Mengetahui cara memilih Merpati Tinggian yang bagus tentu sudah suatu keharusan. Merpati Tinggian bagus yaitu berasal dari induk berprestasi, kalau bisa induk sudah juara. Bakalan Merpati seperti itu tentu saja harga tinggi di pasaran burung. Apa lagi berasal dari Induk sudah sering juara di berbagai arena lomba.

Kalau yang banyak uang tidak masalah, bagaimana dengan penggemar modal kecil, akan sulit mendapat Merpati Tinggian berkualitas baik. Inilah tips memilih Merpati Tinggian yang mau kita bagikan.

Tips ini diambil dari berbagai nara sumber para penggemar burung. Kami juga lebih titik beratkan pada bentuk body Merpati itu sendiri.

Dari bentuk body tersebut diketahui sifat dan karakter burung itu sendiri. Kalau berhasil menemukan body Merpati sama dengan yang di sebutkan dibawah, kemungkinan besar Merpati tersebut bagus.

Kalau sudah dapat bakalan merpati bagus tinggal dirawat saja dengan baik, mudah-mudahan jadi juara suatu saat. Cara merawat Merpati disini kalau belum tahu

baca: Cara Merawat Merpati Tinggian Juara

memilih merpati tinggian

Memilih Merpati Tinggian Bagian Kepala

Memilih Bentuk Kepala Merpati Tinggian

Cara memilih Merpati tinggian bagian kepala yang pertama kepala besar dengan batok kepala depan lebih tinggi dari kepala belakang. Para penggemar burung beranggapan Merpati berkepala besar lebih pintar dari Merpati berkepala kecil. Dengan anggapan otak lebih besar lebih baik dan lebih pintar dari otak kecil.

Masih berhubungan dengan kepala, pilih juga kemiringan pangkal hidung dengan atas batok kepala besar sudut 45derajat sampai 60 derajat. Merpati bentuk kepala seperti ini cerdas dan bagus pada saat naik dan bagus juga pada saat turun.

Berbeda dengan kemiringan merpati bentuk kepala 90 derajat, biasanya hanya bagus turun saja.

Memilih Bentuk Mata Merpati Tinggian

Pilih biji mata merpati warna hitam pekat dan perhatikan juga cepat beraksi terhadap cahaya. Contoh cepat mengecil atau membesar pada saat dapat rangsangan cahaya.

Cari juga mempunyai cincin lingkar menempel pada biji mata bisa warna hijau atau lainnya. Cari yang memiliki 2 warna mata, warnanya bisa kuning tua dengan kuning muda, merah muda dengan putih atau merah tua dengan hijau tua.

Satu lagi cara memilih mata Merpati tinggian, warna tengah lebih tenggelam dari warna luar untuk melihatnya tempatkan Merpati pada area teduh tidak kena sinar langsung. Kalau dilihat pada lokasi terang kena sinar matahari langsung maka kedua warna mata akan tergabung, terlihat seperti titik-titik warna menyatu.

Teliti melihat mata merpati tinggian sebelum membeli karena mata burung sangat menentukan pada saat terbang tinggi.

Memilih Bentuk Paruh Merpati Tinggian

Pilih Merpati Tinggian mempunyai panjang dari ujung hidung sampai ujung paruh sedikit lebih pendek dari jarak pangkal hidung ke batok kepala depan paling atas. Cari paruh berbentuk runcing pada ujung, tidak terlalu besar dan tidak terlalu panjang.

Memilih Bentuk Hidung Merpati Tinggian

Ada beberapa bentuk hidung menjadi pilihan seperti dibawah ini

1. Hidung yang sering dipilih oleh penggemar Merpati Tinggian adalah besar, panjang, menggembung tapi bukan turunan prambon Merpati Pos.  Hidung merpati bentuk seperti tersebut jika warna kapur pekat, pangkal hidung bagian bawah menjorok kebelakang ini salah satu merpati unggul, meskipun masih ada ciri lain dari ini.

2. Bentuk hidung yang bagus juga, besar, panjang, melekat ke paruh kalau Merpati Prambon. Hidung seperti ini kalau warna kapur pekat akan terlihat garis-garis samar sejajar warna merah pada seluruh hidung dan pangkal hidung bawah menjorok kebelakang.

3. Bentuk hidung kecil, menggembung strain jawa, jawa sungut atau jawa deles. Hidung begini warna kapur pekat, pangkal hidung bawah menjorok kebelakang. Ini salah satu ciri merpati unggul.

Memilih Bentuk Leher Merpati Tinggian

Pilih leher merpati kuat dan jangan terlalu panjang, pilih panjang leher sedikit lebih pendek dari tulang dada. Bisa juga pilih leher kuat, tegak, kencang dan mendongak ke atas saat merpati memperhatikan sesuatu.

Coba lihat kepala Merpati termahal di dunia dibawah ini:

baca: Inilah Merpati Termahal di Dunia Terjual Rp20 Miliar

Memilih Merpati Tinggian Bagian Body

Memilih Bentuk Sayap Merpati Tinggian

Ini body Merpati yang sangat penting yaitu sayap. Sayap kuat sangat diperlukan dan kelenturan yang sempurna.

1. Pilihlah sayap Merpati kuat dan lentur tidak kaku, kalau bentuk boleh bervariasi, tebal bulat, pendek berotot atau pipih lebar berotot.

2. Pilih bulu sayap tebal, kencang, tidak bergelombang, lebar,  rapat jarak satu dengan yang lain dan ujung bulu runcing.

3. Tulang bulu sayap harus besar, kuat dan lentur pada ujung bulu. Tambahan pilih sayap mengkongkong saat dipegang. Jangan pilih sayap rapat ke badan.

Memilih Bentuk Dada Merpati Tinggian

Cari bentuk dada seperti huruf V dilihat dari depan. Kalau bentuk dada seperti V biasanya merpati cepat turun dari arah mana saja, Tapi jangan pilih dada Merpati Tinggian berbentuk huruf O atau datar.

Cari tulang dada Merpati Tinggian sedikit lebih panjang dari telunjuk orang dewasa atau sama.

Memilih Bentuk Capit Udang Merpati Tinggian

Para penggemar merpati berpendapat, Capit udang berpengaruh pada kecepatan turun Merpati Tinggian.

Pilih bakalan Merpati Tingggian dengan jarak capit udang 1 cm sampai 2 cm. Merpati yang punyai jarak capit udang demikian kecepatan turun dan stabil. Jangan pilih capit udang terlalu sempit atau malah rapat sekali. Jangan juga pilih capit udang yang bengkok.

Memilih Bentuk Pinggang / Brutu Merpati Tinggian

Besar kecil dan jarak pinggang Merpati juga berpengaruh pada kestabilan terbang. Pinggang jarak renggang dari badan akan membuat burung tidak memiliki keseimbangan yang bagus. Pada saat turun lambat atau turun berbelok separuh jalan atau tidak ada rem.

Untuk itu pilih jarak pinggang dengan badan rapat, baik pinggang besar atau kecil. Burung Merpati seperti ini biasanya turun cepat.

Memilih Bentuk Ekor Merpati Tinggian

Cari Merpati mempunyai bulu ekor rapat tebal dan panjang sesuaikan dengan pegangan dan kelenturan. Saat di pegang bulu ekor akan tampak menyatu, itu ciri dari pinggang merpati kecil, artinya Merpati seperti ini mempunyai kecepatan turun dengan cepat.

Tapi kalau dipegang bulu ekor melebar pada ujung tidak mengumpul jadi satu, ini tanda Merpati pinggang besar dan burung seperti ini turun dengan genjotan.

Memilih Bentuk Kaki Merpati Tinggian

Dikalangan penggemar Merpati lebih senang memilih kaki Merpati Tinggian mempunyai ciri sebagai berikut; Kaki terlihat kering mbesik dan panjang. Ada yang bilang juga, tanda kaki yang bagus kalau lagi dipegang kakinya akan mendorong ke belakang sejajar dengan ekor.

baca juga: Jenis Merpati Bagus Lagi Hits

Mudah mudahan dapat membantu Andari memilih Merpati tinggian bagus.

Tinggalkan Balasan

Close Menu