Cara menanam bunga melati dalam pot hampir sama dengan cara menanam melati dalam polybag. Bunga melati umumnya di budidaya pada lahan terbuka di tanah untuk usaha, yaitu dimanfaatkan bunga untuk dijual. Walau begitu bisa juga ditanam dalam pot atau menggunakan polybag.

Sudah tidak asing lagi orang memanfaatkan bunga melati sebagai wangi wangian baik itu pada upacara adat, pengharum makanan, pengharum pakaian dan pengharum ruangan. Bahkan bunga melati sudah dikenal sebagai wangian sejak zaman dahulu kala sampai sekarang ini. Pada zaman modern ini wangi bunga melati sudah dibuat dalam berbagai kemasan.

Melati Dalam Pot

Untuk mendapatkan wangian melati yang alami kita perlu memiliki pohon atau membeli di pasar. Pada pasar tradisional umumnya tersedia bunga melati yang masih segar atau kita bisa beli di pasar khusus bunga.

Tapi dari pada kita membeli bunga melati di pasar, kenapa tidak ditanam sendiri di rumah. Bunga melati juga bisa tumbuh dengan baik di pot, asal dirawat dengan baik. Dengan begitu bisa kita nikmati setiap hari sebagai hiasan rumah dan sebagai wangi-wangian.

Cara menanam bunga melati dalam pot tidak jauh berbeda dengan menanam di lahan tanam yang luas. Dari segi perawatan sama baik itu penyiraman, penanggulangan penyakit dan lain-lain. Perbedaan menanam melati dalam pot yaitu dari segi wadah dan media tanam.

baca disini: Teknik Menanam bunga Melati Budidaya Sukses

Cara Menanam Bunga Melati Dalam Pot

Media Tanam Bunga Melati

Menanam bunga melati dalam pot bisa menggunakan media tanah 1/3 bagian, pasir 1/3 bagian, 1/3 pupuk kandang. Media dibersihkan terlebih dahulu, harus bebas dari hama penyakit. Media dicampur merata sebelum dimasukkan ke dalam pot.

Sediakan juga pecahan batu merah atau pecahan genteng untuk alas pot. Bisa juga menggunakan steorofom atau sejenisnya.

Siapkan wadah pot untuk tanaman bunga melati, Ukuran sesuaikan dengan kebutuhan, semakin besar semakin baik. Bisa menggunakan ukuran 15 cm 20 cm 25 cm 50 cm. Pastikan alas pot sudah dilobang untuk sirkulasi air.

Teknis Menanam Melati Dalam Pot

1. Pertama masukan pecahan genteng atau styrofoam pada alas pot secukupnya, kira kira tinggi 3 cm.

2. Masukan media tanam yang telah dicampur 1/3 tinggi pot.

3. Masukan bibit bunga melati yang sudah disediakan. Masukan bersamaan sebagian tanah bekas bibit yang menempel di akar agar tanaman tidak stress saat berhadaptasi dengan media tanam yang baru.

Bibit bunga melati bisa dibeli di toko bunga atau dibuat sendiri. Cara membuat bibit bunga melati bisa baca disini.

baca: Cara Menyemai dan Pembibitan Bunga Melati

4. Selanjutnya masukan kembali media tanam baru yang sudah dicampur. Sambil memasukkan media padatkan sedikit dengan cara menekan dengan tangan agar tanaman kuat berdiri. Masukan media hingga 2 cm dari permukaan atas pot.

5. Selanjutnya tanaman melati langsung disiram menggunakan seprey halus. Siram juga samping pot untuk membersihkan tanah yang menempel. Lakukan penyiraman 2 kali dalam satu hari yaitu pagi dan sore.

6. Pada tahap awal tempatkan tanaman pada lokasi yang terlindung dari sinar matahari langsung. Tapi tetap terkena sinar matahari walau tidak secara penuh agar tanaman cepat tumbuh.

Pupuk Tanaman Melati

Untuk mempercepat pertumbuhan batang dan daun beri pupuk yang ringan saja, berupa bitiran kecil. Beri pupuk setiap 6 bulan atau sesuai petunjuk kemasan produk.

Pemangkasan Bunga Melati Dalam Pot

Pemangkasan bunga melati dalam pot bisa dilakukan pada pada cabang ranting yang tidak diinginkan. Untuk pemangkasan boleh memakai teknik bonsai agar melati terlihat cantik. Jika pemakasan dilakukan dengan cermat akan terbentuk cabang yang baik berupa kanopi nan rimbun. Akan sangat menarik sebagai penghias ruang.

Lakukan juga pemangkasan pucuk bunga melati setelah panen bunga. Tujuannya untuk merangsang pertumbuhan tunas baru dan bunga lebih cepat.

Pengendalian Hama dan Penyakit Bunga Melati

Menanam bunga melati dalam pot tidak terlepas dari hama dan penyakit walau tidak begitu banyak. Pengendalian hama penyakit yang paling utama adalah menjaga tanaman tetap bersih, membuang gulma yang tumbuh. Jika kebersihan terjaga dan perawatan melati secara teratur hama penyakit tidak akan ada.

Jika ada hama penyakit melati dalam pot untuk pengendaliannya tidak jauh beda dengan melati yang ditanam di sawah. Agar lebih jelas bagaimana mengatasi hama penyakit melati disini.

baca: Cara Mengatasi Hama penyakit Bunga Melati

Demikian cara menanam bunga melati dalam pot atau dalam polybag. Menanam bunga melati dalam polybag tidak disarankan lebih baik tanam dalam pot saja. Jika tetap ingin menanam dalam poybag cara sama saja.

Tinggalkan Balasan

Close Menu