Mengetahui cara menanam tomat agar berbuah banyak merupakan keinginan setiap petani. Menanam tomat bisa dilakukan di kebun atau pada lahan sawah, lahan pekarangan rumah, dalam polybag / tabolabot dan hidroponik. Cara menanam dan perawatan tomat hampir sama yang membedakan hanya lahan dan media tanam.

Tomat merupakan sayuran berupa buah banyak dikonsumsi oleh orang sebagai sayuran atau dibuat minuman jus. Tomat juga dipakai untuk bahan dasar membuat saus. Karena banyak kebutuhan tomat, permintaan selalu meningkat. Oleh karena itu tomat merupakan salah satu peluang usaha mempunyai prospek baik.

Siapapun yang menanam tomat baik itu skala budidaya besar maupun hanya untuk di konsumsi pribadi, semua-nya ingin tanaman berhasil berbuah banyak. Untuk bisa menghasilkan tomat lebat tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Ini ada beberapa tips dari kami dibawah.

Cara Menanam Tomat Agar Berbuah Banyak

1. Benih Kualitas Bagus

Syarat pertama agar tomat berbuah banyak adalah pilih benih berkualitas bagus. Benih bisa didapat dari Balai Pertanian atau di toko benih. Benih tomat berkualitas bisa juga didapat dari online shop. Maraknya penggunaan Hp pintar saat ini memudahkan membeli benih tomat secara online.

Benih tomat berkualitas bagus bisa juga dibuat sendiri yaitu dari buat tomat yang sudah matang sempurna. Biasanya petani tomat berkelanjutan membuat benih tomat sendiri. Caranya pilih pohon tomat yang tumbuh subur dan berbuah banyak.

Biji tomat dikeluarkan dan dibersihkan dan jemur sampai kering kira-kira tinggal 6% kadar air.

2. Pilih Jenis Tomat Dataran Rendah atau Dataran Tinggi

Syarat tomat berbuah banyak berikut adalah sesuaikan jenis tomat dengan area tanam setempat. Jika daerah dataran tinggi pilih jenis tomat dataran tinggi atau jika area tanam dataran rendah pilih jenis tomat dataran rendah. Jangan sampai terbalik.

Berikut contoh tomat cocok untuk dataran rendah varietes ratna, mutiara, zamrud, opal dan seterusnya.
Berikut contoh tomat cocok untuk dataran tinggi varietes berlian, mutiara, f1 dan seterusnya.

Ada juga beberapa jenis tomat cocok ditanam pada dataran tinggi maupun rendah. Ada juga beberapa tomat hasil pengembangan dari produsen bibit, bisa ditanam pada dataran tinggi dan rendah salah satu dari produk Panah Merah.

3. Pemilihan Jenis Tanah Tanam

Tanaman tomat dapat tumbuh dengan baik dan berbuah banyak daerah dengan ketinggian antara 200-1.500 m dpl. Syarat tanah tanaman tomat dengan tanah gembur kaya dengan unsur hara, memiliki pH tanah antara 5-6, suhu udara antara 17-28ºC, kelembaban diatas 60ºC. Dengan kebutuhan sinar matahari antara 200-400 footcandle.

4. Fase Menanam Tomat

Agar keberhasilan menanam tomat meningkat dan berbuah banyak ketahui waktu musim tanam yang baik. Tomat sebaiknya tanam pada saat menjelang musim hujan, walaupun begitu jangan pula saat musim hujan deras sekali.

Dan ingat dimana fase pertumbuhan generatif yaitu tomat sudah siap berbunga dan berbuah kebutuhan air berkurang

Cara Menanam Tomat

Teknis Menanam Tomat

5. Cara Persemaian dan Pembibitan Tomat

Untuk menghasilkan tomat berbuah banyak jangan lupa melakukan persemaian benih dan pembibitan sebelum tanam. Jangan langsung menanam benih ke lahan tanam. Ini agar terhindar dari kegagalan dalam usaha budidaya.

Buat bedeng kecil ukuran 1 m x 2 m, gemburkan tanah menggunakan cangkul dan campur dengan 4 kg pupuk kandang. Diamkan lahan selama 1 minggu setelah itu taburkan benih dan tutup dengan tanah tipis-tipis. Siram persemaian tiap hari pagi sore dengan spayer halus.

Setelah umur 2 minggu lakukan pembibitan, pindah ke polybag ukuran kecil satu persatu. Sebelumnya siapkan media tanam dalam polybag dengan perbandingan tanah, pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Kurang lebih 25 hari bibit tomat bisa dipindah ke tahan tanam.

Agar mengetahui lebih dalam mengenai persemaian dan pembibitan tomat pada artikel lain disini

baca: Cara Persemaian dan pembibitan Tomat

6. Pengolahan Lahan dan Menanam Tomat

Setelah mengetahui syarat tumbuh tanaman tomat yang baik agar berbuah banyak dan cara pembibitan saatnya menyiapkan lahan tanam dan lanjutkan dengan menanam.

Kali ini lahan tanam yang dipilih adalah kebun atau sawah. Tahapan pengolahan lahan untuk budidaya tomat sebagai berikut:

• Gemburkan tanah menggunakan cangkul atau tractor  jika lahan luas.
• Buat bedeng dengan ukuran 1 m, tinggi 25 cm, panjang sesuaikan dengan lahan setempat. Buat parit antar bedeng 30 cm.
• Taburkan pupuk kandang di atas bedeng 100 kg untuk lahan 100 m². Jika lahan lebih luas digandakan sesuai luas. Ratakan dan aduk pupuk kandang menggunakan cangkul sampai rata. Diamkan selama 1 minggu sebelum menanam tomat.
• Pasang mulsa untuk skala budidaya yang lebih luas, jika tidak pakai mulsa juga tidak apa-apa.
• Buat lubang tanam dengan jarak 50 cm x 60 cm, kedalaman sekitar 5-7 cm. Jika menggunakan mulsa lubangi plastik dengan kaleng panas.
• Tomat siap tanam dengan cara membuka polybag media bibit, masukan bibit tomat ke lubang tanam, tutup dan ratakan lubang tanam dengan tanah.

Menanam tomat sudah selesai, lanjutkan perawatan setip hari.

7. Perawatan atau Pemeliharaan Tomat

• Lakukan penyiraman setiap hari pagi dan sore menggunakan spayer halus.
• Lakukan penyiangan tanaman mengganggu dengan cara mencabut sampai akarnya.
• Pemasangan Ajir
Lakukan pemasangan Ajir (penopang tanaman) setelah tomat berumur 15 hari. Ajir sangat dibutuhkan untuk penopang tomat agar kuat. Ajir bisa terbuat dari bambu, kayu atau plastik. Panjang Ajir kurang lebih 1 sampai 1,5 m. Setiap tanaman tomat diberi 1 Ajir. Ikat batang tomat ke Ajir dengan longgar agar tanaman leluasa bergerak.

8. Cara Memupuk Pupuk Tanaman Tomat

Pemupukan tomat agar berbuah banyak lakukan dua kali, yaitu seminggu setelah tanam dan saat tomat mulai berbunga sekitar umur 25 hari.

• Pupuk pertama bisa menggunakan Urea 1,5 kg, TSP3 kg, KCI 1,5 kg untuk tanaman tomat dengan luas 100 m².
• Pupuk kedua bisa menggunakan Urea 1 kg, KCI 1,5 kg.

Kalau dikakulasi kira-kira pemupukan pertama 22 g per tanaman dan pupuk kedua 9,3 g per tanaman.

Cara pemberian pupuk yaitu dengan membuat lubang sekeliling tanaman tomat sedalam 3 sampai 5 cm. Pupuk masukan kedalam lubang dan ditutup dengan tanah.

9. Penanggulangan Hama Penyakit Tomat

Penanggulangan hama tomat agar berbuah banyak dan usaha berhasil tergantung jenis penyakit. Hama tomat banyak sekali kadang sudah terserang mulai dari bibit maka dari itu harus lebih waspada dan berhati-hati.

Hama tomat mulai dari ulat tanah, ulat buah, hama penyerang akar, penyerang daun. Semua bisa atasi dengan penyemprotan pestisida. Dosis penyemprotan pestisida lihat disini

baca: Cara Mengatasi Hama Penyakit Tomat

10. Panen Tomat

Tomat sudah bisa dipanen pada umur 2,5 sampai 3 bulan. Ciri tomat sudah siap panen adalah, separuh buah tomat sudah mengalami perubahan warna. Perubahan warna hijau ke merah dan tandai juga tepi daun tua sudah mengering.

Demikian cara menanam tomat agar berbuah banyak di kebun atau di sawah. Cara ini bisa dipakai untuk budidaya besar untuk dijual atau untuk di konsumsi sendiri pada pekarangan rumah.

Tinggalkan Balasan

Close Menu