Cara mengatasi hama penyakit tomat keriting, layu, busuk buah dan menguning atau sesuai jenis hama sebagai sajian kami kali ini. Emang salah satu kendala menanam tomat adalah banyak hama penyakit. Apalagi pada area tanam tidak kondusif kebersihan tidak terjaga dengan baik dan lingkungan kurang mendukung .

Tomat adalah tanaman sayuran berbentuk buah sangat mudah tumbuh. Tomat juga banyak jenis dan varietes, diantaranya adalah tomat mutiara, ratna, precious dan banyak lagi yang lain. Semu jenis itu mudah menanam dan gampang perawatan.

Menanam tomat bisa dilakukan di lahan terbuka atau bisa juga ditanam dalam polybag. Jika ingin lebih gampang dalam perawatan lebih baik menanam tomat dalam polybag. Dengan menggunakan polybag mengatasi hama dan penyakit lebih sedikit dari menanam tomat di sawah atau di kebun.

Lebih lengkap mengenai cara menanam tomat dengan baik disini

baca: Cara Menanam Tomat Agar Berbuah Banyak di Kebun

Tapi bukan tidak bisa tomat tumbuh dengan baik di area terbuka. Kedua area tanam tersebut bisa digunakan baik itu lahan terbuka atau dalam polybag. Pengendalian hama pada kedua lahan tersebut hampir sama, cara berikut ini bisa digunakan.

Hama Penyakit Tomat

Seperti disinggung diatas hama penyakit tomat banyak sekali. Kami sudah rangkum beberapa hama dan penyakit tomat yang sering menyerang beserta cara pengendaliannya. Kami susun berdasarkan jenis penyakit atau hama yang penyerang.

Mengatasi Hama Penyakit Tomat

1. Cara Mengatasi Penyakit Tomat Layu Patah dan Roboh
Ulat tanah berada didalam tanah, mereka bersembunyi tidak terlihat. Ulat tanah menyerang tanaman tomat yang masih muda. Tanda hama ulat tanah ini menyerang yaitu tanaman jadi roboh karena batangnya patah dan layu.

Cara mengatasi hama ulat tanah ini dengan dengan menyemprotkan pestisida dengan dosis 1 cc/liter air

2. Cara Mengatasi Penyakit Tomat Busuk Buah
Hama ulat buah menyerang buah tomat yang masih muda dengan membuat lubang-lubang kecil. Namun sayangnya gejala hama penyakit ini baru bisa terlihat saat buah sudah besar yaitu ditandai dengan buah cepat busuk.

Cara mengatasi hama ulat buah tomat ini dengan dengan menyemprotkan pestisida dengan dosis 1-2 ml/liter air

3. Cara Mengatasi Penyakit Tomat Keriting dan Layu
Penyakit layu tanaman ini disebabkan oleh jamur Fusarium oxysporum. Tanaman tomat yang diserang adalah daun muda.

Gejala penyakit tomat ini adalah daun muda jadi layu dan daun tua mengering. Pada akhirnya tomat mati karena pertumbuhan berhenti.

Belum ada cara mengatasi penyakit layu daun muda tomat. Cara mengatasinya yaitu dengan mencabut tanaman dan membakarnya. Ganti dengan yang baru. Sebagai langkah pencegahan yaitu dengan menanam varietes tomat yang tahan terhadap penyakit layu. Bisa mengganti dengan varietes tomat Intan, Berlian, Ratna dan lain-lain.

4. Pengendalian Penyakit Bercak Daun atau Cacar Daun
Penyakit tomat ini menyerang daun tanaman terlihat tanda bercak-bercak cokelat tua dengan bentuk bulat. Setelah itu bercak membesar, daun menjadi kering dan gugur. Apabila serang hama ini cukup hebat batang dan buah juga ikut diserang sehingga tomat tidak berbuah lagi.

Cara penanggulangan penyakit bercak daun tomat ini dengan menyemprotkan pestisida.

5. Cara Mengatasi Penyakit Busuk Kering atau Leher Akar
Penyakit busuk kering tomat biasanya menyerang persemaian dan tanaman muda. Penyebab penyakit busuk kering disebabkan oleh jamur Rhizoctonia Solani.

Gejala tomat terserang busuk kering atau cekik atau leher akar mengecil, akar menjadi busuk kering.

Cara mengatasi busuk akar tomat muda yaitu dengan menyemprotkan pestisida dengan dosis 2 g/liter air.

baca juga: Cara Persemaian dan Pembibitan Tomat

6. Mengatasi Penyakit Tomat Mozaik atau Tidak Rata
Penyakit mozaik bisa menyerang daun maupun buah tomat. Penyakit disebabkan oleh virus Tobacco Mozaic.

Gejala tomat terserang penyakit ini timbul mozaik hijau muda atau hijau tua. Jika menyerang daun muda, daun akan mengerut dan jika menyerang buah, buah akan tumbuh kerdil disertai bentuk tidak normal.

Penyakit mozaik tomat belum ada obatnya. Untuk menanggulangi penyakit mozaik dengan mencabut tanaman dan membakar agar tidak menular ke tanaman lain.

7. Mengatasi Hama Nematoda Akar Bengkak Tidak Rata
Hama ini berada dalam tanah mereka bersembunyi. Gejala tomat terserang nematoda pertumbuhan akar tidak normal, akar membengkak dan daun cepat tua kemudian jatuh ke tanah.

Cara mengatasi hama nematoda pada tomat yaitu dengan lakukan pencegahan pada saat pengolahan tanah. Tanah atau media tanam diberi furadan dengan dosis 100 gram untuk lahan 100 m². Jika lahan lebih luas gandakan saja sesuai kebutuhan.

Cara pemberian yaitu furadan dicampur dengan tanah secara merata menggunakan alat seperti cangkul dan lain sebagainya.

Demikian Andari beberapa cara mengatasi hama penyakit tomat yang sering menyerang. Semoga dapat membantu dan sukses dalam usaha budidaya tomat.

Tinggalkan Balasan

Close Menu