Home » Budidaya » Ikan » Cara Pembesaran Burayak Ikan Cupang Dengan Cepat

Cara Pembesaran Burayak Ikan Cupang Dengan Cepat

Cara pembesaran burayak ikan cupang dengan cepat merupakan keinginan kita setelah breeding. Pembesaran anak ikan merupakan lanjutan dari hasil pemijahan, maka dari itu harus dilakukan dengan teliti.

Sebelum breeding tentu sudah melakukan persiapan. Apa saja yang akan dibutuhkan saat anak ikan cupang sudah menetas. Biasanya persiapan sudah dilakukan saat kita akan mulai breeding seperti menyiapkan wadah, pakan dan alat-alat perlengkapan.

Bagi yang belum mengetahui cara pemijahan ikan cupang bisa dibaca pada artikel kami berikut.

baca: Cara Breeding Ikan Cupang di Akuarium

Jika sudah berhasil dalam pemijahan bisa langsung ikuti cara berikut.

Cara Pembesaran Burayak Ikan Cupang

Anak Ikan Cupang

Sepasang ikan cupang sudah selesai di kawinkan segera angkat induk betina, biarkan induk jantan yang menjaga telur sampai menetas.

Apabila burayak sudah dapat berenang bebas, induk jantan dapat segera diangkat dan tempatkan pada akuarium pengobatan atau akuarium karantina. Setelah 7 hari induk jantan sudah siap untuk dikawinkan kembali.

Burayak umur 2 sampai 3 hari tidak perlu diberi pakan karena ada cadangan kuning telur dalam tubuhnya.

Pembesaran burayak dengan cepat tidak sulit, walau begitu banyak juga yang gagal. Jangan sampai  anak ikan mati semua karena salah perawatan.

Memberi Tanaman Air

Meletakkan tanaman air pada wadah pemijahan dapat membantu menyumbang sedikit infusoria secara alami bagi burayak.

Infusoria adalah istilah global untuk makhluk air seperti ciliates, euglenoid, protozoa, alga uniseluler dan invertebrata kecil pada kolam air tawar.

Infusoria merupakan makhluk hidup dalam air dengan ukuran sangat kecil atau mikro. Karena ukuran infusoria yang sangat kecil (antara 25-300 micron) jadi bisa untuk pakan burayak (anakan ikan).

Setelah burayak dapat berenang bebas secara otomatis naluri alami mereka berburu makanan, dan secara naluri pula akan aktif menyerang sesuatu yang bergerak.

Pergantian Air

Selalu lakukan penggantian air dengan dengan standar 30%, dengan menggunakan selang. Sedot bagian dasar untuk membersihkan kotoran / sisa-sisa pakan.

Setelah itu tambahkan air baru secara perlahan, yaitu air yang telah diendapkan. Pergantian air baru akan merangsang aktivitas hormon anak ikan untuk agresif.

Untuk mengurangi naluri pertarungan gunakan tempat yang lebih besar. Bisa juga meletakkan tanaman air atau dapat juga menggunakan serabut tali plastik.

Tahapan Pembesaran Burayak Ikan Cupang

Burayak Umur 3-4 Hari

Pada saat burayak berumur 3-4 hari dapat diberikan vinegar eels.

Vinegar eels adalah pakanan anak ikan bisa dibeli di toko ikan atau secara online. Gerak dan bentuk vinegar eels yang kecil akan menarik minat burayak untuk memakannya.

Bisa juga memberi pakan burayak dengan infusoria, rotifera atau micro worms.

Burayak Umur 1 Minggu

Setelah burayak umur 1 minggu dapat diberi pakan kutu air saring atau BBS (Baby Brine Shrimp)/Artemia yang telah dikultur.

Burayak Umur 3 Minggu

Pemberian kutu air dan Artemia bisa dilanjutkan sampai umur 3 minggu, dapat juga kombinasi dengan cacing tubifex sp., chironomus sp., ataupun vinegar eels karena pertumbuhan burayak sering kali tidak sama.

Burayak Umur 5 Minggu

Burayak umur 5 minggu siap untuk dilakukan pendederan atau dipindahkan pada tempat yang lebih besar. Pada saat ini porsi pemberian pakan lebih banyak dan lakukan penggantian air secara terus menerus.

Anak ikan cupang usia 4 hingga 6 minggu mulai terbentuk organ labyrinth dan mereka mulai menuju ke permukaan air untuk bernafas langsung dari udara.

Burayak Umur 6 Minggu

Setelah anak ikan umur 6 minggu pemberian pakan mulai bervariasi, cuk, kutu air dan bloodworm.

Catatan setiap pemberian pakan usahakan pas tidak berlebihan. Jika pakan berlebihan membuat air cepat kotor tapi jika kurang anak ikan juga lambat perkembangannya.

Anak Ikan Umur 7 Minggu

Anak ikan umur 7 hingga 8 minggu mulai dapat memilah jantan atau betina.

Anak Ikan Umur 10 Minggu

Anak ikan cupang umur 10 hingga 12 minggu dapat memilah berdasarkan kelas A, B, atau C. pisahkan mereka karena masing-masing memiliki nilai jual berbeda.

Pilih anak ikan cupang berkualitas super, tempatkan pada akuarium terpisah

Demikian cara pembesaran burayak atau anak ikan cupang dengan cepat sampai siap jual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.