Cara merawat burung Merpati Tinggian juara adalah salah satu tips paling banyak dicari oleh penggemar Merpati. Juara di arena lomba tidak jadi begitu saja, tentu ada upaya dari pemilik merawat dengan penuh perjuangan. Perawatan harus sudah mulai dari Merpati masih kecil dan terus di upayakan sampai ikut lomba. Lomba yang diikuti tidak cuman satu kali tapi sudah berkali kali.

Merpati Tinggian Adalah

Merpati Tinggian adalah Merpati yang biasa lomba dengan cara melepas burung dari jarak tertentu dan finish pada tempat yang telah disediakan. Jarak pelepasan burung di tentukan dari acara lomba, bisa 1-2 Km atau bisa juga diatas 5 Km.

Tempat finish juga bermacam-macam ada kala panitia menyediakan kolong dan juga ada meja atau kandang. Burung harus mendarat tepat pada sarana yang telah disediakan, sebelumnya sudah di sepakati oleh peserta lomba.

Burung yang diterbangkan adalah burung jantan sedangkan betina untuk klepak memancing jantan mendekati lokasi.

Penggemar burung Merpati tinggian terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari pengusaha, karyawan biaya atau orang kebanyakan. Mereka rata-rata hobi Merpati sekaligus peternak. Sebagian ada yang telah mendapat keuntungan tinggi dari hasil jual beli burung merpati. Masing masing punya cara sendiri merawat Merpati

Uniknya keuntungan didapat selain dari penjualan burung dan telur tapi juga dari sewa. Sewa merpati bisa dipakai untuk lomba atau untuk pejantan. Burung yang disewakan adalah Merpati telah mempunyai prestasi bagus di arena lomba.

Umumnya para hobiis tidak saja merawat tapi juga ternak Merpati. Peternak tidak memelihara satu jenis merpati saja, tapi berbagai macam jenis merpati seperti merpati pos, merpati tinggi merpati balap.

baca juga: Cara Beternak Merpati

Khusus Merpati tinggian harga sangat baik bisa diatas Rp. 1 juta bahkan banyak sepasang Merpati tinggi dihargai diatas Rp. 5 juta. Merpati dihargai tinggi yaitu sudah mempunyai prestasi. Untuk berprestasi perlu perawatan dan latihan yang baik mula dari anakan.

Ada Merpati harga sangat fantastis termahal di dunia lihat di link berikut

baca: Merpati Paling Mahal di Dunia Terjual Rp20 Miliar

Arena Merpati Kolong

Perawatan Merpati Tinggi Juara

Merawat Merpati tinggi juara masing masing orang berbeda, itu sah sah saja. Berikut ini salah cara perawatan Merpati tinggi yang sudah pernah berprestasi kami dikutip dari berbagai sumber.

1. Pakan
Langkah awal perawatan Merpati Tinggian memperhatikan pakan. Untuk pakan peternak memberikan makan berupa jagung, beras merah dan kacang hijau. Kalau minum biasa diberi air minum dicampur dengan neo antiseptic, ini bertujuan untuk mencegah penyakit dan kutu pada bulu Merpati. Selain makanan dan minuman diatas diberikan juga suntikan vaksin tiap 3 bulan sekali.

2. Dijemur
Merpati juga harus dijemur setiap pagi dibawah sinar matahari langsung agar burung tidak mudah kena penyakit dan membuat tulang mereka kuat. Tulang yang kuat sangat dibutuhkan oleh Merpati tinggi mengingat jarak lepas saat lomba sangat jauh.

3. Latihan
Latihan salah satu syarat Merpati dapat berprestasi atau tidak. Memelihara dan melatih burung merpati dibutuhkan kesabaran. Melatih burung harus dimulai dari anak burung sampai burung mau ikut lomba.

baca: Cara Melatih Burung Merpati Pos

4. Uji Coba
Selain dilatih sendiri Merpati juga rajin di uji coba dengan burung merpati milik tetangga atau teman sesama penghobi. Mendekati hari lomba Merpati juga semakin sering di uji coba. Sesudah uji coba dengan burung tetangga Merpati juga diasah ketajaman dengan sering mengikuti lomba.

5. Jenis Merpati
Jenis Merpati juga harus diperhatikan. Salah dalam memilih jenis merpati tidak akan berprestasi walau dilatih sekeras apapun. Burung Merpati yang digunakan oleh kontestan lomba tidak jenis merpati biasa, tapi jenis Merpati pilihan yang memiliki ketangkasan dalam terbang tinggi sehingga burung itu punya bakat dan terlatih juga sangat jinak. Ingin tahu jenis Merpati?

baca: Jenis Merpati populer dan Bagus Bagus

6. Mandikan sebelum lomba
Langkah terakhir perawatan Merpati Tinggian juara yaitu persiapan lomba. Tips ini dari teman yang tidak mau disebutkan namanya jika mau lomba, sore / malamnya mandikan dengan sampo agar bulunya bersih sehingga terbang ringan dan bagus. Tapi kalau tidak yakin jangan lakukan bro.

Semoga membantu cara merawat burung Merpati tinggian juara.

This Post Has 3 Comments

  1. klo dimandiin mlem pke sampo apa ga kedinginan dia boz..

  2. salam kenal

Tinggalkan Balasan

Close Menu