kutu yang berada pada bulu dan bakteri lainnya. Semprotkan dari atas menggunakan semprotan halus, siram sampai basah merata keseluruh tubuhnya.  Setelah itu dikeringkan dan dijemur.
Jangan lupa didalam kandang sediakan tempat mandi karena lovebird burung yang suka mandi.

Penjemuran

Untuk penjemuran tidak jauh berbeda dengan burung lain yaitu usahan burung lovebird Anda dijemur setiap hari kira-kira 2 sampai 3 jam, tapi jangan sampai gosong ya he he.

Demikian perawatan burung lovebird semoga membantu. Kalau menjalankan perawatan yang baik mudah mudahan lovebird selalu sehat dan berumur panjang.

Tinggalkan Balasan

Close Menu