Cara memupuk bawang daun info kami kali ini. Dilengkapi juga cara mengatasi hama penyakit yang sering menyerang bawang daun. Pemupukan dan penanganan hama penyakit ini bisa dipakai untuk bercocok tanam bawang daun skala budidaya besar atau skala kecil di sekitar rumah.

Pemupukan

Pemupukan tanaman bawang daun dilakukan tiga minggu setelah tanam. Dengan memberi pupuk urea sebanyak 2 kg untuk luas tanam 100 m², untuk luas berbeda sesuaikan saja.

Pemupukan kedua bawang daun daun dilakukan setelah tanaman berumur 1,5 bulan dengan dosis pupuk urea 1 kg. Pemupukan dilakukan didalam larikan dengan jarak 5 cm dari kanan dan kiri tanaman.

baca juga: Cara menanam dan perawatan harian bawang daun.

Selanjutnya yang perlu diketahui dalam budidaya bawang daun adalah hama penyakit simak berikut ini.

Cara mengatasi hama penyakit bawang daun

Hama Penyakit Bawang Daun

Hama penyakit yang sering menyerang tanaman bawang daun adalah:
1. Ulat tanah
Ulat tanah sering menyerang bagian pangkal batang bawang daun. Akibat dari serangan hama ini menyebabkan bawang roboh bisa juga sampai putus atau terpotong.
2. Ulat penggerek daun
Ulat penggerek daun menyerang bagian bawah dan pinggir daun.
3. Penyakit busuk batang lunak
Penyakit batang lunak menyerang bagian batang tanaman sehingga batang menjadi busuk dan basah mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Cara mengatasi hama tanaman bawang daun yaitu dengan menyemprotkan insektida. Dosis penyemprotan insektisida untuk luas lahan 100 m² 20 ml, atau 2 ml per liter air untuk 160 tanaman. Sesuaikan juga petunjuk dosis setiap kemasan insektisida yang ada di pasaran.

Penyemprotan bawang daun dilakukan setelah tanaman berumur 15 hari, disemprotkan menggunakan hand sprayer. Jika ada tanaman lain disekitar lokasi lakukan juga pengiliran penyemprotan agar bisa memutus siklus hidup hama penyakit.

baca juga: Cara pembibitan dan persiapan benih bawang daun.

Demikian cara memupuk dan cara mengatasi hama penyakit bawang daun, semoga dapat membantu.

Tinggalkan Balasan

Close Menu