Cara memilih dan merawat burung kacer harus dilakukan dengan baik dan teliti agar kita mendapatkan burung berkualitas. Berikut beberapa informasi mengenai burung kacer bagi Andari penggemar burung kicau.

Jenis Burung Kacer

Burung kacer banyak beredar di pasaran kebanyakan terdiri dari 3 jenis. Tiga jenis tersebut adalah Kacer Poci Atau Kacer Sumatra, Kacer Lokal Atau Kacer Jawa dan Kacer Madagaskar. Perbedaan ketiga burung ini adalah terletak pada warna dominan bulu masing masing burung tersebut.

Kacer Jawa1. Kacer Lokal atau Kacer Jawa mempunyai warna dominan hitam pada bulu. Hampir celuruh tubuh berwarna hitam, kecuali pada sayap terdapat warna putih. Penyebaran burung ini mulai dari Seychelles (Afrika), Jawa dan Kalimantan (Indonesia). Kemampuan kicau burung tersebut sangat baik juga pintar  meniru suara di sekeliling. Penampilan sangat atraktif sambil memainkan ekor. Volume suara sedang. Jenis ini juga sangat suka dengan udara panas.

Burung Kacer Madagaskar

2. Kacer Madagaskar (Copsychus albospecularis) terdiri dari dari 3 subspecies, yaitu pica, albospecularis dan inexpectatus. Seluruh Kacer Madagaskar di wilayah Madagascar Afrika. Warna burung kacer madagaskar adalah hampir sama dengan kacer sumatra namun bagian leher sebelah atas, punggung dan ekor berwarna hitam kebiru-biruan. Kemampuan berkicau tidak kalah dari jenis kacer lain.

Burung Kacer Sumatera3. Kacer Sumatera atau Kacer Poci mempunyai warna hitam pada kepala, leher sebatas dada, punggung dan bagian luar ekor. Sedangkan warna putih ada pada dada, perut dan ekor bagian dalam. Penyebaran jenis ini mulai China, India, Nepal, Thailand, Indochina, Filipina, Malaysia dan Indonesia. Jenis ini memiliki suara keras, nyaring dan pintar meniru suara-suara di sekeliling. Penampilan sangat atraktif sambil membuka ekor serta mengeluarkan suara kicau merdu. Burung ini sangat menyukai udara panas.

Cara Memilih Burung Kacer

Cara memilih bakalan burung kacer yang baik adalah burung dengan jenis kelamin jantan. Yaitu dengan ciri memiliki warna hitam kuat mengkilap. Sedangkan untuk jenis betina warna hitam sedikit abu-abu. Pilih bentuk paruh berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah harus lurus. Jangan pilih burung mempunyai paruh bengkok. Pilih posisi lubang hidung sedekat mungkin dengan posisi mata. Bentuk kepala yang baik adalah berbentuk kotak, mata bulat besar melotot. Postur badan, pilih bakalan burung kacer berpostur sedang dengan leher panjang. Badan, ekor, kaki  serasi. Sayap mengepit rapat, kaki mencengkram kuat. Ini menandakan bakalan tersebut sehat. Pilihlah kaki besar dan terlihat kering. Warna kaki tidak pengaruh terhadap mental burung kacer.

Selanjutnya menentukan akan menjadi kacer bagus adalah perawatan sehari hari. Perawatan tergantung masing masing pemilik burung. Coba intip perawatan yang ini perawatan burung kacer juara.

Demikian hobiis semoga membantu cara memilih burung kacer yang baik.

This Post Has 4 Comments

  1. maksih mas infonya, jadi tau nih jenis burung kacer ane 🙂

  2. kacer jawa kan kacer yang hitam asemua mas ?

    makasih infonya 🙂
    mampir mas 🙂

  3. Salah gambar ya mas, makasih sudah ingatin. Tapi sekarang sudah diganti ya gambarnya

  4. Sip
    mantab
    sedap

Tinggalkan Balasan

Close Menu