Perawatan burung branjangan masa mabung perlu diberi perhatian ektra dari perawatan branjangan sehari hari. Masa mabung adalah dimana bulu burung rontok dan dalam masa pergantian tumbuh bulu baru. Masa pergantian bulu ini memerlukan kekebalan tubuh dan energi untuk kembali pada kondisi normal. Itulah sebabnya perlu mendapat perhatian lebih

Salah satu faktor penting yang harus mendapat perhatian lebih adalah pemberian pakan. Pakan yang akan diberi pada branjangan sedang mabung harus lebih baik dari segi gizi protein. Protein bisa dari hewan atau penambahan suplemen.

Perawatan Branjangan Mabung

 

Perawatan branjangan mabung secara umum

1. Bersihkan kandang dan burung dari hama seperti cacing, kutu, mikroba pengganggu dan parasit lainnya.
2. Lihat juga sekeliling tidak ada burung lain yang terkena virus atau sedang sakit yang menyebabkan branjangan  Andari tertular
3. Beri pakan yang baik dengan gizi yang cukup untuk menutupi dan memulihkan kondisi burung secepat mungkin.

 

Pola perawatan branjangan mabung

1. Sementara tempatkan branjangan pada daerah sepi, jauh dari gangguan kegiatan manusia atau binatang lain.
2. Branjangan lagi mabung sebaiknya di kerodong saja.
3. Tambahkan pemberian EF diberikan lebih banyak karena sangat diperlukan untuk pembentukan sel-sel baru dan untuk pertumbuhan bulu baru.
4. Beri BirdVit setiap hari atau campurkan BirdMineral ke dalam bubukan bata dalam sangkar branjangan.
5. Burung di master. Branjangan saat mabung lebih banyak kondisi pasif diam dan mendengar. Ini kesempatan untuk mengisi variasi suara sesuai dengan kemauan pemiliknya. Lakukan pemasteran dengan tepat, sesuaikan karakter dan tipe suara branjangan Andari dengan suara master.

Tips menggunakan BirdVit

Branjangan mabung disarankan memberi tambahan gizi, seperti BirdVit. Cara ini lebih baik karena BirdVit multivitamin dan multimineral sangat diperlukan burung selama masa mabung. BirdVit mengandung hampir semua vitamin dan mineral yang diperlukan burung, seperti Vitamin A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3. Zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sesungguhnya adalah salah satu bentuk dari Vitamin B) dan Ca-D Pantothenate. Mineral utama seperti potasium chlorida, sodium chlorida, magnesium sulfate, mangan sulfate, iron sulfate, zinc sulfate, copper sulfate dan cobalt sulfate.

Satu lagi selama menggunakan BirdVit, cukup memberi pakan seperti biasa tidak berlebihan tanpa khawatir kekurangan tenaga dll. Gizi yang sangat dibutuhkan saat burung branjangan mabung adalah untuk pertumbuhan bulu seperti asam amino mengandung sulfur seperti metionin dan sistin.

BirdMineral

Pada kasus tertentu branjangan bermasalah misal bulu mudah patah atau burung sakit-sakitan se sudah masa mabung, dikarena asupan mineral kurang. Kondisi seperti ini boleh diberi BirdMineral.

Kandungan dalam BirdMineral selain sebagai penjaga vitalitas burung juga sebagai penahan atau mengobati.

Hal lain yang perlu diperhatikan pada saat branjangan mabung

1. Penyakit yang disebabkan virus circovirus (Beak and Feather Disease) dan virus polyoma. Penyakit paling umum penyebab burung kesulitan memproduksi bulu. Psittacosis kronis, gangguan parasit dan infeksi bakteri pada usus dapat pula menyebabkan bulu burung sulit tumbuh.

2. Gizi buruk karena kurang asupan. Untuk memproduksi bulu secara normal memang sangat banyak protein dari  makanan

3. Hindari penggunaan bahan kimia. Kimiawi dapat menyebabkan bulu tidak tumbuh sempurna atau bahkan merusak bulu seperti Mebendazole. Bahan kimia ini akan menyebabkan bulu burung melintir jika diberi semasa mabung.

4. Hindari burung stres. Hal ini banyak penyebabnya seperti lingkungan yang kurang baik, pemberian makan dll.

Demikian tips cara perawatan burung branjangan lagi mabung yang kami sadur dari vdocd.wordpress.com semoga dapat membantu untuk kita semua, salam.

Tinggalkan Balasan

Close Menu