Bagaimana cara memilih ikan koi berkualitas bagus, apa saja yang perlu diperhatikan terutama untuk bakalan koi. Pertama ketahui dulu keunggulan ikan koi itu sendiri, setelah itu baru memilih atau menyortir anakan yang bagus.

Setelah dapat anakan yang bagus lanjutkan dengan memelihara ikan koi. Jika sudah demikian tidak menutup kemungkinan ikan koi juara dalam kontes kemudian hari.

baca juga: Cara memelihara ikan koi yang baik

Memilih Ikan Koi

Kriteria memilih / menyortir ikan koi yang bagus

Pertumbuhan cepat atau bonsor
Perhatikan pertumbuhan ikan yang cepat atau bonsor, hal ini sangat penting, seperti sumo lebih besar badannya lebih baik. Untuk melihat pertumbuhan koi cepat adalah dengan membandingkan dengan umur atau satu kolam pijahan.

Ukuran badan ideal.
Body shape simetris atau presisi, seperti pada kepala, mulut,  mata, sirip harus seimbang. Ini suatu tanda ikan mempunyai perkembangan kualitas baik.

Pola warna koi
Pola warna unik lebih baik dari warna umum, warna yang cerah akan lebih baik dari yang kusam. Garis tepi tegas pada pola warna lebih bagus dari pada yang samar. Tidak ada warna kotor atau pudar pada wajah, hidung, kepala atau dibagian tubuh lain.

Warna koi
Warna tua dan murni jernih akan lebih baik dari yang kusam. Kalau untuk warna putih, pilih yang bersih dan tegas. Jika warna hitam, pilih warna tampak tua, tegas dan dalam. Jika warna cemerlang akan lebih baik terutama warna metalik

Tidak ada cacat fisik
Fisik harus lengkap tidak boleh ada yang kurang atau cacat, seperti sirip lengkap, mata normal. Mulut tidak gompal.

Demikianlah kira-kira cara memilih atau menyortir ikan koi yang baik. Agar lebih mudah mendapatkan atau memilih koi berkualitas bagus bisa dari hasil budidaya pemijahan sendiri atau membeli dari pedagang ikan koi langsung.

baca juga: Cara budidaya ikan koi

Tinggalkan Balasan

Close Menu