Hama penyakit Ikan Koi merupakan momok bagi peternak ikan termasuk rekan-rekan petani dari Blitar. Ada hama penyakit bisa disembuhkan dan ada pula tidak bisa disembuhkan. Ikan Koi mempunyai kemiripan dengan ikan Mas, begitu juga dengan hama penyakit yang sering menyerang.

baca juga: Cara Budidaya Ikan Koi Mudah dan Berhasil

Ada hama Koi sifatnya mengganggu dan ada juga yang sifatnya merusak dan mematikan. Ikan yang terserang hama penyakit ditandai dengan gejala perkembangan ikan tidak normal atau terlihat cacat bekas pada kulit, ukuran kerdil, warna tidak cerah, kulit rusak dan yang fatal sampai mati.

Selain penyakit disebabkan oleh hama bisa juga disebabkan oleh lingkungan. Contohnya kondisi kolam tidak layak seperti air tidak bersih, banyak tanaman mengganggu atau lokasi kolom tidak strategis.

Kolam dengan kurang mendapat sinar matahari juga mengakibatkan Ikan Koi tidak sehat.

Hama Penyakit Koi

Cara Mengatasi Penyakit Ikan Koi Disebabkan Oleh Hama

Penyakit pada pemeliharaan Induk Koi diantara lain disebabkan oleh beberapa hama, biasanya terdapat pada sekitar lingkungan kolam. Hama penyakit tersebut antara lain ular, belut, ucrit (ulat dengan dua capit pada kepala), kutu ikan, kepiting sawah, dan cacing jarum

Berbeda penyakit berbeda pula cara mengatasi hama penyakit pada Ikan Koi. Hama penyakit yang disebabkan oleh lingkungan dapat diatasi dengan membersihkan lingkungan sekitar kolam, melakukan perbaikan kualitas air dan sebagainya.

baca juga: Cara Merawat dan Memelihara Ikan Koi Yang Baik

Cara Mengatasi Penyakit Ikan Koi Oleh Virus

Penyakit disebabkan oleh virus juga banyak ragamnya. Apa saja penyakit Ikan Koi disebabkan oleh virus seperti berikut: Koi Herpes Virus (KHV), kutu ikan disebabkan oleh parasit Argulus sp, Lernea (cacing jangkar), ada juga berupa ulcer (borok), kerusakan insang dan organ lain, serta pembengkakan pada perut dan lain-lain.

Penyakit Ikan Koi disebabkan oleh KHV sampai saat ini belum ditemukan obatnya. Oleh karena itu, cara penanggulangan ikan yang terkena KHV adalah dengan memisahkan ikan yang terserang KHV dari kolam pemeliharaan agar tidak menular pada Ikan Koi lain.

Cara mengatasi hama penyakit Ikan Koi disebabkan oleh hama lain seperti serangan hama kutu ikan dapat ditangani dengan merendam dalam larutan abate dengan dosis 3-5gr dalam 10L air (0,3-0,5 ppt) selama 24 jam atau dengan Diphterex berdosis 0,5-1,0 ppm selama 24
jam. Pengobatan bisa dengan garam dapur sebanyak 2-3% selama 10-15 menit

Pencegahan
Kolam pemeliharaan Induk Koi dapat juga diberikan desinfeksi dengan cara mengeringkan kolam, kemudian dilakukan penebaran FASTAC dengan dosis 0,01 ppt sebanyak 10 l untuk luas kolam 100 m².

Fastac

Demikian sedikit info cara mengatasi hama penyakit Ikan Koi Blitar. Semoga dapat membantu bisa menanggulangi permasalahan ternak Ikan Koi pada masing-masing tempat usaha budidaya.
sumber: Rahmat Firdaus, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kalautan, IPB.

Tinggalkan Balasan

Close Menu