Cara menghasilkan bebek potong seragam pada saat panen sangat terkait dengan bagaimana cara beternak bebek jantan yang tepat, sehingga dicapai berat dan bentuk diinginkan. Memperhatikan berat dan bentuk keseragaman itik akan mudah dari segi pemeliharaan dan pemasaran.

Hal demikian bisa didapat dimulai dari pembelian DOD atau pemilihan jika di tetas sendiri.

Bebek Potong Seragam

 

Petunjuk Praktis Menghasilkan Bebek Potong Seragam Saat Panen:

1. Tips membeli DOD seragam
Beli DOD berat dan bentuk badan seragam. Salah satu caranya dengan menjalin kerjasama dengan produsen DOD  terpercaya. Apabila membeli DOD jauh dari lokasi ternak maka perlu memperhatikan penanganan DOD ketika akan dikirim dan awal kedatangan dikandang kita.

Produsen bibit Bebek biasanya memberi tambahan kecambah dalam box sebagai ganti minum selama perjalanan. Kecambah adalah sayuran yang banyak mengandung air dan tidak mengandung pestisida sehingga aman dikonsumsi anak itik. Segera setelah DOD sampai di kandang, DOD diberi minuman ber-energi tinggi dan ber-elektrolit. Pemberian minum dilakukan dengan segera bertujuan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, sehingga kehilangan berat badan dapat dicegah, sedangkan minuman ber-energi sebagai sumber tenaga baru.

Jika hal ini dilakukan, maka kehilangan berat badan dapat dicegah dan DOD akan mempunyai kesehatan  normal kembali. Terlambat penanganan ketika baru datang dapat terlihat dari berat DOD tidak seragam nantinya.

2. Pilih jenis bebek kelamin jantan
Secara umum dan sudah terbukti baik secara teori maupun praktek bahwa laju pertumbuhan Bebek jantan lebih cepat dari pada itik betina sehingga berat badan akhir pada umur panen akan berbeda. Oleh karena itu memelihara DOD untuk tujuan potong sebaiknya pilih satu jenis kelamin saja yaitu jantan. Hal ini tidak sulit karena produsen DOD itik telah menjual secara terpisah antara jantan dan betina. Memilih bebek jantan lebih menguntungkan karena harga DOD jantan lebih murah dari DOD betina.

3. Jumlah tempat pakan dan minum memadai
Tidak bisa dipungkiri bahwa jumlah tempat pakan dan minum adalah salah satu faktor pendukung menghasilkan Bebek potong seragam. Jumlah tempat pakan dan tempat air minum terlalu sedikit akan membuat itik saling berebut dalam memperoleh pakan dan minum. Ternak yang dominan akan dengan mudah mendapat pakan dan minum sedang ternak yang kalah akan kesulitan. Biasanya peternak memberi tempat pakan sebanyak 3-4 buah untuk 50 ekor. Begitu juga kebutuhan tempat minum tidak jauh beda dengan jumlah kebutuhan tempat pakan

4. Kepadatan kandang yang baik
Kepadatan kandang juga dapat mempengaruhi keseragaman berat badan. Kandang terlalu padat menyebabkan Itik tidak mendapat pakan dan minum secara serentak. Kepadatan kandang terlalu tinggi dapat muncul stress dan prilaku dominasi pada sekelompok itik. Kepadatan kandang 10-15 ekor/m2 untuk itik umur 5-6 minggu dianggap baik.

5. Pilih Bentuk pakan Itik Seragam
Selain masalah kualitas dan kuantitas pakan,  keseragaman bentuk pakan mungkin sering terlupakan oleh peternak. Perlu diketahui bahwa pakan yang tercampur secara tidak merata dapat menyebabkan tidak seragam berat akhir bebek potong. Ada bebek kelebihan dalam menerima zat gizi dan ada bebek kurang mendapat  zat gizi. Karena mencampur pakan mungkin ada bagian kaya akan zat gizi atau sebagian tidak. Untuk menghindari hal ini, lakukan pencampuran bahan pakan secara merata.

6. Abnormalitas dan penyakit
Abnomalitas bibit bisa disebabkan oleh kelainan metabolik seperti defisiensi atau kelebihan zat gizi. Kelainan metabolisme dapat mempengaruhi tingkat efisiensi dalam penggunaan pakan sehingga berpengaruh pula pada laju pertumbuhan.

Abnormalitas seperti Itik yang mengalami kelainan kaki (pengkor), ia akan sulit mendapa pakan dan minum dan kekurangan zat gizi, sehingga pertumbuhan terhambat.

Kalau Itik terkena penyakit secara umum berakibat nafsu makan menurun sehingga jelas akan berpengaruh pada pertumbuhan. Kalau demikian maka langkah tepat adalah variasi cara memperlakukan individu. Ternak yang terkena gangguan abnormalitas atau penyakit pada kandang tersendiri. Cara ini agar kelak mendapat itik potong seragam.

7. Pencahayaan merata
Ternak yang mendapat tingkat cahaya berbeda akan berbeda pula tingkat pertumbuhannya. Tingkat pencahayaan berbeda akan berpengaruh pada stimulasi pada glandula pituitari sehingga dapat penyebab sebagian ternak mencapai dewasa kelamin lebih awal atau lambat. Untuk mengatasi apabila pencahayaan kurang, cuaca mendung atau hujan maka dapat dilakukan penambahan cahaya secara buatan.

8. Suhu kandang merata
Suhu mempengaruhi pertumbuhan ternak. Pada saat anak itik masih umur DOD maka anak itik masih memerlukan panas tambahan.  Maka perlu pemberian suhu pemanas buatan yang tepat agar mampu menciptakan suhu kandang ideal. Sebagai contoh anak itik yang mendapat panas berlebihan, nafsu makan akan menjadi menurun sedangkan nafsu minum akan meningkat begitu pula sebaliknya. Demikian pula masalah letak posisi kandang, bagian kandang terkena sinar matahari tidak mudah lembab.

Demikian cara jalan keluar dan penyebab tidak seragam bebek pada saat umur potong. Sebagian besar penyebab berasal dari manajemen pemeliharaan, berujung pada berkurangnya keuntungan atau menjadi salah satu sebab kerugian, tapi kalau ini teratasi akan mendapat keuntungan berlipat.

baca juga: Untung Besar dari Usaha Budidaya Bebek.

Semoga dapat membantu.

Tinggalkan Balasan

Close Menu