Cara pemberian pakan ikan bandeng info kami kali ini. Sesuai sifatnya bandeng termasuk hewan herbivora, maka dari itu ikan ini suka memakan tumbuh-tumbuhan yang ada di dalam kolam. Tumbuhan yang disukai ikan bandeng diantaranya lumut, ganggang dan klekap.

Pakan Ikan Bandeng

Sebelum masuk ke cara pemberian pakan ikan bandeng sebaiknya lakukan persiapan persiapan lahan karena akan sangat membantu ketersediaan pakan dalam kolam.
baca juga: Persiapan lahan untuk kolam pembesaran

Nah untuk mempercepat pertumbuhan bandeng perlu pakan buatan pabrik dengan standar nutrisi agar tumbuh optimal dengan kadar protein minimal 25 – 28 %.

Sebagai hewan herbivora, unsur tumbuhan dalam pakan memang sangat penting. Oleh karena itu, sebaiknya bahan baku unsur protein harus didominasi dari sumber tumbuhan atau nabati dari tepung kedelai atau bungkil kacang tanah.

Sebagai acuan pemberian pakan adalah, jumlah pakan 5 – 7% dari berat badan. Waktu pemberian 3 – 5 kali sehari.

Penambahan NASA pada pakan buatan merupakan salah satu pilihan untuk meningkatkan pertumbuhan dan ketahanan tubuh bandeng. NASA mengandung mineral-mineral penting, protein, lemak dan vitamin akan menambah kandungan nutrisi pakan.

Dosis pencampuran NASA dengan pakan buatan adalah 2 – 5 cc/kg pakan dengan cara:
1. Timbang pakan sesuai dengan kebutuhan bandeng
2. Beri pakan sedikit air agar mudah pencampuran dengan NASA sampai merata.
3. Campur NASA sesuai jumlah pakan diberi dosis 2 – 5 cc/kg pakan.
4. Pakan siap untuk diberikan.

Cara pemberian pakan dilakukan dengan menyebar secara merata pada seluruh areal kolam. Hal ini bertujuan agar seluruh bandeng dapat pakan.

Demikian cara pemberian pakan ikan bandeng agar tumbuh optimal. Diharapkan dengan pemberian pakan yang baik ikan bandeng dapat tumbuh untuk menunjang usaha budidaya bandengsource:teknis-budidaya(dot)blogspot(dot)com

This Post Has 2 Comments

  1. NASA itu apa dan caranya gmn supaya bobot ikan bandeng jadi berat dan tumbuh optimal.bls

Tinggalkan Balasan

Close Menu