Merawat Burung Ciblek supaya tetap gacor itu mudah, asal tahu caranya. Perawatan setiap hobiis tidak selalu sama, masing-masing punya kiat sendiri-sendiri. Faktor burung juga berpengaruh, burung yang sudah lama dengan hobiis tentu sudah mengerti bebiasan sehari hari, lebih mudah dipahami. Berbeda dengan burung yang baru dibeli harus sedikit extra perhatian sampai satu hati dengan empunya.

Faktor pengalaman juga mempengaruhi, semakin lama memelihara burung ini tentu semakin jeli dan peka terhadap segala kemungkinan.

Sebenarnya apa daya tarik burung ini ya, mau tahu lebih lanjut daya tarik burung ciblek.

Ini ada sedikit pengalaman dari rekan kita yang suka memelihara burung ciblek ekhagreen.blogspot.com. Dia mau berbagi dengan kita. Mau coba yang satu ini?

 

Merawat Burung Ciblek

 

Perawatan Harian Burung Ciblek

Pagi hari jam 05.00 wib mulai buka kerodong terus gantung di luar rumah, ini yang dinamakan diembun-embunkan, perlakuan ini sebenarnya berlaku juga hampir semua jenis burung. Mereka senang dengan suasana pagi menjelang matahari terbit.

Jam 07.00 wib burung ciblek diberikan makan extra fooding jangkrik kecil 2-3 ekor ditambah kroto ¼ – ½ sendok teh dan ulat hongkong 2 – 4 ekor. Untuk extra fooding ini tdak mengikat boleh disesuaikan dengan settingan masing-masing.

Setelah itu burung dimandikan dengan cara semprotan halus lembut supaya ciblek tidak kaget. Mandikan perlahan sampai burung basah semua. Setelah mandi dilanjukan penjemuran. Penjemuran dapat dilakukan setelah jam 07.00 wib sampai jam 09.00 wib.

Setelah penjemuran burung ciblek gantung ditempat teduh. Boleh didekatkan sebentar dengan burung yang bersuara atau ingin menggesek dengan burung sudah jadi. Setelah itu burung di kerodong, ini juga untuk mengurangi hawa panas pada siang hari dan dekatkan pada burung kicau lainnya seperti burung kenari. Hal ini dapat dilakukan setiap hari tenggang waktu 4 – 5 jam, ya boleh sampai sore.

Kira kira sore jam 16.00 wib kerodong dibuka kembali dan diberi makan extra fooding dengan jumlah yang sama pada waktu  pemberian pagi. Selanjunya burung dimandikan sama seperti di pagi hari. Setelah itu ciblek dikeringkan atau jemur setengah jam atau sampai satu jam. Setelah sore jam 17.00 wib burung di kerodong kembali sampai besok hari.

Antara ciblek jantan dan betina gacoran mana ya, yang jantan tentu, tapi apa bedanya?. Coba lihat di ciri ciblek jantan atau betina.

Oh ya itu tadi rutinitas perawatan burung ciblek agar tetap gacor. Ingin mencoba tips ini silahkan. Tips tambahan masalah makanan usahakan selalu kesegaran dan asupan gizinya terjaga dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Close Menu