Berikut ini cara merawat burung kenari bagi pemula disajikan secara lengkap. Seperti banyak diketahui burung kenari banyak penggemar, selalu saja ada orang baru ingin merawat kenari. Semakin hari penggemar kenari selalu bertambah karena mudah perawatan. Hal ini tidak mengherankan, karena makin banyak orang yang suka dengan burung kicau.

Perawatan Kenari

Kenapa orang memilih kenari? Salah satu alasannya adalah perawatan mudah dan merupakan salah satu burung dengan perawatan gampang terutama bagi pemula.

Ingin tahu 7 Burung kicau degan perawata mudah coba lihat disini dan bandingkan.

Burung kenari juga mempunyai kicau merdu enak untuk didengar. Selain itu burung ini juga memiliki variasi warna banyak dan sering juga dipakai untuk lomba.

Perawatan Burung Kenari

1. Karakter dasar burung kenari

Burung kenari sangat mudah menyesuaikan diri terhadap lingkungan baik itu cuaca dan lingkungan setempat. Burung kenari termasuk burung petarung dan penyanyi. Hanya dengan melihat burung lain semangat tempur langsung naik. Burung ini juga jinak terhadap manusia dan tidak mudah stres karena burung kenari sudah sangat lama ditangkar orang.

baca juga: Karakter dasar burung kenari

2. Cara memilih bakal kenari

Berkelamin jantan, ciri-ciri kenari jantan bisa dilihat dari fostur tubuh lebih serasi, mengeluarkan kicau lebih nyaring dari betina, memiliki vent lebih panjang. Pilih bentuk paruh dengan pangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Kepala berbentuk kotak, leher panjang padat berisi.

baca juga: Cara memilih bakal kenari yang baik

3. Pakan Burung Kenari

Pakan utama burung kenari adalah Canary Seed. Akan tetapi kita juga bisa memberi pakan dari biji-bijian yang telah dicampur. Bisa juga memberi sayuran dan buah-buahan. Burung kenari sangat suka dengan sayuran daun selada, sawi, mentimun, paprica, wortel. Kenari suka juga dengan buah apel, pir, jagung. Untuk protein bisa memberi kroto.

Kroto dapat diberikan 1 sendok teh maksimal 2x seminggu, telur puyuh dapat diberikan 2x seminggu. Beri multivitamin dicampur pada air minum seminggu sekali saja.

baca juga: Pakan burung kenari yang baik

4. Stelan harian kenari

Tidak jauh berbeda stelan harian burung kenari dengan burung kicau lain. Hal paling penting adalah ketekunan dan perawatan secara terus menerus. Kira gambaran stelan harian kenari seperti berikut.
Jam 7 pagi kenai di angin-angin, jam 7.30 burung dimandikan, bersihkan kandang

Ganti dan tambah pakan minum. Antara Jam 8 sampai jam 11.00 burung dijemur kurang lebih 1 atau 2 jam. Selama penjemuran sebaiknya kenari tidak melihat burung sejenis lain.

Selama penjemuran, sebaiknya burung tidak melihat burung sejenis. Setelah itu kenari di angin-angin selama 10 menit dan kerodong kembali. Siang burung bisa didengarkan masteran. Sore hari 15 kenari angin-angin kembali. Jam 18.00 kenari kerodong kembali dan dengarkan masteran.

baca juga: Stelan harian burung kenari

5. Mengatasi kenari over birahi

Kenari termasuk burung mudah birahi untuk itu perlu penanganan khusus. Kita perlu merubah cara perawatan harian dan pakan yang diberikan. Mengatasi kenari over birahi seperti berikut:

Beri pakan sayur mentimun selama 2 hari berturut-turut, pola mandi dibuat lebih sering, misalnya pagi-siang dan sore, lamanya penjemuran kurangi menjadi 30 menit dalam sehari, waktu umbaran diatur lebih sering dan lebih lama.

6. Mengatasi kenari lagi drop

Kondisi drop adalah dimana kenari lagi loyo kurang bergairah. Kondisi demikian bisa diberi apel selama 4 hari berturut-turut. Perbanyak pakan campuran Lin Seed, Niger Seed dan biji fumayin pada pakan bijian.

Tambahkan juga porsi pemberian kroto menjadi 3x seminggu. Mandi juga dikurangi menjadi 2 hari sekali saja. Setelah itu burung segera di-isolasi jangan melihat dan mendengar burung kenari lain. Penjemuran ditambah 2-3 jam/hari.

baca juga: Mengatasi kenari over birahi dan kenari mabung

7. Perawatan kenari untuk lomba

Perawatan kenari untuk lomba sedikit berbeda dengan perawatan harian. Tapi kadang tidak sama antara burung satu dengan lainnya. Disini lebih utama kejelian pemilik melihat kondisi dan karakter kenari peliharaan mereka.

Walau tidak sama, ini sebagai contoh saja.
dari H -6 sebelum lomba, kenari di-isolasi dari burung lain.
H -3 sebelum lomba, diberi buah apel diselingi dengan kroto.
H -2 sebelum lomba, kenari dijemur 30 menit saja.
1 jam sebelum lomba, beri kenari telur puyuh.

8. Perawatan setelah lomba

Untuk mengembalikan dan memulihkan kondisi burung setelah lomba burung mendapat perawatan khusus.
Pakan dan setelan kembali ke stelan harian. Beri multivitamin pada air minum H +1 setelah lomba. Penjemuran maksimal 30 menit saja sampai H +3.

9. Perawatan kenari masa mabung

Masa mabung adalah masa dimana burung mengalami siklus rontok bulu. Masa ini lumrah terjadi pada burung. Tapi justru pada masa ini adalah burung lagi rawan dan butuh perhatian ektra. Burung butuh nutrisi yang tepat dan kenyamanan lingkungan.

Kerodong kenari dan tempatkan pada lokasi yang tenang jauh dari kesibukan manusia dan hewan lain. Mandikan kenari 1 kali seminggu saja, penjemuran 30 menit setiap hari,pemberian pakan ditambah. Beri Multivitamin yang bagus campur pada air minum 2x seminggu. Lakukan juga masteran, karena masa mabung burung lebih banyak diam dan mendengar, sangat tepat untuk mengisi variasi suara.

baca juga: Perawatan kenari mabung

Itulah cara merawat burung kenari bagi pemula disajikan secara lengkap, mudah-mudahan bisa membantu.

Tinggalkan Balasan

Close Menu