Merawat burung Ciblek liar yang baru ditangkap dari gunung harus mendapat perhatian khusus. Kalau salah perawatan bisa resiko fatal, Ciblek Andari bisa mati. Burung liar dimaksud adalah dari menangkap sendiri di hutan atau orang lain yang menangkap di hutan dan Anda baru membeli di pasar burung atau dimana aja.

Kalau mau membeli di pasar burung saya punya tips sedikit yaitu. Pilih burung Ciblek yang masih muda dan sehat. Ciblek masih muda terlihat sehat lincah segar dan mulus. Jangan pilih kaki burung yang sudah bersisik atau bulukan, tapi pilih yang terlihat rapi dan kecil. Ciblek yang mau dibeli juga pilih yang lincah sayap rapat mata terlihat jernih dll, sebagai tambahan baca juga ini ciri ciblek yang baik.

Setelah memilih Ciblek sekarang waktunya perawatan. Ciblek yang baru ditangkap harus memperhatikan terutama masalah pakan dan menjinakkan. Maka dari itu simak saja yang berikut ini :

Burung CIblek Liar

 

Perawatan Burung Ciblek Baru Ditangkap

  1. Tempatkan burung Ciblek pada daerah yang sepi jauh dari kebisingan dan gangguan lain selama 3 hari atau 4 hari di sesuai kondisi. Pada kondisi penyesuaian ini sangkar ditutup dulu dengan kain pada bagian dinding, samping kiri, samping kanan dan belakang, biarkan bagian depan aja yang terbuka. Untuk pakan diberi kroto segar pagi dan sore. Minuman dicampur multi vitamin, ini untuk menjaga kesehatan burung dan menghindari stres.
  2. Setelah itu pakan boleh dicampur, antara kroto dengan voer. Kroto dicampur dengan voer lembut dan sedikit air. Pakan ini diberikan pagi dan sore. Hari berikutnya campuran voer dapat ditambah, sebagai contoh campuran kroto dengan voer 3 : 1, hari berikut 1 : 1, hari berikut 1  : 3. Dapat juga tambah dengan jangkrik 2. Setelah beberapa hari campuran kroto bisa diganti dengan ulat hongkong.
  3. Setelah warna kotoran sudah menyerupai warna voer langkah selanjutnya memberikan voer kering 100% selama 1 minggu di seling dengan memberi extra fooding berupa kroto segar / jangkrik / ulat hongkong dengan jumlah terbatas setiap pagi dan sore. Pada tahap ini sudah boleh membuka tutup kain samping dan belakang agar burung terbiasa dengan suasana baru. Selanjutnya Burung Ciblek sudah bisa diberi pakan voer semua. Walaupun demikian alangkah baiknya ciblek diberi selingan extra fooding kroto, jangkrik atau ulat hongkong secara bergantian mengingat kebiasaan burung ini di alam bebas.

Menjinakkan Burung Ciblek

1. Tempatkan burung pada area yang ramai dengan cara menggantung pada posisi tinggi. Kemudian posisi gantungan makin lama makin rendah.

2. Biasakan juga Cibelk diberi jangkrik, kroto atau ulang hongkong dengan tangan. Dengan demikian ciblek akan terbiasa dan merasa tidak membahayakan mereka.

Demikian tips cara perawatan burung Ciblek baru ditangkap dari hutan dan cara menjinkannya dari saya. Mudah mudahan dengan cara ini tiga sampai empat bulan kemudian Ciblek Andari sudah rajin berkicau.

Tinggalkan Balasan

Close Menu